Mengapa Bisnis MLM Menurut Islam Menjadi Haram
Mengapa Bisnis MLM Menurut Islam Menjadi Haram

Inilah 5 Alasan Tentang Mengapa Bisnis MLM Menurut Islam Menjadi Haram

37 View

Mengapa Bisnis MLM Menurut Islam Menjadi Haram?

Sejak dulu hingga kini bisnis MLM menjadi suatu perdebatan yang cukup rumit di antara kalangan petinggi  organisasi Islam. Kini NU menyatakan bahwa bisnis MLM menurut Islam adalah haram. Hal ini dibuktikan melalui konsep bisnis yang dimiliki MLM dengan syariat Islam tidak memiliki kecocokan.

Begitu banyak alasan yang dapat diberikan untuk menyatakan bahwa MLM menurut syariat Islam adalah haram. Menariknya, kabar terbaru saat ini yaitu terdapat bisnis MLM yang bisa memiliki status halal. Terdapat beberapa alasan yang menjadikan bisnis MLM ini menjadi status halal.

Namun, artikel yang akan dibahas kali ini mengenai alasan bisnis MLM menurut Islam menjadi haram. Alasan ini didapatkan melalui pernyataan dari perwakilan NU yang menyatakan bahwa MLM adalah jenis bisnis yang haram. Berikut lima alasan yang telah dirangkum dan diulas melalui pernyataan tersebut:

10 Cara Sukses Bisnis MLM agar mendapatkan downline dengan cepat

1. Diiming-Imingi Bonus yang Besar

Pada prosesnya, bisnis MLM akan menawarkan sejumlah benefit yang tidak mungkin untuk para anggota lewati. biasanya bonus yang akan di iming-iming kan mencapai 100% lebih dari pendapatan penjualan produk. Kenyataannya anggota harus melakukan pemasaran terhadap orang lain terdahulu.

Ketika hal itu terjadi kadangkala menguntungkan dan kadangkala pula merugikan. Maksudnya penjualan produk bisa saja berhasil atau tidak berhasil. Jika pemasaran gagal untuk dilakukan maka dengan berat hati anggota tidak akan mendapatkan apapun.

2. Pendaftaran dan Pembelian Produk Dalam Satu Waktu

Pada saat pendaftaran terjadi anggota akan diminta untuk membeli produk. Sebenarnya, dalam artian kata wajib membeli produk. Ketika pembelian produk terjadi maka anggota akan menghasilkan komisi atau bonus. Pada alasan ini belum terlalu kuat untuk menunjukkan bahwa MLM haram. Namun, akan berbeda cerita jika pengelolaan tidak baik dan membawa kerugian.

3. Produk dan Iklan Sangat Berbeda Jauh

Dalam bisnis MLM ini produk tidak terlalu diutamakan. Maka demikian, produk tersebut bisa dimiliki secara gratis atau melalui harga yang lebih murah. Menyedihkannya, beberapa perusahaan lain menjual produk tidak sesuai dengan apa yang diiklankan. Kondisi ini seakan menyatakan dengan jelas bahwa terdapat kemungkinan yang sangat besar bahwa bisnis MLM berhubungan dengan money game.

4. Menggantungkan Bonus Anggota

Pada bisnis MLM memberikan sejumlah bonus, namun yang akan dibahas adalah bonus anggota baru masuk dan bonus dari penjualan produk. Perusahaan akan memberikan anggotanya bonus yang sangat besar jika membawa anggota baru. Berbeda dengan bonus penjualan produk yang tidak terlalu besar. Kondisi inilah yang membuat anggota lebih mementingkan untuk mengajak bergabung anggota baru dari pada penjualan produk.

5. Berakhir Pendapatan Bergantung pada Anggota MLM

Tidak berbeda jauh dengan penjelasan sebelumnya. Ketika seorang anggota membawa anggota baru masuk, otomatis anggota baru tersebut berada di dalam timnya. Tidak hanya itu tetapi anggota baru tersebut dibawah dari ‘kepemimpinannya’. Maka demikian, anggota lama tersebut akan bergantung anggota barunya.

Maksud bergantung adalah pendapatan dari penjualan produk. Maka dengan demikian, yang akan berusaha menjual produk sampai habis adalah anggota baru. Anggota lama akan menunggu jumlah produk yang dijual anggota baru dan mendapatkan bonusnya dari penjualan tersebut.

Inilah 5 alasan bisnis MLM menurut Islam menjadi haram. Apakah pembaca sudah memahami setiap alasan yang diberikan? Faktanya MLM seringkali dihubungkan dengan  money game. Terdapat banyak dampak negatif dan positif yang akan ditemui ketika terjun dalam dunia MLM. Untuk itu, semua tergantung pada pelaku bisnis yang bersangkutan.

 

Baca Juga: Indah dan Teladan, Ini Cara Rasul Mendidik Anaknya yang Bisa Dicontoh