5 Cara Menghilangkan Jerawat Menurut Islam yang Bisa Diikuti
Cara Menghilangkan Jerawat Menurut Islam

5 Cara Menghilangkan Jerawat Menurut Islam yang Bisa Diikuti

156 View

Cara Menghilangkan Jerawat

Hal yang wajar bagi setiap muslim dan muslimah memiliki jerawat di wajah maupun bagian tubuh lainnya. Hanya saja, terkadang jerawat yang muncul dan terlihat jelas membuat tidak percaya diri. Tentu saja ada cara menghilangkan jerawat menurut islam yang dapat ditiru.

Selain membuat tidak percaya diri, jerawat yang muncul juga menimbulkan rasa sakit. Apalagi jika jerawat tersebut muncul di area yang digunakan untuk salat seperti dahi, tentu akan mengganggu kekhusyuan salat. Untuk menghilangkan jerawat menurut ajaran islam, dapat disimak uraian berikut:

1. Membaca Doa Untuk Menghilangkan Jerawat

Ikhtiar atau usaha yang dilakukan dalam segala hal tidak boleh terlepas dari tawakal kepada Allah. Salah satu bentuk berserah diri ini yaitu dengan memanjatkan doa. Ada doa yang khusus diajarkan untuk menyembuhkan jerawat yang diketahui pernah dibaca oleh istri Nabi Muhammad ketika memiliki jerawat.

Doa tersebut berbunyi “Allahumma muthfial kabiir wa mukabbiras shaghiir athfi Haa ‘annii” yang artinya “Ya Allah, Dzat yang memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka hilangkanlah apa yang tumbuh”. Maksud dari doa ini adalah agar Allah mengempeskan dan menghilangkan jerawat yang dimiliki orang yang membacanya.

2. Menggunakan Minyak Dzarirah

Pada zaman Rasulullah, istri Nabi juga pernah memiliki jerawat. Pada saat itu belum ada krim maupun obat penghilang jerawat yang beredar di pasaran. Adalah minyak wangi dzarirah yang ketika itu digunakan oleh istri Nabi untuk menghilangkan jerawat. Bahkan Nabi Muhammad SAW pun menggunakannya. Ini adalah salah satu cara menghilangkan jerawat menurut islam melalui obat tradisional.

Minyak dzarirah merupakan sebuah obat yang berasal dari sari batang pohon dzarirah. Obat yang berasal dari India ini memiliki sifat yang dapat mengeringkan jerawat. Hebatnya lagi, bukan hanya jerawat saja yang bisa diatasi melainkan bisa untuk menguatkan jantung, liver serta radang lambung karena memiliki sifat yang kering dan panas.

3. Menjaga Kebersihan dan Cegah Jerawat dengan Berwudhu

Ajaran islam menyebutkan, “an nadzoofaatu minal iiman” atau kebersihan sebagian dari iman. Khasiat menjaga kebersihan tubuh bukan sekedar untuk meneladani kata mutiara tersebut melainkan agar selalu bersih, sehat dan terhindar dari penyakit.

Jerawat selain ditimbulkan dari hormon, juga bisa disebabkan oleh bakteri yang terjebak di dalam pori-pori dan minyak berlebih di wajah. Melalui berwudhu, dapat menghilangkan kotoran tersebut. Terlebih lagi umat islam berwudhu hingga 5 kali sehari sesuai jumlah waktu salat.

4. Menjaga Asupan Makanan

Islam menganjurkan umatnya memakan makanan yang halalan thayyiban. Halal yang tidak mengandung unsur-unsur haram dan thayyib yang artinya baik. Baik yang dimaksudkan adalah baik bagi tubuh secara jangka panjang maupun jangka pendek.

Ada baiknya menghindari makanan-makanan yang mudah memicu timbulnya jerawat seperti coklat dan makanan cepat saji. Meskipun tidak secara langsung dapat menimbulkan jerawat, memakan makanan tersebut secara berlebihan juga tergolong tidak baik untuk tubuh. Islam menganjurkan makan makanan secukupnya dan tidak rakus.

5. Banyak Mengingat Allah untuk Mendapatkan Hati yang Tenang

Stress merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hati yang tenang dan meminimalkan stres, umat islam diperintahkan untuk selalu mengingat Allah dengan berzikir. Banyak bacaan-bacaan dzikir yang apabila diresapi akan membuat hati tenang.

Berzikir akan menentramkan hati seseorang dari segala kerisauan. Hati yang tentram adalah salah satu sumber kebahagiaan. Jika seseorang bahagia, tingkat stres juga akan menurun. Dengan begitu kemungkinan berjerawat karena stres akan berkurang.

Jerawat memang tidak sepenuhnya bisa dihindari karena adanya faktor hormonal yang terjadi seperti pada masa pubertas, kehamilan, menstruasi dan lain-lain. Namun cara menghilangkan jerawat menurut islam ini tetap patut dicoba sebagai bentuk ikhtiar agar jerawat tidak berkepanjangan. Jangan lupa mengamalkan doanya secara konsisten.

 

Baca Juga: Besarnya Pahala Merawat Orang Tua yang Sakit Berdasarkan Hadis Nabi Muhammad SAW