Golongan yang Kekal di Dalam Neraka
Golongan yang Kekal di Dalam Neraka,

5 Golongan yang Kekal di Dalam Neraka, Pengambil Riba Salah Satunya

61 View

5 Golongan yang Kekal di Dalam Neraka, Pengambil Riba Salah Satunya

Neraka merupakan seburuk-buruk tempat yang Allah SWT ciptakan untuk semua makhluknya yang berbuat buruk semasa hidupnya di dunia.
Pasalnya, tempat ini merupakan tempat yang di dalamnya penuh dengan siksaan yang sangat mengerikan dan menakutkan.
Dijelaskan dalam salah satu riwayat hadits baginda Rasulullah SAW, yang artinya:
“Siksaan di dalam neraka yang paling ringan adalah ketika seseorang ditaruhkan sepatu pada kakinya yang terbuat dari api neraka sehingga kepalanya meleleh karna panasnya api neraka tersebut.”
Diriwayatkan bahwa orang yang masuk di dalam neraka ternyata ada yang sifatnya sementara dan ada juga yang kekal di dalamnya.
Adapun lima golongan yang kekal di dalam neraka berdasarkan keterangan dari Al Quran dan hadits di antaranya:

1. Orang kafir

Sudah jelas bagi orang kafir akan masuk neraka, sebabnya ia benar-benar terang-terangan menentang ajaran Allah SWT.
Bahkan Allah SWT telah banyak menjelaskan di dalam Al Quran kedudukannya nanti ketika ia telah mati yaitu tak lain adalah neraka, dan yang paling mengerikan adalah ia akan kekal di dalamnya selamanya.

2. Orang yang menyesatkan manusia dari agama Allah SWT

Orang dengan katagori ini juga termasuk di antara penghuni neraka yang abadi, sebab siapa saja yang berusaha untuk menyesatkan manusia ke jalan keburukan maka ia sebenarnya tak ubahnya seperti Iblis. Maka pastilah ia akan kekal di dalam neraka selamanya.

3. Orang–orang munafik

Manusia yang paling bahaya di muka bumi ini adalah mereka yang mempunyai sifat munafik di dalam hatinya, mereka terlihat benar padahal salah, mereka terlihat baik padahal jahat, mereka terlihat jujur padahal mereka berbohong.
Sehingga Allah SWT telah mengancamnya dengan api neraka dan merekalah yang akan menjadi penghuni neraka yang kekal abadi selamanya.

4. Para pembunuh

Pembunuhan secara sengaja merupakan dosa yang paling besar dilakukan oleh manusia, pasalnya ia akan membuat para kedua belah pihak akan saling membenci satu sama lain, pantas Allah SWT memberikan ganjaran bagi meraka yaitu neraka.
“Barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya adalah neraka jahanam dan ia akan kekal di dalamnya.” (QS. An-Nisa : 93).

5. Para pengambil riba

Banyak sekali seseorang yang telah menyepelekan riba, bahkan dianggap sebagai dosa yang enteng bagi semua manusia.
Tanpa mereka sadari Allah SWT telah berfirman:
“Orang-orang mengulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya,” (QS. Al-Baqarah : 275).
Itulah golongan yang kekal di dalam neraka sebagaimana telah disebutkan dalam Al Quran dan hadits. Semoga kita tidak termasuk ke dalam semua golongan di atas, naudzubillah.

Baca Juga: Fakta Malaikat Pencabut Nyawa