Hewan yang Masuk Surga
Hewan yang Masuk Surga

Ketahui 7 Hewan yang Masuk Surga dan Sudah Dijamin Allah SWT

195 View

7 Hewan yang Masuk Surga dan Sudah Dijamin Allah SWT

Surga serta neraka akan menjadi tempat akhir bagi semua makhluk Allah SWT. Bukan hanya untuk manusia saja namun juga makhluk Allah yang lain salah satunya adalah hewan. Lalu apa saja hewan yang masuk surga? Berikut adalah hewan yang sudah dijamin Allah akan menjadi penghuni di surga:

1. Unta Betina sebagai Mukjizat Nabi Shaleh

Unta betina adalah mukjizat  Allah SWT kepada Nabi Shaleh ini tengah hamil 10 bulan. Maksud didatangkannya unta ini adalah supaya kaum Tsamud berhenti menyembah berhala dan percaya akan keberadaan Allah SWT.

Hal ini akhirnya menyebabkan kaum Tsamut terbagi menjadi dua. Ada kaum Tsamud yang bertaubad dan berhenti menyembah pada berhala. Di sisi lain, ternyata golongan Tsamud yang lain malah menentang dan berencana melenyapkan unta betina ini. Hingga pada suatu malam laki-laki yang berjumlah sembilan orang memanah unta betina ini beserta anaknya.

Akibat dari pembangkangan kaum Tsamud inilah terjadi gempa serta sambaran petir sebagai tanda kebesaran Allah SWT. Pada akhirnya hal ini menyebabkan kaum Tsamud binasa.

2. Kambing Milik Nabi Ismail

Ibadah Qurban yang dilakukan setiap tahun merupakan bentuk peringatan kisah dramatis terhadap pada Nabi Ismail. Dimana zaman itu Nabi Ismail hampir saja terpenggal oleh ayahnya sendiri yaitu Nabi Ibrahim.

Penyembelihan terjadi untuk menguji kesabaran juga ketaatan Nabi Ibrahim dalam mengorbankan putranya. Namun dengan keikhlasan dan juga ketaatan Nabi Ismail dan juga Nabi Ibrahim, pada akhirnya Allah menurunkan mukjizat kambing yang sangat sehat untuk menggantikan posisi Nabi Ismail sebagai Qurban.

3. Paus yang Telah Menelan Nabi Yunus

Salah satu hewan yang masuk surga selanjutnya ialah paus yang telah menelan Nabi Yunus. Paus ini diperintahkan oleh Allah untuk menyelamatkan Nabi Yunus supaya tidak tenggelam bersama kapal yang ternyata kelebihan muatan.

Allah SWT juga memerintahkan supaya paus tersebut untuk membawa Nabi Yunus dan mengeluarkan Nabi Yunus dari mulutnya di tempat tandus. Ketaatan kepada Allah dan pertolongan yang diberikan paus ini kepada Nabi Yunuslah yang akhirnya membuat paus ini dijaminkan surga.

4. Anjing Kepunyaan Ashabul Kahfi

Anjing yang dijaminkan surga Allah adalah anjing para kaum Ashabul Kahfi  bernama Qithmir. Qithmir bertugas menjadi penjaga tujuh pemuda saat sembunyi dalam gua. Persembunyian ini dilakukan untuk menghindari seorang raja yang begitu zalim.

Diriwayatkan bahwa anjing bernama Qithmir ini telah menjaga ketujuh pemuda ini di dalam gua selama bertahun-tahun.  Selain itu Qithmir diceritakan bahwa berniat menjaga ketujuh pemuda itu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bahkan dalam riwayatnya juga menyebutkan bahwa Qithmir akan dijaminkan surga oleh Allah SWT.

5. Semut yang Bertemu Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman merupakan Nabi yang diriwayatkan dapat berbicara kepada hewan, semut adalah salah satunya. Dikisahkan bahwa semut yang bertemu dengan Nabi Sulaiman ini diberikan beberapa pertanyaan oleh Nabi Sulaiman. Semut tersebut memberikan jawaban atas nama Allah kepada Nabi Sulaiman.

6. Unta Milik Nabi Muhammad SAW.

Hewan keenam  masuk surga selanjutnya adalah unta milik Nabi Muhammad SAW. Unta milik Nabi Muhammad ini diriwayatkan masuk surga karena telah membantu Nabi Muhammad dalam melakukan perjanan beliau hijrah ke Madinah. Selain itu, unta ini juga dijadikan petunjuk oleh Nabi Muhammad SAW mendapatkan tempat tinggal di rumah Abu Ayub Al Anshari selama di Madinah.

Itulah tadi 6 hewan yang masuk surga. Dengan segala ketaatan dan keimanan keenam hewan ini. Keenam hewan ini memiliki peran mulia dalam membantu Rasul serta Nabi dalam menjalankan perintah Allah SWT.

 

Baca Juga: 7 Cara agar Doa Dikabulkan dalam Islam