kisah islami penuh hikmah
kisah islami penuh hikmah

Kisah Islami Penuh Hikmah dari Riwayat Singkat Ashabul Kahfi

416 View

Dalam Al Quran ada banyak kisah islami penuh hikmah yang bisa dijadikan umat muslim sebagai pelajaran hidup yang berguna. Salah satu dari kisah tersebut adalah kisah ashabul kahfi, cerita ini terdapat pada surat Al Kahfi dalam Al Quran. Tentu saja, cerita mengenai Ashabul Kahfi ini sudah sangat terkenal dan banyak orang mengetahuinya. Berikut ini adalah sekilas mengenai kisah Ashabul Kahfi.

Kisah Islami Penuh Hikmah Ashabul Kahfi Secara Singkat

Ashabul Kahfi bercerita mengenai 7 orang pemuda yang menyembah Allah SWT dan taat kepadaNya. Sayangnya, 7 pemuda itu tinggal di negara dengan raja yang kejam dan menuntut mereka untuk menyembah berhala. Tidak ingin menyembah selain Allah SWT, ketujuh pemuda tersebut bersama seekor anjing pergi mengasingkan diri. 7 pemuda itu pergi menjauh dari negara mereka sampai akhirnya mereka sampai ke sebuah gua.

Sejenak, para pemuda itu memutuskan untuk beristirahat di dalam gua tersebut sampai akhirnya mereka tertidur. Atas kuasa Allah SWT, ketujuh pemuda dan sang anjing tertidur selama 309 tahun. Ketika mereka terbangun kembali keadaan negara mereka telah berubah. Alih-alih dipimpin oleh raja yang menyembah berhala, pemerintahan telah berganti dengan raja yang alim dan menyembah Allah SWT. Ketujuh pemuda ini pun dapat kembali melanjutkan hidup dan menjalankan ibadah kepada Allah SWT dengan bebas. Kisah islami penuh hikmah ini patut dijadikan pembelajaran oleh anak-anak.

Hikmah dari Kisah Ashabul Kahfi

Seperti pada banyak kisah islami penuh hikmah lainnya, dalam kisah Ashabul Kahfi pun terdapat banyak pelajaran yang dapat dipetik. Terutama pelajaran mengenai keyakinan dan ketaatan kepada Allah SWT. Berikut ini adalah 5 hikmah yang bisa dipetik dari kisah Ashabul Kahfi:

1. Sikap yang Tawakal

Berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT dalam menunggu hasil akhir dalam usaha disebut dengan tawakal. Dalam kisah Ashabul Kahfi, bisa dilihat sikap tawakal yang tinggi dari ketujuh pemuda tersebut. Para pemuda itu telah melakukan usaha yang berarti yaitu melarikan diri dari negara agar tidak dipaksa menyembah berhala. Kemudian Allah SWT memberikan hasil yang baik dari usaha mereka tersebut.

2. Meyakini Pertolongan Allah

Kabur dan mengasingkan diri dari negara di mana tempat kehidupannya, lalu berjalan pasti tidak mudah pagi ketujuh pemuda tersebut. Namun pemuda-pemuda itu tetap melakukannya, semata-mata karena ingin mempertahankan keimanannya kepada Allah SWT. Saat pergi meninggalkan negara mereka, ketujuh pemuda tersebut meyakini bahwa pertolongan Allah SWT akan bersama mereka sepanjang perjalanan.

3. Keyakinan yang Teguh

Hikmah selanjutnya yang bisa kita ambil dari kisah Ashabul Kahfi adalah keteguhan dari pendirian dan keyakinan yang dimiliki oleh ketujuh pemuda tersebut. Mempertahankan keyakinan yang dimiliki untuk tetap menyembah kepada Allah SWT. Walaupun yang melarang adalah pemimpin negaranya sendiri. Keyakinan yang teguh seperti inilah yang sekarang jarang dimiliki orang-orang modern, sehingga sangat mudah terpengaruh oleh kondisi dan ucapan orang sekitar.

4. Ketaatan yang Dalam

Tujuan ketujuh pemuda tersebut meninggalkan negaranya tidak lain adalah agar bisa taat kepada perintah Allah SWT. Perintah tersebut adalah menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Termasuk larangan untuk menyembah selain Allah SWT, perjalanan dalam mengasingkan diri menunjukan ketaatan ketujuh pemuda yang sangat dalam kepada Allah SWT.

 5. Pertolongan Allah SWT kepada yang Membutuhkan

Sebagai muslim, seharusnya meyakini bahwa Allah SWT tidak pernah memalingkan diriNya dari umatnya yang benar-benar membutuhkan. Umat muslim haruslah percaya bahwa pertolongan Allah SWT akan datang kepada yang benar-benar membutuhkan. Jika saja pertolongan tersebut belum datang. Mungkin artinya umat muslim disuruh untuk lebih berusaha lagi dan lebih tawakal kepada Allah SWT.

Itulah kisah islami penuh hikmah dari riwayat Ashabul Kahfi, kisah islami yang penuh hikmah dan begitu menginspirasi. Melalui kisah ini banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran hidup. Jadi, para muslim bisa menjadi salah satu golongan orang-orang seperti Ashabul Kahfi.

BACA JUGA: Ilmu Rogo Sukmo Menurut Islam dan 5 Faktanya Secara Sains