penghuni bumi sebelum nabi adam menurut islam
penghuni bumi sebelum nabi adam menurut islam

Penghuni Bumi Sebelum Nabi Adan Menurut Islam, Adakah?

296 View

Umat muslim mempercayai jika Adam adalah manusia pertama yang menghuni bumi. Namun beberapa ahli Tafsir berkata jika ada makhluk lain yang telah menghuni bumi sebelum nabi adam dijadikan khalifah di bumi. Beberapa penghuni bumi sebelum nabi Adam menurut Islam ada beberapa jenisnya. Menurut para ahli berikut beberapa penghuni yang pernah dibumi sebelum nabi Adam, yaitu:

1. Tabirunnasar

Firman Allah SWT berkata : “Hai unggas tabirunnasar makanlah oleh biji sawi itu. Apabila habis biji sawi itu, engkau akan kumatikan”. Diperkuat oleh perkataan para ahli yang mempercayai disaat bumi berumur 80.000 tahun  saat keadaan bumi kosong. Saat itu sudah banyak biji sawi putih dan Allah menciptakan seekor Unggas dengan nama Tabirunnasar.

Unggas tersebut tetap memakan biji sawi namun diatur cara memakannya. Pertama satu biji sehari saat terlihat berkurang berganti ke satu biji sebulan. Namun biji sawi tersebut semakin tetap berkurang karena takut dengan kematian Tabirunnasar memakan biji sawi satu tahun sekali. Pada akhirnya biji sawi itu habis maka sang unggaspun mati.

2. Tujuh Puluh Orang Laki-laki

Allah SWT kembali menciptakan penghuni bumi sebelum nabi adam menurut islam. Penghuni tersebut adalah 70 orang laki-laki tapi tidak diciptakan secara langsung tapi bertahap satu persatu. Maksudnya setiap satu penghuni telah meninggal Allah baru menciptakan satu lagi.

Setiap orang dari mereka memiliki umur 70 ribu tahun. Yang dikatakan satu tahun di kala itu sebanding dengan seribu tahun di masa sekarang ini. Tatkala sudah mati ketujuh puluh orang laki-laki tersebut Tuhan menciptakan penghuni lainnya lagi.

3. Jin

Urutan ketiga penghuni bumi sebelum nabi Adam menurut islam adalah jin. Firman Allah dalam Q.S. 55 :1 yang isinya “Dan Dia menciptakan jin dari nyala api”. Penciptaan jin sebagian ada yang berkaki 4, berkaki 2 dan ada pula yang terbang. Lalu Allah SWT menyuruh Yusuf salah satu dari jin untuk memberikan pengajaran tentang ilmu dan syariat agama. Sayangnya jin tersebut mendustakan ajaran sehingga Allah SWT mematikan semuanya.

4. Makhluk Berpasangan

Suatu makhluk berpasangan diciptakan setelah kematian jin. Makhluk ini memiliki rupa mirip seperti binatang dan keluar dari neraka. Binatang ini juga memiliki anak yang dinamai dengan Azazil. Saat cukup Besar Azazil melakukan ibadah selama seri tahun baru kemudian diangkat ke langit pertama.

Seribu tahun kemudian Azazil tetap tekun melakukan ibadah maka diberi Sayap berwarna hijau darimanikan berwarna hijau lalu terbang ke langit ketiga. Begitu seterusnya tiap seribu tahun ibadahnya akan dinaikkan ke tingkat langit berikutnya hingga mencapai pada langit ketujuh. Inilah penghuni bumi sebelum nabi adam menurut islam.

5. Janna

Saat Azazil diangkat ke langit dibumi sudah dihuni oleh Jannah salah satu bangsa Jin. Janna menghuni bumi selama 70 ribu tahun sampai lahir anak dan cucunya. Ahli tafsir lainnya menyatakan jika jin mendiami bumi 18 ribu tahun dan itu membuatnya mulai sombong serta kufur. Karena itu Allah Mematikan Jannah dan menggantinya dengan Bannul Jannah. Bannul Jannah juga mendiami bumi selama 18 ribu tahun hingga dimatikan juga oleh Allah SWT pada akhirnya.

Itulah kelima penghuni bumi sebelum nabi Adam menurut Islam yang telah diungkapkan oleh para ahli tafsir. Sebelumnya setelah Bannul Jannah kaum Azazil memohon ada Tuhan Yang Maha Esa menurunkan dan menetapkan mereka untuk menghuni bumi dan dikabulkan oleh-NYA. Tapi pada akhirnya dalam Firman Allah SWT di Al Qur’an surah kedua ayat 30 yang menyatakan jika akan diturunkan khalifah dibumi yang diberi nama Adam.

BACA JUGA: Hikmah Surat Al Fatihah Baik Dibaca Setiap Hari