Manfaat Sedekah di Hari Jumat
Manfaat Sedekah di Hari Jumat

7 Manfaat Sedekah di Hari Jumat, Simak Ulasannya Berikut Ini

156 View

Manfaat Sedekah di Hari Jumat.

Manusia memiliki amal baik dan amal buruk yang dicatat oleh malaikat Rakib dan Atid. Amal-amal tersebut akan dilaporkan kepada Allah SWT setiap hari Jumat. Semua orang tentu ingin memiliki banyak amal baik agar bisa mendapatkan ridha Allah SWT untuk masuk surga. Disarankan melakukan amal baik seperti sedekah, apalagi manfaat sedekah di hari Jumat sangat banyak faedahnya.

Mengingat bersedekah tidak hanya dengan uang bisa dengan tenaga, berbagi ilmu, berbagi manfaat dan masih banyak lagi. Sebenarnya boleh bersedekah selain hari Jumat sebab sedekah memiliki keutamaannya sendiri. Namun lebih baik kalau dilakukan di hari Jumat, akan berlipat-lipat keutamaannya. Berikut ini manfaat sedekah saat hari Jumat yaitu:

1. Bagaikan Sedekah di Bulan Ramadhan

Pertama, manfaat sedekah di hari Jumat seperti bersedekah di bulan ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam. Bulan dimana semua orang akan berlomba-lomba mencari pahala. Dianjurkan bersedekah di hari Jumat karena pahalanya akan dilipatgandakan.

Hari Jumat ditetapkan sebagai hari yang paling utama, dimana Allah SWT memberikan karunia-Nya di hari tersebut. Hari yang paling afdhal hanya hari Jumat bukan berarti hari yang lain tidak, hanya saja Jumat sudah ditetapkan menjadi hari paling istimewa. Maka aktivitas hari Jumat, dianjurkan memperbanyak sholawat dan sedekah.

2. Memperlancar Rezeki

Seperti kata pepatah jika orang memberi itu lebih baik daripada yang menerima. Bila suka memberi maka rezeki akan dilipatgandakan. Oleh karena itu manfaat sedekah di hari Jumat adalah memperlancar rezeki baik berupa uang, tenaga, makanan atau lainnya. Rezeki akan terasa mengalir terus menerus tanpa terduga berasal dari mana.

3. Menyambung Tali Silaturahmi

Kehidupan seseorang tidak bisa disamakan semua, ada yang masih kekurangan. Bila memberi sedekah tentu akan membantu kehidupan orang lain yang kesulitan. Selanjutnya, manfaat sedekah di hari Jumat akan menyambung tali silaturahmi. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang dikenal dan bila suatu hari sedang kesulitan, bisa jadi orang yang menolong adalah orang yang menerima sedekah.

4. Meningkatkan Iman

Manusia beribadah kepada Allah SWT merupakan suatu kewajiban. Kalau mengamalkan sedekah di hari Jumat akan meningkatkan iman di hati. Hal itu terjadi karena mengetahui dalam harta yang dimiliki terdapat harta orang lain, bisa diberikan melalui sedekah atau zakat.

5. Melakukan Amalan Mulia

Hari yang paling mulia adalah hari Jumat, hari yang telah ditetapkan sebagai hari istimewa untuk umat Islam. Bila harinya saja sudah mulia otomatis saat bersedekah pada hari mulia, akan menjadi amalan mulia. Pada malam Jumat atau hari Jumat juga disarankan untuk memperbanyak amal shaleh seperti bersedekah atau dzikir dan lain sebagainya.

6. Sunnah Rasulullah SAW

Rasulullah SAW dalam Tuhfah al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib menyunnahkan bersedekah di hari Jumat. Shalat, sedekah dan berbuat amal baik disunnahkan dilakukan pada Jumat siang atau Jumat malam. Selain itu juga dilakukan secara sembunyi-sembunyi lebih baik agar tidak menimbulkan riya’ atau pamer. Sunnahnya dilakukan sebelum melakukan Sholat Jumat.

7. Memperpanjang Umur

Bersedekah tentu memiliki banyak manfaat apalagi dilakukan di hari Jumat, bisa memperpanjang rezeki bagi yang memberikannya. Jika memberikan sedekah akan bisa membuat meninggal dari khusnul khatimah. Kemudian juga membersihkan jiwa menjadi suci, selain itu dalam harta yang dimiliki terdapat hak orang lain.

Itulah manfaat sedekah di hari Jumat yang diuraikan satu persatu. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa meningkatkan iman untuk semakin mendekatkan kepada Allah SWT. Berbuat baik di hari Jumat diharapkan akan meringankan dosa-dosa, karena tidak tahu mana perbuatan yang membuat masuk surga.

Baca Juga: Cara Bahagia Menurut Islam untuk Mencapai Ketenangan Dunia dan Akhirat