Manfaat Sholat Hajat
Manfaat Sholat Hajat

Manfaat Sholat Hajat Jika Dijalankan Dengan Khusuk

247 View

Manfaat Sholat Hajat

Ada banyak manfaat atau faedah yang bisa didapatkan dari sholat. Salah satunya ialah manfaat sholat hajat yang dikerjakan dengan khusyuk. Oleh sebab itu, umat Islam dianjurkan untuk mengerjakan sholat ini. Berikut ini, ada beberapa manfaat dari pelaksanaan sholat hajat yang bisa dijadikan informasi dan motivasi bagi umat Muslim yang menjalankannya. Silahkan simak manfaat-manfaat yang dimaksud:

1. Keinginan Cepat Terkabul

Faedah atau keutamaan sholat hajat yang pertama adalah keinginan cepat terkabul. Apapun yang diminta kepada Allah melalui sholat hajat, pasti dikabulkan dengan cepat. Jika merasa belum dikabulkan, mungkin apa yang diinginkan memang tidak cocok untuk umat atau ditunda pengabulannya. Sejatinya Allah lebih mengetahui apa yang baik untuk umatnya. Teruslah berusaha (ikhtiar) serta menjaga sholat hajat dengan khusuk. Iringi dengan prasangka baik niscaya doa dan keinginan akan dikabulkan.

2. Menghindarkan Diri dari Bahaya

Jika diri terasa dalam bahaya atau sedang dalam kesulitan yang besar, maka mintalah pertolongan kepada Allah dengan rajin sholat hajat. Awali dengan mengambil air wudu’ lalu berdiri untuk shalat dua rakaat setelah itu diakhiri dengan doa. Jangan lupa, selipkan di dalam doa, kesulitan atau situasi bahaya yang mengancam. Haturkan segala harapan kepada Sang Khalik supaya diri sentiasa terjaga dari hal-hal buruk seperti pertengkaran, menjadi korban kejahatan dan selainnya.

3. Mendapatkan Pengampunan Dosa

Jangan pernah menyangka kalau manfaat sholat hajat hanya seputar masalah keduniaan saja. Masalah akhirat atau ukhrawi pasti juga terselesaikan yang salah satunya dengan sholat hajat, umat Muslim akan mendapatkan pengampunan dosa dari Allah. Sholat hajat yang bisa menghadirkan manfaat di atas adalah shalat yang dikerjakan dengan khusyuk. Termasuk diselipkan istigfar di dalamnya yang diucapkan dengan perasan ikhlas penuh rasa bersalah.

4. Bersama Nabi di Surga

Faedah sholat hajat yang dinanti-nantikan oleh orang Islam ialah bisa bersama nabi di surga dan kekal di dalamnya. Tidak ada kenikmatan apapun selain melihat Allah serta tinggal bersama nabinya di Jannah. Kerjakan sholat hajat sekhusyuk mungkin dan kalau perlu sampai menitiskan air mata. Setetes air mata yang mengalir pasti akan menjadi parit penghalang diri dari neraka.

5. Meraih Cinta Allah

Orang Islam yang rajin sholat dan khusyu pasti mendapatkan cinta dari Allah. Jika sudah meraih cintaNya, tentu urusan di akhirat menjadi selesai dan hadiahnya adalah surga yang paling tinggi. Manfaat ini juga berlaku untuk sholat hajat. Muslim yang menjalankannya tentu akan mendapatkan bonus berupa keterkabulan semua keinginan. Sholat hajat dan tahajud pun sangat dianjurkan oleh nabi untuk dikerjakan dengan khusyuk dan istiqomah.

6. Mendapatkan Pahala Seperti Pahala Para Nabi

Siapapun umat Islam yang menjalankan sholat hajat dengan khusuk akan mendapatkan pahala seperti pahala para nabi. Itu artinya, pahala yang didapatkan oleh orang yang rajin sholat hajat, sangat besar dan pahala tersebut bisa membawanya ke surga tanpa hisab. Sekalipun tidak ada keinginan yang diminta, maka sholat hajat tetap bisa dilaksanakan. Allah pasti mencatatnya sebagai amal kebaikan dan si pelakunya akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda.

Itulah beberapa manfaat sholat hajat yang bisa didapatkan jika umat menjalankannya dengan khusuk dan tawaduk’. Silakan jadikan artikel ini sebagai motivasi agar pelaksanaannya lebih ringan dan untuk memunculkan rasa ikhlas juga lebih mudah.

Baca: Manfaat Membaca Al Qur’an Bagi Kesehatan