5 Amal Jariah untuk Orang yang Sudah Meninggal, Pahalanya Tidak Terputus
Amal Jariah untuk Orang yang Sudah Meninggal

5 Amal Jariah untuk Orang yang Sudah Meninggal, Pahalanya Tidak Terputus

94 View

Amal Jariyah

Amal jariah adalah suatu amalan yang buah pahalanya tidak akan terputus sekalipun orang itu meninggal. Ada beberapa bentuk amal jariah untuk orang yang sudah meninggal seperti 5 amalan yang akan dibahas di bawah ini. Apabila diamalkan, pahalanya akan senantiasa mengalir dan akan membantu si pengamal baik di dunia maupun di akhirat kelak.

1. Ilmu yang Berguna

Berbagi pada sesama tidak selalu harus berbentuk harta atau uang namun juga dalam bentuk lain. Salah satunya adalah ilmu yang berguna, menyebarkan ilmu yang berguna termasuk salah satu bentuk amalan jariah. Jika si pengamal memberikan dan mengajarkan ilmu yang berguna pada banyak orang. Selama ilmu itu terus bermanfaat bagi yang diajarkan maka pahalanya akan terus mengalir pada si pengamal.

Bahkan jika pengamal telah meninggal dunia, namun ilmu yang dia sebarkan tetap digunakan dan berguna bagi kehidupan orang lain. Maka si pengamal akan tetap menerima pahalanya. Bahkan jika yang diajarkan oleh pengamal mengajarkan kembali ilmu tersebut. Maka pahala si pengamal akan berlipat-lipat besarnya.

2. Membaca dan Mengajarkan Al Quran untuk Orang Lain

Tidak hanya ilmu duniawi yang dihitung sebagai amal jariah, mengajarkan Al Quran pada orang lain juga akan dihitung sebagai amal jariah. Karena AL Quran merupakan kitab umat islam yang penuh dengan ilmu pengetahuan dan kebaikan. Tidak hanya mengajarkannya pada orang lain, bahkan membaca Al Quran dan didengarkan oleh orang lain saja bisa mendapatkan pahala juga. Yang mendapatkan pahalanya tidak hanya orang yang membaca namun juga yang mendengarkan.

3. Anak yang Sholeh dan Sholeha

Bentuk amal jariah untuk orang yang sudah meninggal selanjutnya adalah anak yang sholeh dan sholeha. Lebih tepatnya adalah doa anak yang sholeh dan sholeha, doa-doa yang dipanjatkan oleh sang anak akan menjadi pahala bagi orang tuanya. Baik, ketika orang tuanya masih hidup maupun telah meninggal dunia.

Sebagai orang tua, pastinya menginginkan anak yang memiliki budi pekerti baik dan taat pada anak. Namun agar anak tumbuh seperti itu, harus dimulai dengan orang tuanya terlebih dahulu. Untuk memberi pendidikan dan contoh yang bisa menumbuhkan perilaku sholeh serta sholeha.

4. Membangun Masjid

Jika seseorang memiliki rezeki lebih dan mampu, ada baiknya untuk menyisihkannya sedikit untuk membangun masjid. Karena membangun masjid yang merupakan rumah ibadah adalah sebuah bentuk amal jariah. Pahala yang didapatkan pengamal karena membangun masjid akan selalu mengalir baik selama ia hidup bahkan sampai meninggal dunia. Setiap orang yang melakukan ibadah di masjid tersebut. Maka si pembangun masjid akan juga mendapatkan pahala ibadahnya.

Pada salah satu hadist riwayat Bukhari dan Muslim dijelaskan bahwa barang siapa yang membangunkan masjid. Tidak peduli sekecil apapun ukuran masjid tersebut, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah khusus di surga. Jadi sangat besar pahalanya bagi orang-orang yang membangun masjid.

5. Menanam Pohon

Sebenarnya mencari pahala melalui amal jariah bukanlah hal yang sulit. Bahkan pahala tersebut bisa didapatkan melalui hal yang sederhana seperti menanam pohon. Menanam pohon untuk menjaga keseimbangan alam dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar bisa menjadi bentuk amal jariah bagi seseorang. Setiap manfaat yang diberikan oleh pohon tersebut akan menjadi pahala bagi si pengamal.

Mulai dari oksigen yang dihasilkan oleh pohon, orang-orang yang berteduh di bawah pohon, sumber makanan yang dihasilkan oleh pohon. Bahkan jika pohonnya ditebang dan bagian pohonnya dimanfaatkan oleh orang lain. Si penanam pohon akan tetap mendapatkan pahala, karena telah memberi manfaat pada orang lain.

Itulah 5 amal jariah untuk orang yang sudah meninggal, ternyata mudah sekali untuk meraih keberkahan dan pahala dari Allah SWT. Karena itu kebaikan seharusnya dimulai dari sekarang, kebaikan kecil pun akan memberi manfaat yang besar bahkan manfaatnya akan mengikuti hingga akhirat.

 

Baca Juga: Besarnya Pahala Merawat Orang Tua yang Sakit Berdasarkan Hadis Nabi Muhammad SAW