Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah dengan Baik dan Benar
Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah

Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah dengan Baik dan Benar

60 View

Tata Cara Sholat Tahajud

Salat sunah adalah salat yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala. Salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan adalah salat tahajud. Salat ini sangat spesial karena manfaatnya juga sudah tercantum dalam Al-Quran. Untuk bisa mengamalkannya, tentu ada tata cara Sholat Tahajud sesuai sunnah yang perlu diperhatikan.

Sebenarnya tata caranya hampir sama seperti salat biasanya. Namun, ada beberapa pembeda seperti waktu dan niatnya. Semua hal tersebut mulai dari waktu, rakaat, dan tata cara akan dibahas dengan tuntas dalam uraian di bawah ini. Simak penjelasannya dan jangan ada yang terlewat.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Salat Tahajud dan Berapa Rakaatnya?

Sebelum membahas tentang tata cara yang harus dilakukan, hal pertama yang penting adalah waktu dan jumlah rakaatnya. Salat tahajud merupakan salat yang spesial karena waktu dalam pelaksanaannya ini. Ada jam-jam tertentu yang biasa disebut sepertiga malam karena dilakukan saat malam hari atau saat waktu tidur.

Tiga pembagian waktu salat tahajud sudah diterangkan dengan jelas. Yaitu setelah isya sampai setengah sebelas, jam setengah sebelas sampai setengah dua, dan setengah dua sampai masuk waktu subuh. Sedangkan waktu yang paling utama adalah pada waktu yang ketiga, antara jam setengah dua sampai masuk waktu subuh.

Jumlah rakaat untuk salat tahajud juga sudah dijelaskan dalam Islam. Satu kali salat adalah dua rakaat, sedangkan untuk jumlah salatnya sendiri tidak terbatas. Namun, dalam suatu hadis disebutkan jika Rasulullah tidak pernah salat tahajud melebihi sebelas rakaat. Hal inilah yang menjadi acuan jumlah salat tahajud dalam Islam.

 

Baca: 5 Cara Sholat Khusyu dan Benar Ini Perlu Dipahami Sejak Dini

Cara Pelaksanaan Salat Tahajud

Penerapan salat tahajud dalam kehidupan sehari-hari memiliki banyak manfaat. Hal ini sudah dijelaskan dalam Islam bahwa akan mendapat pahala yang besar. Agar bisa mendapat keutamaan tersebut, harus tahu dulu bagaimana tata cara sholat tahajud sesuai sunnah yang baik dan benar. Simak panduan berikut ini:

1. Membaca Niat Salat Tahajud Hanya Karena Allah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca niat. Salat tahajud tentu memiliki niat yang berbeda dengan niat salat yang lainnya. Pengucapan niat ini juga harus benar agar arti yang diucapkan tidak salah. Setelah selesai membaca niat, baru bisa melanjutkan ke tata cara selanjutnya yaitu cara salat tahajud.

2. Melakukan Salat Tahajud

Pelaksanaan salat tahajud memiliki beberapa langkah penting yang tidak boleh ditinggalkan walau hanya satu. Hal ini untuk menjaga sahnya salat tahajud yang dikerjakan. Jika satu cara saja tidak dilakukan, maka keistimewaan salat tahajud tidak akan didapat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Lakukan takbiratul ihram dan dilanjutkan dengan doa iftitah.
  • Lalu baca Surah Al-fatihah dengan baik dan benar.
  • Setelah itu baca salah satu surah di Al-Quran. Lakukan rukuk dengan tuma’ninah sambil membaca doa.
  • Lanjutkan dengan i’tidal dan membaca doanya.
  • Kemudian lakukan sujud dengan posisi yang benar sambil membaca doa.
  • Ulangi gerakan seperti langkah sebelumnya untuk rakaat kedua.
  • Baca doa tahiyat akhir pada saat melakukan tahiyat akhir.
  • Lakukan gerakan salam untuk mengakhiri salat tahajud.

3. Baca Doa Setelah Salat Tahajud

Jika sudah selesai melakukan salat tahajud, sangat dianjurkan untuk membaca doanya. Doa yang harus diucapkan sudah tercantum dalam salah satu hadis yang isinya meminta keselamatan dan memasrahkan diri kepada Allah. Selain itu, juga dianjurkan untuk membaca sholawat, istigfar, wirid, takbir, tasbih, dan tahmid.

Itulah penjelasan lengkap mengenai bagaimana tata cara sholat tahajud sesuai sunnah beserta waktu dan jumlah rakaatnya. Sangat baik jika salat tahajud diamalkan setiap hari karena memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah dapat mengabulkan doa dan bisa menjadi jembatan saat akan masuk surga.

 

Baca Juga: Tata Cara Sholat Sunah Gerhana Bulan yang Harus Diketahui