orang pendiam menurut islam
orang pendiam menurut islam

5 Keutamaan Orang Pendiam Menurut Islam, Lebih Dekat Pada Allah

582 View

Pendiam tidak selalu menjadi sifat yang buruk, bahkan dalam istilah dikenal diam adalah emas. Hal ini menunjukan adanya hal baik dari sifat seseorang yang pendiam. Orang pendiam menurut islam memiliki keutamaan-keutamaannya tersendiri. Pendiam dalam islam dinilai sebagai seseorang yang lebih bijaksana terutama dalam menjaga tutur katanya kepada orang lain.

Pendiam tidak selalu identik dengan sifat malu, canggung, atau kikuk. Mungkin orang-orang pendiam bersikap seperti itu agar bisa lebih hati-hati. Terutama dalam memilih kata dan kalimat dalam menanggapi orang lain. Maka dari itu dalam ulasan ini akan dibahas 5 keutamaan orang yang pendiam menurut islam:

1. Memiliki Kesabaran Lebih

Orang pendiam menurut islam biasanya memiliki kesabaran yang lebih dari orang-orang kebanyakan. Hal ini karena orang pendiam memang sudah terbiasa memposisikan dirinya sebagai pendengar. Sebagai pendengar yang sudah mendengar berbagai macam hal dari orang lain. Orang sabar akan lebih pintar menahan diri, walaupun mendapatkan omongan yang tidak mengenakan dari orang lain.

Seperti yang diketahui memiliki hati yang sabar merupakan salah satu sifat yang sangat dicintai Allah SWT. Karena itu orang-orang yang pendiam kebanyakan memiliki hati yang ikhlas dan kesabaran lebih serta kedekatan yang lebih pula kepada Allah SWT.

2. Dapat Membawa Seseorang Masuk Ke Surga

Keutamaan orang pendiam menurut islam yang selanjutnya adalah diamnya bisa membawa orang lain masuk ke Surga. Hal ini karena orang pendiam kebanyakan memiliki pendirian dan dasar pemikiran yang kuat sehingga tidak mudah terpengaruh oleh omongan orang lain. Ketika orang lain berusaha mengajaknya berbuat keburukan orang pendiam dapat menahan diri agar tidak terseret.

Ketika orang lain sedang mengajaknya bergunjing membicarakan orang lain, orang yang pendiam pun tidak menanggapi. Maka dengan begitu, orang yang pendiam bisa menghindarkan orang-orang lain dari berbuat keburukan.

3. Terhindar dari Api Neraka

Lidah dan tutur kata yang tidak terkontrol dapat menjadi penyebab terbesar orang mendapatkan dosa. Menyakiti hati orang lain dengan perkataan atau mempengaruhi orang lain sehingga berakibat buruk dengan perkataan bisa menyebabkan dosa. Maka dari itu orang yang pendiam lebih terhindar dari api Neraka.

Karena jika memang tidak bisa memastikan pengaruh yang diberikan positif atau negatif, seseorang yang pendiam akan lebih memilih diam saja. Hal ini menunjukan kenetralannya dan pertimbangannya yang lebih jauh untuk memutuskan. Maka dengan begitu, orang yang pendiam akan lebih terhindar dari api neraka.

4. Memiliki Wibawa

Percaya atau tidak, banyak berbicara tidak selalu berarti orang itu akan didengarkan orang lain. Terlalu banyak bicara bahkan bisa membuat orang kehilangan wibawanya. Berbeda dengan orang pendiam, ia akan menyimpan pendapatnya dan energinya untuk hal yang perlu-perlu saja. Hal ini membuat orang yang pendiam terlihat lebih berwibawa. Tidak hanya itu, orang pendiam menurut Islam kebanyakan memikirkan dulu dalam-dalam sebelum mengatakan sesuatu. Hal ini membuat sekalinya orang pendiam berbicara maka hal tersebut akan sangat bermanfaat.

5. Tidak Munafik

Orang yang pendiam kebanyakan merupakan orang dengan karakter yang kuat. Hal ini karena mereka memiliki pendirian yang kuat dan pemikiran yang matang sebelum mengutarakan sesuatu. Karena itu orang pendiam umumnya jauh dari kata munafik. Hal ini karena  orang yang pendiam tidak memiliki dua muka dan hanya menunjukan dirinya yang sebenarnya di waktu yang benar-benar diperlukan. Selebihnya orang yang pendiam akan lebih memilih diam dan memperhatikan.

Itulah 5 keutamaan orang pendiam menurut islam, tidak hanya sekedar diam, diam yang dimaksud di sini adalah diam dengan pemikiran mendalam. Maka, dengan adanya artikel ini semoga dapat dipelajari betapa pentingnya untuk menahan diri. Tidak perlu sepenuhnya menjadi orang pendiam namun lebih memikirkan secara mendalam sebelum mengatakan sesuatu.

BACA JUGA: Cara Menyembuhkan Mata Minus Menurut Islam Atas Kehendak Allah SWT