Besarnya Pahala Merawat Orang Tua yang Sakit Berdasarkan Hadis Nabi Muhammad SAW
Pahala Merawat Orang Tua yang Sakit

Besarnya Pahala Merawat Orang Tua yang Sakit Berdasarkan Hadis Nabi Muhammad SAW

188 View

Pahala Merawat Orang Tua yang Sakit

Bagi seorang anak, sebenarnya mendapatkan pahala tidaklah sulit. Selama orang tuanya masih ada baik itu lengkap maupun hanya salah satunya, mereka merupakan ladang pahala yang dengan berbakti kepadanya, pahala akan didapatkan. Bahkan dalam hadis Nabi disebutkan pahala merawat orang tua yang sakit lebih tinggi dari amalan lain.

Anak adalah aset bagi orang tua untuk memperoleh surga, begitupun sebaliknya. Doa anak yang sholeh merupakan amal yang tidak terputus ketika seseorang telah meninggal dunia. Bagi sang anak, berbakti dan merawat orang tua pun akan diganjar pahala yang besar. Apalagi ketika orang tua sedang sakit:

Pahala Merawat Orang Tua yang Sakit dan Berbakti Lebih Besar Daripada Berjihad

Suatu ketika, Rasulullah pernah ditanya oleh seorang sahabat mengenai amal perbuatan apa saja yang paling utama. Pada pertanyaan pertama Rasulullah menjawab shalat tepat waktu. Ketika ditanya lagi, Rasulullah menjawab berbakti kepada kedua orang tua. Lalu sahabat tersebut bertanya lagi hal yang sama dan jawaban Rasulullah yang ketiga adalah jihad di jalan Allah.

Pada hadis riwayat Bukhari tersebut dapat disimpulkan bahwa berbakti kepada orang tua bahkan lebih utama daripada berjihad di jalan Allah. Seperti diketahui, jihad merupakan pekerjaan yang berat, perlu kesiapan jiwa raga untuk menjalankannya. Allah memberikan jalan yang mudah bagi hamba-Nya yang ingin meraih pahala, yaitu dengan berbakti kepada orang tua.

Rasulullah juga pernah melarang seseorang untuk ikut hijrah demi mendapatkan pahala manakala kedua orang tuanya masih hidup. Rasulullah mengisyaratkan bahwa merawat orang tua pahalanya jauh lebih besar daripada hijrah yang akan pria tersebut jalani. Hingga pada akhirnya Nabi Muhammad SAW menyuruhnya pulang dan berbuat baik sebanyak-banyaknya kepada orang tuanya.

Apalagi ketika orang tua sedang dalam keadaan sakit, anaklah yang patut merawatnya. Pahala merawat orang tua yang sakit sungguh amat besar. Nabi Muhammad SAW bahkan menyayangi seseorang yang masih memiliki orang tua jika tidak bisa mendapatkan surga melalui kedua orang tuanya tersebut.

Orang Tua yang Ridha Akan Melancarkan Perjalanan Hidup Anaknya

Kembali lagi kepada hadis Nabi SAW yang berbunyi bahwa ridha Allah tergantung kepada keridhaan orang tua dan murka Allah tergantung kepada murka orang tua. Jika orang tua merasa rida terhadap anak yang telah merawat juga memberinya kasih sayang, kehidupannya akan Allah lancarkan dan dihilangkan kesulitannya.

Jasa orang tua begitu besar dalam membimbing dan membesarkan seorang anak. Mulai dari sang anak yang tidak bisa mengucapkan sepatah katapun hingga lancar berbicara. Memberinya fasilitas terbaik untuk tumbuh kembangnya. Maka wajar jika jasa orang tua tidak dapat dibalas meski dengan kebaikan sebanyak buih di lautan.

Oleh karena itu, kesempatan untuk berbuat sebaik-baiknya kepada orang tua amatlah sayang jika dilewatkan begitu saja. Jika orang tua murka dan sakit hati terhadap anaknya, Allah pun enggan memberikan kasih sayang. Apalagi pahala, dalam perjalanan hidupnya pun sulit mendapat pertolongan Allah karena kemurkaan orang tua tersebut.

Siapa lagi yang akan merawat orang tua ketika sedang sakit selain anaknya? Meski saat ini ada panti jompo dan tempat penampungan orang tua lainnya, hal itu bukanlah yang diinginkan orang tua. Dapat dirawat sang anak dengan sepenuh hati merupakan keinginan setiap orang tua di masa tua mereka. Maka, raihlah pahala dengan menyenangkannya.

Berbuat baik kepada orang tua seharusnya memang murni karena ingin berterima kasih atas jasa yang diberikan selama merawat sang anak dari kecil hingga besar. Namun, pahala merawat orang tua yang sakit dan berbakti padanya sudah Allah janjikan. Ganjaran Allah yang amat tinggi kepada seseorang yang berbakti terhadap orang tua adalah bukti rahmat dan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya.

 

Baca Juga: Berikut 7 Amalan Sunnah Rasulullah Setiap Hari Yang Dapat Diterapkan