Pahala Memberi Makan Kucing
Pahala Memberi Makan Kucing

8 Pahala Memberi Makan Kucing Dunia Akhirat

262 View

Pahala Memberi Makan Kucing

Kucing ialah salah satu hewan lucu serta tercantum dalam hewan yang istimewa di dalam Islam karena itu hewan peliharaan Nabi Muhammad SAW yang sangat disayangi. Banyak orang yang masih merasa khawatir buat memelihara kucing sebab dapat berakibat kurang baik buat kesehatan. Padahal terdapat banyak pahala memberi makan kucing, apalagi jika merawat dan menjaganya sekaligus, tentu pahalanya jauh berlipat ganda. Berikut ini ulasannya:

 1. Mendapatkan Timbangan Kebaikan yang Lebih Berat Ketika Kiamat

Seorang yang memelihara kucing maupun fauna yang lain karena Allah dengan penuh Iman pada Allah serta meyakini pada kebaikan yang akan diberikan Allah, seperti kebaikan yang telah diberikan pada hewan tersebut. Maka, berilah makan hewan tersebut, apalagi membersihkan kotorannya, nanti akan ditimbang sebagai bagian dari kebaikan di hari kiamat.

 2. Memperoleh Rahmat di Hari Kiamat

Seorang yang mencintai hewan sejenis kucing serta hewan yang lain tercantum hewan sembelihan sekalipun, akan memperoleh rahmat dari Allah SWT di hari kiamat nanti. “Barangsiapa mencintai walaupun terhadap hewan sembelihan, tentu Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat.” (HR. Bukhari)

3. Mendapatkan Ampunan serta Ridha Allah

Dari Syeikh Dr. Muhammad Luqman dalam syarahnya di kitab Adabul Mufrod mengatakan bila tiap muslim memanglah telah disarankan untuk senantiasa berbuat baik pada seluruh hewan sejenis kucing biar nantinya dapat memperoleh ampunan serta pula ridha dari Allah Ta’ala.

4. Memperoleh Pahala Seperti Orang yang Sedekah Setiap Hari

Umat muslim sangat disarankan buat memelihara, memberikan makan dan minum pada hewan semacam kucing, terlebih ketika hewan tersebut lagi lapar serta haus karena bisa menjadi berdosa jika membiarkan hewan tersebut kelaparan. Dengan memelihara kucing, itu bisa menjadi bagian dari sedekah.

Menurut suatu hadis, Rasulullah sempat ditanya oleh salah seorang teman, “Apakah berbuat baik kepada fauna untuk kami terdapat pahalanya?” Lalu Rasulullah bersabda, “Di dalam tiap apa yang bernyawa terdapat pahalanya.” (HR. Bukhari & Muslim).

 5. Senantiasa Disukai Allah SWT

Memelihara hewan peliharaan, terlebih kucing dengan menjaga dan mencintai kucing tersebut, serta memberi makan jadi tanggung jawab sekaligus kewajiban majikan. Allah sendiri pula sangat menggemari seorang yang mempunyai rasa kasih serta penyayang pada hewan sejenis kucing.

6. Menemukan Ganjaran Baik serta Syurga

Seorang yang memelihara kucing pula hendak memperoleh pahala dari Allah berbentuk surga. Selain itu juga ganjaran yang baik karena berarti kita telah membantu hewan yang haus ataupun lapar tersebut dengan memberinya makan.

7. Dosa Diampuni

Seorang muslim pula sangat dianjurkan buat membantu hewan terlebih pada hewan yang perlu dikasihani, tak terkecuali  hewan najis semacam anjing. Ini membuat umat muslim tidak mempunyai pengecualian untuk membantu fauna.

Misalnya semacam kucing serta hewan najis semacam anjing sebab tujuannya sangat mulia ialah tidak membiarkan hewan tersebut tersiksa. Maka dengan memelihara kucing, perbuatan dosa orang yang membantu hewan tersebut akan diampuni.

8. Memiliki Irama Seragam Dzikir Kalimah Allah

Seorang Sufi yang bernama Ibnu Bashad hidup pada abad ke 10 menggambarkan bila suatu hari dia serta teman- temannya lagi duduk di atas masjid kota Kairo sembari menyantap makan malam. Ketika itu kucing melewatinya, bunda Bashad membagikan sepotong daging pada kucing tersebut. Kemudian kucing tersebut kembali lagi maka Bashad membagikan potongan daging kedua.

Secara diam–diam, bunda Bashad menelusuri jejak kucing tersebut sampai pada suatu rumah kumuh. Orang itu memandang kucing tersebut dan memberikan sepotong daging  pada kucing lain yang buta kedua matanya. peristiwa tersebut membuat hatinya terenyuh hingga orang itu jadi seorang sufi hingga wafat di tahun 1067.

Pada kisah lain, seorang sufi asal Iraq bermimpi bahwa dosa-dosanya telah diampuni. Mimpi itu hadir ketika di siang hari dia menolong seekor kucing dari bahaya. Menurut para sufi, di setiap dengkuran nafas kucing sejatinya adalah menyebut nama Allah.

Setelah membaca uraian mengenai banyaknya pahala memberi makan kucing, tentu tidak lagi membuat takut untuk memelihara kucing, bukan? Selain memberi makan kucing, jangan tertinggal pula untuk sedekah kepada sesama.

 

Baca Juga: Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Menurut Islam Paling Sederhana