5 Nama Surga dan Penghuninya yang Wajib Diketahui Umat Muslim
Nama Surga dan Penghuninya yang Wajib Diketahui Umat Muslim

5 Nama Surga dan Penghuninya yang Wajib Diketahui Umat Muslim

165 View

Nama Surga dan Penghuninya yang Wajib Diketahui

Surga merupakan tempat tujuan semua umat islam di dunia, tempat di mana semua orang baik berkumpul dan mendapatkan balasan dari setiap amalan. Jika belum mengetahui lebih dalam ada berapa jenis surga, maka simaklah penjelasan lima nama surga dan penghuninya di bawah ini:

1.  Surga Firdaus untuk Orang Sholeh

Mendengar nama Surga Firdaus pastinya umat muslim akan terngiang dengan segala jenis keindahan di dalamnya. Surga ini diciptakan untuk hamba sholeh. Hamba yang menjaga amanah, menghindari zina, dan memanfaatkan waktunya dengan baik selama hidup di dunia serta bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.

Pemilik nama surga dan penghuninya untuk Surga Firdaus sudah dijelaskan. Hanya tinggal bagaimana manusia meraih cara untuk memasuki surga tersebut. Dengan menjadi muslim sejati lalu mengamalkan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya tanpa khawatir akan dunia sehingga bisa tergolong hamba taat.

2. Surga ‘Adn untuk Orang yang Gemar Infaq

Nama surga dan penghuninya yang kedua adalah Surga ‘Adn. Surga ini diciptakan untuk manusia yang gemar beramal sholeh, salah satunya infaq. Harta adalah titipan dari Allah SWT dan sudah sepantasnya manusia menyisihkan sebagian miliknya kepada orang yang membutuhkan, contohnya dengan berzakat.

Manusia yang senantiasa melakukan infaq akan masuk ke dalam penghuni Surga ‘Adn. Surga ini diperuntukkan bagi kalangan umat yang gemar menolong. Dengan memberikan sebagian harta mampu meringankan beban orang lain, membuat kehidupan berjalan seimbang tanpa takut hartanya akan habis di kemudian hari.

3. Surga Darussalam untuk Muslim Kaffah

Surga yang ketiga harus diketahui umat muslim adalah Surga Darussalam. surga yang terbuat dari yakut merah khas surga diciptakan Allah. Penghuninya adalah umat yang memiliki tingkat keimanan yang kuat dan konsisten mengamalkan ibadahnya, contohnya seorang hafiz qur’an tekun membaca quran.

Kemudian ketika beranjak dewasa mengamalkannya kepada generasi selanjutnya, dengan cara mengajak dan mengajarkan cara menghafal dan melafalkan Al Quran dengan baik. Muslim kaffah berhak atas Surga Darussalam karena selalu menjalankan ibadahnya dengan tekad kuat tanpa ragu atau perasaan setengah hati di dalamnya.

4. Surga Muqoomul Amiin untuk Orang yang Muttaqin

Bagi orang yang senantiasa bersyukur dan selalu menikmati apa yang Allah berikan, tentunya akan menjadi penghuni pertama Surga Muqoomul Amiin. Karena terbentuk keimanan yang tinggi, berbeda dengan sifat iman muslim lainnya, surga ini diberikan bagi orang yang muttaqin (sifat taqwa tertinggi).

Maksud muttaqin di sini adalah hamba tersebut hanya meyakini Allah SWT sebagai pencipta alam semesta, tidak menduakan atau bersifat syirik terhadap-Nya. Lalu senantiasa mematuhi semua menjauhkan diri dari maksiat dan hanya mengejar ridho Allah saja, tanpa pernah berpaling dari segala kekuasaan Allah.

5. Surga Ma’wa Bagi Umat yang Sabar

Makna sabar sangatlah luas dan hanya umat yang mampu menahan segala hawa nafsunya. Hamba sabar dan taat pantas memasuki Surga Ma’wa. Yaitu umat muslim yang takut akan kekuasaan Allah SWT, selalu mengingat akan kebesaran-Nya, serta menahan amarah berhak atas Surga Ma’wa. Oleh sebab itu, siapa pun hamba Allah yang selalu bergetar hatinya, bersabar atas ujian-Nya, menahan segala amarah tergolong penghuni Surga Ma’wa.

Kelima penjelasan mengenai nama surga dan penghuninya di atas bisa dijadikan referensi. Terutama untuk umat muslim yang senantiasa melakukan amalan sholeh. Penjelasan di atas berguna untuk meningkatkan iman manusia dalam mencapai ridho-Nya. Dengan begitu, bisa tergolong ke dalam penghuni surga yang Allah ciptakan.

 

Baca Juga: Cara Masuk Surga Untuk Wanita yang Mudah Dilakukan