Ternyata Syarat Zakat Mal Adalah Begini
Syarat Zakat Mal

Ternyata Syarat Zakat Mal Adalah Begini, Baca Selengkapnya!

135 View

Ternyata Syarat Zakat Mal Adalah Begini

Seorang muslim tentunya wajib melaksanakan rukun islam, salah satunya yaitu zakat. Ada dua jenis zakat yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Keduanya memiliki perbedaan. Pada kali ini, akan lebih dibahas tentang zakat mal. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang muslim dalam menjalankannya. Adapun 5 syarat zakat mal adalah seperti berikut ini:

 Golongan Orang Yang Berhak Menjadi Penerima Zakat Fitrah

1. Beragama Islam

Syarat pertama ini mutlak yaitu seseorang harus menganut agama islam terlebih dahulu atau biasa disebut sebagai orang muslim. Hal ini dikarenakan, perintah zakat diturunkan oleh Allah SWT ditujukan kepada para umat islam.

Alasan diturunkannya perintah zakat ini adalah pada zaman Nabi Muhammad SAW dulu, kondisi masyarakat di jazirah Arab masih kacau. Banyak sekali masyarakat yang tidak bermoral. Salah satunya yaitu masih banyaknya perbudakan dan kasus kemiskinan.

Dengan adanya perintah zakat ini, akhirnya umat muslim pada saat itu bisa menggunakan uang zakat untuk membebaskan budak dan membantu masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan

2. Memiliki Akal

Kedua, syarat zakat mal adalah seseorang yang berakal. Syarat ini penting karena seorang muslim yang berakal bisa memahami perintah Allah SWT dan memiliki kewajiban untuk menunaikannya. Sedangkan bagi seseorang yang tidak berakal atau dalam kondisi tidak waras. Tentu saja tidak bisa memahami maksud dari perintah Allah SWT.

3. Dalam Kondisi Merdeka

Ketiga, syarat zakat mal adalah seorang muslim yang merdeka. Maksud dari merdeka yaitu statusnya bukanlah budak. Mengapa hal ini penting ? Karena pada zaman dahulu, perintah zakat diturunkan di jazirah Arab dengan konteks sosial budaya masyarakatnya yang masih menganut perbudakan.

Seseorang yang masih menjadi budak. Maka harus menuruti majikannya apapun yang diperintahkannya dan diperlakukan sebagai layaknya barang atau benda. Maka dari itu, budak pada saat itu tidak memiliki kebebasan, harta, dan tidak bisa menjalankan perintah Allah SWT.

4. Memiliki Harta yang Halal

Keempat, syarat zakat mal adalah memiliki harta yang halal. Hal ini menunjukkan bahwa islam mengajarkan kepada umatnya untuk menggunakan harta yang halal pada saat berbuat kebaikan. Bukan malah menggunakan harta haram seperti hasil dari korupsi atau pencurian kemudian dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Harta yang dimiliki bisa berupa perhiasan, uang dari hasil bekerja, sewa, hasil panen, hasil usaha atau dagang dan lain-lain yang didapatkan dari upayanya sendiri dan juga sudah tidak dalam status berhutang. Harta yang status berhutang menunjukkan bahwa harta tersebut masih belum dimiliki sepenuhnya oleh si pemilik. Maka dari itu, jika harta itu dari berhutang tidak diwajibkan untuk zakat mal dan lebih baik harta yang didapatkan digunakan untuk membayar hutangnya.

5. Harta yang Dimiliki Sudah Melebihi Nisab

Syarat zakat mal selanjutnya adalah seorang muslim harus memiliki harta yang sudah melebihi nisab. Nisab merupakan batasan jumlah harta yang bisa menunjukkan bahwa seseorang sudah memiliki kewajiban untuk membayar zakat mal ataukah belum.

Sedangkan untuk besaran nisabnya, sebenarnya tidak ada ketentuan baku mengenai hal ini. Ada pendapat yang mengatakan bahwa jika hartanya sudah mencapai 85 gr emas maka sudah waktunya untuk mengeluarkan zakat mal. Jumlah zakat mal nya pun cukup 2,5% saja. Namun, dalam kondisi saat ini, tentu bisa jadi berubah karena adanya inflasi dan sebagainya.

Maka dari itu, masih belum ada aturan baku mengenai batasan harta yang harus dimiliki oleh seorang muslim agar dirinya perlu untuk membayar zakat mal. Dalam kondisi ini saat ini, lebih baik jika seorang muslim merasa dirinya sudah serba kecukupan.

Maka perlu untuk mengeluarkan zakat mal. Apalagi jumlah minimal zakat mal itu sangat kecil hanya 2,5% saja. Tidak ada salahnya untuk saling berbagi dengan sesama muslim lainnya.

Sehingga dapat diketahui bahwa 5 syarat zakat mal adalah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga dengan mengetahui hal ini, bisa menjadikan diri pribadi menjadi umat islam yang lebih bertakwa.

Referensi:

Pengertian Zakat Mal beserta Syarat dan Cara Menghitungnya Halaman 3 | merdeka.com

Zakat Mal dan Syaratnya yang Wajib Diketahui (detik.com)