Punya Banyak Kemuliaan, Berikut Pahala Istri yang Membantu Suami Mencari Nafkah
Pahala Istri yang Membantu Suami Mencari Nafkah

Punya Banyak Kemuliaan, Berikut Pahala Istri yang Membantu Suami Mencari Nafkah

275 View

Pahala Istri yang Membantu Suami Mencari Nafkah

Berperan sebagai imam keluarga, seorang suami dituntut untuk memenuhi nafkah keluarga. Namun, tak ada salahnya jika istri ikut terlibat membantu suami bekerja. Bahkan, islam menjanjikan sebuah pahala istri yang membantu suami mencari nafkah. Tak perlu khawatir, jika berkeinginan untuk meringankan dalam memenuhi kebutuhan keluarga karena hal tersebut merupakan justru merupakan perbuatan terpuji dan memiliki kemuliaan di sisi Allah. Para istri yang rela membantu suaminya memenuhi nafkah dijanjikan pahala berlipat ganda. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Dinilai Sedekah

Istri yang ikut meringankan kewajiban suami dengan terlibat dalam pemenuhan nafkah keluarga dinilai sebagai sedekah. Bahkan, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dijelaskan bahwa Zainab memberikan nafkah pada suami beserta anak yatim asuhannya.

Jadi tak perlu resah, pahala istri yang ikut menjadi tulang punggung keluarga akan tetap dinilai sedekah walaupun uang yang dihasilkan telah habis untuk kebutuhan hidup keluarga. Istri yang ikut memikul tanggung jawab untuk meringankan beban suami akan selalu dinilai sebagai sedekah dan ibadah yang mulia.

2. Sepadan dengan Jihad di Jalan Allah

Ada banyak ibadah yang dinilai sebagai bentuk jihad di jalan Allah. Salah satunya adalah dengan membantu perekonomian keluarga dengan bekerja. Allah menilai hambanya yang telah bekerja keras mencari rezeki yang halal untuk keluarganya dengan mengajarkannya dengan pahala berjihad. Itulah salah satu kemuliaan dan keutamaan  dari Allah tentang orang atau istri yang mencari rezeki yang halal bagi keluarga akan dibalas dengan pahala yang setimpal dan memiliki kemuliaan tersendiri di sisi Allah. Rezeki yang halal maksudnya adalah memperoleh uang dengan cara yang tepat.

3. Menggugurkan Dosa-dosa Kecil

Pahala istri yang membantu suami mencari nafkah yang lain adalah dapat meleburkan dosa-dosa kecil. Hal ini diperkuat oleh hadits riwayat Bukhari yang menjelaskan bahwa orang-orang yang bekerja keras untuk keluarganya pada malam hari dan merasa lelah. Allah menjanjikan pengampunan dosanya pada malam harinya. Bahkan, Allah juga menyukai kaumnya yang bekerja keras dalam mencari rezeki yang halal untuk keluarganya.

4. Infak Paling Besar

Pahala yang diberikan karena berinfak pada orang miskin, anak yatim, dan lain sebagainya nilainya tidak sama dengan orang yang bekerja untuk keluarganya. Menurut hadits riwayat HR Muslim dijelaskan bahwa memberikan anak yatim dan  orang miskin satu dinar untuk infak berbeda nilainya dengan infak yang diberikan keluarga. Infak pada keluarga dinilai sebagai infak yang paling besar dari pada yang lain. Allah memberikan ganjaran sepadan pada para istri atau suami mencari nafkah. Pekerjaan tersebut memiliki keutamaan tersendiri dari seorang peminta-minta.

5. Benteng yang Halangi dari Api Neraka

Panasnya api neraka berkali-kali lipat panasnya dunia. Namun, keutamaan penting lain bagi para pencari nafkah yang halal bagi keluarganya. Jadi tak perlu khawatir, tangan kasar dan bekerja di tengah panasnya terik matahari karena semua diberi pahala yang setimpal oleh Allah. Menurut hadits yang diriwayatkan Ibnu Asakir menjelaskan bahwa terdapat dosa yang tak bisa dimaafkan dengan sholat, puasa, zakat, dan lain-lain adalah para pencari rezeki halal.

Itulah pahala istri yang membantu suami mencari nafkah yang dapat menjadikan semangat dalam mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Islam tak pernah memandang jenis profesi dan pekerjaan yang dijalani. Pastinya, bekerja mencari rezeki yang halal harus sesuai dengan syariat Islam dengan bekerja di jalan yang benar agar Allah menilai lebih pekerjaan yang dijalani.

 

Baca Juga: 6 Keutamaan dan Pahala Memaafkan Suami Selingkuh, Bisa Mendapatkan Pintu Surga