Cara Mengatasi Anak Pemarah Menurut Islam
Solusi Anak Terlambat Bicara Menurut Islam

Ternyata Begini Solusi Anak Terlambat Bicara Menurut Islam yang Bisa Diterapkan dengan Mudah

233 View

Solusi Anak Terlambat Bicara Menurut Islam

Anak yang tumbuh kembangnya lambat, dapat dipastikan jika ada yang salah pada anak tersebut. Ini patut diwaspadai, lantaran perkembangan yang lambat dapat mengindikasikan sebuah kelainan hingga penyakit berbahaya yang diidap oleh anak. Pada agama Islam ternyata hal ini juga diperhatikan. Misalnya anak yang terlambat berbicara, di Islam ternyata sudah ada doa dan solusi yang dapat dicoba untuk mengatasi hal ini. Lalu bagaimana solusi anak terlambat bicara menurut Islam? Berikut ulasannya!

Baca: Cara Mengatasi Anak Pemarah Menurut Islam dengan Benar

 

1. Memberikan Makanan yang Dapat Menstimulasi

Ada banyak sekali faktor mengapa anak terlambat berbicara, salah satunya karena faktor makanan. Orang tua harus paham gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Memberikan makanan yang bernutrisi dan dapat menstimulasi anak berbicara menjadi salah satu salah satu solusi untuk anak yang terlambat berbicara.

Lidah manusia dapat menangkap beberapa rasa di titik yang berbeda. Hal inilah yang membuat jenis rasa dalam makanan dapat menstimulasi lidah anak agar memudahkan anak untuk mengucapkan beberapa huruf yang setiap pengucapannya berbeda-beda. Misalnya:

  • Rasa Manis: Lidah peka dengan rasa manis terletak di bagian ujung depan sehingga akan memudahkan anak untuk mengucapkan huruf konsonan “d, L, m, r, t”.
  • Asam: Rasa asam akan menstimulasi anak untuk mengucapkan huruf “c” dan “J” sebab lidah akan peka dengan rasa asam terletak pada bagian kiri dan kanan.
  • Rasa Asin: Lidah akan peka dengan rasa asin ketika di bagian tengah dan akan menstimulasi pengucapan huruf “C” dan “J” serta huruf gabungan “Ny”.
  • Pahit: Lidah peka dengan rasa pahit di titik paling belakang sehingga akan menstimulasi anak untuk mengucapkan huruf “k” “g” “x” dan “ng”.

2. Terapi Wicara Anak

Cara berikutnya yang dapat dicoba adalah dengan melakukan terapi wicara anak. Tidak ada anjuran khusus dalam Islam tentang hal ini, namun cara ini dapat dilakukan agar mempercepat perkembangan anak yang terlambat berbicara. Terapi wicara ini sangat baik untuk dilakukan lantaran dapat memungkinkan anak dapat berbicara sebelum memasuki sekolah dini. Terapi ini akan langsung bekerja kepada anak dan akan membantu anak untuk berbicara dan menginstruksikan.

3. Melakukan Intervensi Diri

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan intervensi diri. Beberapa penelitian menunjukkan jika anak yang kesulitan berbicara atau berbicara secara lambat maka akan kesulitan untuk membaca saat sekolah nantinya. Bila hingga umur 3 tahun anak masih kesulitan berbicara, maka dengan diagnosis dokter anak akan mendapatkan layanan intervensi diri.

4. Peran Orang Tua untuk Menstimulasi

Peran orang tua tentunya sangat penting sekali untuk ikut berperan aktif melakukan stimulasi terhadap anak. Orang tau yang kesehariannya bersama anak, dapat melakukan berbagai upaya untuk menstimulasi anak. Misalnya dengan membacakan cerita dongeng kepada anak, menyanyikan lagu sederhana yang dapat diulang anak, dan berusaha untuk mengajak berbicara dengan anak.

5. Doa Khusus untuk Anak yang Terlambat Berbicara

Solusi anak terlambat berbicara menurut Islam yang terakhir adalah mendoakan anak dengan doa khusus. Islam merupakan agama yang begitu memperhatikan umatnya dalam hal sekecil apapun, hingga Islam memiliki cara tersendiri sebagai solusi anak terlambat berbicara menurut Islam. Misalnya tentang anak yang kesulitan berbicara, ternyata terdapat doa khusus yang dapat dibaca agar anak dapat cepat untuk berbicara. Terdapat dua urutan doa, doa pertama:

  Subhana man allamal insana ma lam ya’lam

Baca doa tersebut setiap ibu telah melakukan shalat fardhu lalu tiup pada air minum sebanyak 3 kali. Jika sudah bacakan Asmaul Husna setiap bersama anak atau saat menidurkan anak, hal ini lantaran Asmaul Husna berdampak baik bagi pertumbuhan otak kanan dan kiri.

Itulah beberapa cara sebagai solusi anak terlambat berbicara menurut Islam. Cobalah cara-cara di atas dan lakukan rutin agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Tetap bersabar dan telaten mengurus anak yang terlambat berbicara dan usahakan untuk terus menstimulasi anak. Tetapi jangan lupa untuk tetap berdoa kepada Allah sebab apapun yang sedang diusahakan tidak terlepas dari peran Allah. Selamat mencoba!

 

Baca Juga: Cara Menyapih Anak dari ASI Menurut Islam dengan Mudah