tanam benang wajah menurut islam
tanam benang wajah menurut islam

Bagaimana Tanam Benang Wajah Menurut Islam? Baca Penjelasannya

617 View

Meskipun aman, namun bagaimanakah tanam benang wajah menurut islam? Tanam benang wajah sendiri merupakan suatu metode kecantikan yang dilakukan dengan memasukkan benang pada kulit wajah seseorang. Metode tersebut berguna dalam membuat kulit wajah menjadi lebih kencang, cerah, dan awet muda. Jenis benang yang dipakai umumnya merupakan benang yang dibuat dari kombinasi teknik biostensil atau cairan obat untuk regenerasi kulit.

Tanam benang dapat lebih membantu dalam meremajakan kulit wajah daripada operasi plastik. Namun hasil pada tanam benang hanya bertahan sementara, yaitu hanya bertahan dalam satu sampai dua tahun. Sesudah itu, perlu dilaksanakan penanaman benang yang baru demi mempertahankan penampilan kulit wajah. Sedangkan tanam benang sendiri bukan tanpa efek samping. Bahkan islam pun tidak menganjurkannya. Berikut penjelasannya:

Tanam Benang Wajah untuk Wanita yang Belum Menikah

Hukum tanam benang wajah untuk wanita yang belum menikah secara islam ialah haram. Hal tersebut dikarenakan tanam benang wajah adalah contoh dari upaya dalam merubah bentuk ciptaan Allah SWT. Sedangkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim serta Bukhari disebutkan bahwa Allah mengutuk perempuan yang mengubah ciptaanNya hanya karena ingin terlihat cantik.

Selain dalam hadits, larangan terkait merubah bentuk ciptaan Allah juga ada di AlQuran, yakni dalam Surat AnNisaayat 119. Pada ayat tersebut, disebutkan bahwa Allah akan benarbenar membuat sesat manusia yang merubah ciptaanNya.

Tanam Benang untuk Wanita yang Sudah Menikah

Hukum tanam benang wajah menurut islam untuk wanita yang sudah menikah sedikit berbeda dengan perempuan yang belum menikah. Hal itu dikarenakan perempuan yang sudah menikah telah memiliki suami yang merupakan imam baginya serta wajib dihormati juga dipatuhi. Berikut adalah penjelasan terkait hukum tanam benang bagi perempuan yang telah menikah atau bersuami:

1. Tanam Benang Wajah Tanpa Izin Suami

Islam tidak memperbolehkan seorang perempuan muslim yang sudah menikah untuk melakukan segala sesuatu tanpa izin suaminya. Hal tersebut juga berlaku bagi kegiatan mempercantik diri dengan melakukan tanam benang wajah.

Meskipun niatnya baik, yaitu untuk membahagiakan suami misalnya, namun jika itu dilakukan terlebih dulu tanpa seizin suaminya maka hukumnya ialah haram. Apalagi jika suami justru melarangnya dengan tegas, maka hukum melakukan tanam benang akan semakin haram. Adapun sebenarnya tanam benang wajah menurut islam juga tidak dianjurkan.

2. Tanam Benang Wajah dengan Izin Suami

Beberapa seorang perempuan muslim yang sudah menikah berniat mempercantik dirinya untuk dapat membahagiakan suami. Terkadang niat itu jugalah yang mendasari keinginan seorang wanita yang sudah menikah dalam melaksanakan tanam benang wajah menurut islam. Pada kondisi seperti ini, apabila suaminya telah mengizinkannya, maka hukum tanam benang wajah bagi perempuan tersebut menjadi mubah.

Hal tersebut juga sejalan dengan pendapat Ahmad Dahlan yang didasarkan pada pendapat Imam Nawawi pada Syarah Muslim 1/287. Imam Nawawi menafsirkan suatu hadits dan menyebutkan bahwa perempuan muslim boleh merubah bentuk tubuhnya apabila diizinkan oleh suaminya.

3. Tanam Benang Wajah untuk Wanita yang Sedang Sakit

Tanam benang wajah bukanlah kegiatan yang tidak memiliki efek samping bagi tubuh seorang perempuan. Penanaman benang dapat menyebabkan sejumlah resiko komplikasi, seperti infeksi, nyeri pada daerah ujung benang, serta akumulasi darah atau hematoma. Oleh sebab itulah, jika tidak sedang dalam keadaan yang sehat, perempuan tidak diperbolehkan untuk melakukan tanam benang wajah. Islam sendiri melarang umatnya dalam melaksanakan kegiatan yang akan membawa kemudaratan bagi dirinya sendiri.

Demikianlah penjelasan mengenai tanam benang wajah menurut islam. Umat islam diperintahkan untuk mensyukuri bentuk fisiknya apa adanya serta merawatnya dengan baik tanpa merubahnya sebagaimana saat melaksanakan tanam benang. Apabila berkeinginan untuk dilihat cantik, wujudkanlah kecantikan dari dalam diri. Perbaiki perilaku serta akhlak agar menjadi semakin baik sebab disitulah tempat daya tarik perempuan muslim yang sebenarnya.

BACA JUGA: 5 Hikmah Pelaksanaan Aqiqah yang Sangat Penting Diketahui