Pahala Mempertahankan Rumah Tangga Bagi Suami dan Istri
Mempertahankan Rumah Tangga Bagi Suami dan Istri

Pahala Mempertahankan Rumah Tangga Bagi Suami dan Istri

284 View

Pahala Mempertahankan Rumah Tangga

Rumah tangga yang awet dan tentram adalah impian setiap orang. Namun, nyatanya kehidupan dalam rumah tangga tetap tidak akan bisa semulus itu. Tidak jarang kemudian akan menimbulkan egoisme tinggi dan menyebabkan perceraian terjadi. Padahal pahala mempertahankan rumah tangga adalah janji Allah SWT yang luar biasa. Lalu apa saja pahala tersebut? simak ulasannya berikut ini:

1. Membuka Jalan Menuju Surga

Keutamaan menjadi seorang istri yang taat kepada nasihat suami dan selalu sabar serta teguh hati tanpa ada kalimat menyakiti atau melawan kehendak suami niscaya akan mendapatkan Surga. Bahkan pintu Surga akan terbuka dari mana saja dan sang istri bisa memilih untuk masuk melalui pintu sebelah manapun. Hal ini juga disampaikan pada Hadits Hasan Shahih no.1296.

2. Mendapat Ridho Allah

Ridho Allah SWT juga merupakan satu bentuk pahala yang bisa didapatkan oleh seorang istri yang sabar dan taat terhadap suaminya. Ridho dan kebahagiaan pada hari akhirat di alam yang kekal kelak adalah satu bentuk pahala yang didapatkan seorang istri yang sabar dalam menghadapi masalah dalam rumah tangganya.

3. Pahala Berlipat Ganda

Masalah rumah tangga yang pelik memang bisa memberikan efek buruk pada fisik maupun psikis. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan tidak sedikit orang memilih perceraian. Namun, sebagai seorang istri yang mau bertahan dan menyadarkan suaminya akan kesalahan yang diperbuatnya tentu akan mendapat pahala yang luar biasa.

Bahkan pahala yang dijanjikan adalah pahala berlipat ganda. Pahala tersebut adalah  mendapatkan syafaat karena telah bersabar menghadapi takdir dari Allah SWT dan pahala karena telah berusaha dan mampu menyadarkan suami yang salah mengambil langkah. Pernyataan mengenai diperolehnya pahala yang berlipat bagi yang mempertahankan rumah tangga ini ada di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits.

4. Pahala Setara yang Diberikan Kepada Nabi Ayub

Bagi suami yang sabar menghadapi sifat durhaka istrinya juga akan mendapatkan syafaat yang besar dari Allah. Pahala ini bahkan setara dengan pahala yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Abub ketika menghadapi sifat durhaka istrinya.

Apalagi bila sang suami berhasil memberikan pengertian kepada istrinya supaya menjadi wanita Sholehah maka, pahala yang didapatkan juga akan begitu besar. Bahkan kebahagiaan di akhirat juga akan menjadi satu bentuk syafaat untuk suami yang senantiasa sabar mempertahankan rumah tangganya yang retak karena istri durhaka.

5. Mendapat Pahala Seperti Aisyah (Istri Fir’aun)

Satu pahala besar mempertahankan rumah tangga selanjutnya bagi seorang istri adalah mendapatkan pahala yang sama seperti istri Fir’aun. Kesabaran Aisyah dalam menghadapi Fir’aun memang tidak bisa dipungkiri. Bahkan ketaatan Aisyah untuk tetap mempertahankan keimanannya dibalik setiap paksaan Fir’aun untuk menurut dan menyembah berhala adalah luar biasa. Hal inilah yang yang dijanjikan Allah sebagai ganjaran untuk semua istri yang bersabar dalam menghadapi ujian dalam rumah tangganya.

6. Kesabaran Adalah Ladang Pahala

Meniti rumah tangga yang penuh lika-liku dan penuh masalah didalamnya memanglah suatu hal yang begitu sulit. Namun, memiliki niat untuk terus membutuhkan kesabaran dan bertahan untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga adalah ladang pahala yang luar biasa. Surga bahkan jadi jaminan kehidupan kelak di akhirat bagi suami maupun istri yang mau sabar dalam menghadapi ujian rumah tangga.

Itulah tadi pahala mempertahankan rumah tangga yang memiliki banyak syafaat di dalamnya. Jaminan Surga bahkan menjadi satu hal yang pasti akan didapatkan bagi suami maupun istri yang mampu bersabar. Karena kesabaran adalah satu kunci utama untuk dapat terus bertahan serta satu kunci untuk mendapatkan kebaikan di akhir kelak.

 

Baca Juga: Apa Saja Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah yang Bisa Dilakukan? Yuk, Simak!