Dosa yang Membuat Rezeki Seret dan Harus Dihindari
Dosa yang Membuat Rezeki Seret dan Harus Dihindari

5 Dosa yang Membuat Rezeki Seret dan Harus Dihindari

137 View

5 Dosa yang Membuat Rezeki Seret dan Harus Dihindari

Manusia memang makhluk yang diberi nafsu, akal dan hati hingga dapat menentukan pilihannya sendiri. Namun, terkadang potensi itu justru menjadikan manusia sebagai makhluk yang tak luput dari dosa dan lupa. Meski demikian, sebagai hamba yang beriman, sebaiknya berusaha menghindari dosa, terutama dosa yang membuat rezeki seret berikut ini:

1. Syirik Kepada Allah

Allah merupakan Tuhan semesta alam Yang Maha Pengasih dan Maha Pemberi Rizki bagi seluruh makhluknya. Ampunan Allah begitu luas untuk setiap orang yang berbuat dosa, kecuali pada satu dosa, yaitu syirik atau menyekutukan Allah. Bentuk menyekutukan Allah juga luas, tak hanya bertuhan selain pada-Nya, tetapi juga percaya ramalan atau hal sejenisnya.

Hal ini termasuk dosa besar yang bahkan tidak akan mendapatkan jatah ampunan dari Allah, maka dosa ini dapat menutup pintu rezeki. Hal ini merupakan salah satu bentuk hukuman di dunia bagi orang yang syirik. Adapun di akhirat kelak, maka orang yang berbuat syirik akan kekal di dalam neraka.

2. Melalaikan atau Meninggalkan Sholat

Di dalam ajaran islam, sholat merupakan ibadah utama yang wajib dikerjakan bagi seluruh umat islam. Bahkan, sholat tetap diwajibkan dalam segala kondisi hingga tetap harus mengerjakannya sekalipun sakit, dalam perjalanan atau bahkan saat perang. Berbeda dengan beberapa ibadah lainnya yang masih memberi toleransi untuk kondisi darurat.

Oleh sebab itu, ketika seseorang meninggalkan sholat, maka saat itu Allah menutup pintu Rezeki baginya. Bahkan, seseorang yang melalaikan sholat juga dapat merasakan efek yang sama. Kehidupan akan terasa lebih berat saat sholat mulai ditinggalkan atau dilalaikan karena sejatinya sholat mendatangkan ketentraman hati.

3. Memutuskan Silaturahmi

Salah satu amalan yang dapat dilakukan untuk membuka pintu rezeki adalah dengan menjaga silaturahmi dengan sesama. Dengan tetap menjaga silaturahmi dan berbuat baik kepada sesama, maka pintu rezeki dapat terbuka dari banyak jalan. Hal ini sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rosulullah kepada umatnya semasa beliau masih hidup.

Maka dosa yang membuat rezeki seret salah satunya adalah perbuatan sebaliknya, yaitu memutuskan tali silaturahmi. Hal ini bisa dipikirkan juga secara logika bahwa ketika seseorang memutuskan silaturahmi hidupnya menjadi tidak tenang. Selain itu, dia akan menghindari bertemu dengan orang orang tertentu yang sebenarnya bisa jadi membawa rezeki.

4. Durhaka Kepada Orang Tua

Orang tua dalam islam menempati salah satu posisi mulia yang harus dihormati oleh setiap anak-anaknya. Bahkan, restu orang tua juga merupakan restu Allah dan murka orang tua juga merupakan murka dari Allah. Oleh sebab itu, durhaka kepada kedua orang tua merupakan dosa besar yang juga dapat menyebabkan rezeki menjadi seret.

Ketika seorang anak durhaka kepada orang tuanya, maka ia pasti telah melukai hati orang tuanya tersebut. Tentu orang tuanya pasti akan marah dan tidak meridhoinya dalam berbagai hal. Berbagai masalah pasti akan datang jika hal itu terjadi, seperti rezeki yang mula terasa berat untuk didapatkan.

5. Pelit atau Kikir

Agama islam mengajarkan umatnya untuk senang bershodaqoh kepada sesama untuk meringankan beban saudara. Selain itu, shodaqoh juga dapat membuka pintu rezeki semakin lebar. Sebaliknya, jika ada orang yang kikir atau pelit, maka pintu rezeki akan semakin tertutup baginya. Kehidupan pun akan terasa semakin sempit dan semakin rumit saat berat untuk memberi.

Banyak amalan yang bisa dilakukan untuk membuka pintu rezeki menjadi semakin lebar. Salah satunya adalah dengan berusaha menghindari dosa yang membuat rezeki seret seperti yang disebutkan di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat dalam kehidupan dunia akhirat agar dapat terhindar dari dosa.

 

Baca Juga: Cara Masuk Surga Untuk Wanita yang Mudah Dilakukan