Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan
manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan

Penting Diketahui, Inilah 7 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

124 View

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Berpuasa merupakan salah satu kewajiban umat islam. Kewajiban ini dilakukan pada bulan suci ramadhan. Nyatanya berpuasa tidak hanya menahan lapar serta menahan hawa nafsu belaka. Melainkan, terkandung banyak manfaat bagi seseorang yang dapat menjalankan ibadah puasa. Berikut ini merupakan beberapa manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan yang bisa dirasakan :

1. Menstabilkan Tekanan Darah

Saat seseorang berpuasa, banyak diantaranya yang merasakan manfaatnya seperti turunnya tekanan darah. Hal ini bisa dirasakan paling tidak dalam minggu pertama. Seperti sebuah  penelitian menunjukkan, jika kebanyakan orang yang memiliki kelebihan berat badan menunjukkan penurunan yang signifikan tidak hanya pada tekanan darah, melainkan juga kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida dalam darah.

2. Menurunkan Berat Badan

Bukan hal yang asing jika dengan berpuasa mampu menurunkan berat badan secara alami. Mengapa demikian? Jika di logika berpuasa adalah menahan rasa lapar dan haus. Maka secara otomatis asupan makanan ke tubuh berkurang. Sehingga membantu tubuh untuk lebih baik mencerna makanan.

Terlebih saat berbuka dilengkapi dengan aneka makanan sehat dan memulai dengan yang manis. Namun perlu diperhatikan untuk tidak makan secara berlebihan saat berbuka. Agar komposisi asupan yang diserap tubuh dapat diolah dengan baik.

3. Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian menyebutkan, jika dengan berpuasa dalam rentang waktu tertentu dapat menurunkan gula dalam darah. Berbagai sumber lain juga menyebutkan jika proses pembatasan asupan kalori ke tubuh mampu mengurangi resistensi insulin.

Oleh karenanya sensitivitas tubuh pada insulin akan meningkat. Sehingga membuat glukosa pada aliran darah dapat mengalir ke sel tubuh dengan baik. Dengan begitu, puasa bisa dilakukan oleh siapapun terlebih bagi yang tengah menderita diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebagai seorang muslim sudah sepatutnya bersyukur. Kenapa? Karena sedari kecil telah diajari dan dilatih untuk berpuasa. Sehingga menahan makan dan minum seharian tidak akan terasa berat. Karena memang manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan sangat besar. Salah satunya yakni menjaga kesehatan jantung.

Penyakit jantung masih menjadi momok bagi sebagian besar orang. Jantung merupakan penyakit terbesar penyebab kematian di dunia.  Menerapkan gaya hidup sehat adalah satu cara yang cukup efektif mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.  Beberapa studi menyimpulkan jika berpuasa mampu menjaga kesehatan jantung dengan baik.

5. Meningkatkan Kualitas Kesehatan Otak

Tidak terbayang jika ternyata berpuasa mampu melindungi kesehatan otak dan meningkatkan beberapa sel saraf untuk peningkatan produksi yang lebih kognitif.  Hal ini dikarenakan puasa mampu mencegah beberapa gangguan atau penyakit seperti alzheimer atau Parkinson.

6. Terjadi Peningkatan Pada Hormon Pertumbuhan

Apa itu hormon pertumbuhan? Hormon ini merupakan salah satu hormon penyuplai dalam proses kualitas kesehatan tubuh. Adanya hormon ini dapat mempengaruhi beberapa aspek seperti metabolisme, kekuatan otot dan penurunan berat badan. Meruntut dari beberapa penelitian, berpuasa ternyata mampu meningkatkan kadar hormon baik ini secara alami.

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Berpuasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan alami. Tidak hanya itu, beberapa studi juga menyebutkan jika berpuasa juga menurunkan resiko tertular virus seperti halnya covid 19. Karena, sistem imun dalam tubuh mampu menghadang berbagai jenis virus dan bakteri. Terlebih jika dilakukan dengan rutin dibarengi dengan pola makan yang baik dan benar.

Meski terdengar sepele, namun dengan menjalankan puasa ternyata mampu memberikan banyak manfaat dalam tubuh. Selain tubuh sehat, kesehatan rohani juga terjaga. Karena melakukan puasa juga merupakan sebuah pengabdian dan rasa sayang kepada Yang Maha Kuasa. Itulah beberapa manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan yang syarat akan manfaat.

Baca Juga: Manfaat Membaca Al Qur’an Bagi Kesehatan