Manfaat Daun Bidara dalam Islam Bagi Kesehatan Manusia
Manfaat Daun Bidara dalam Islam

5 Manfaat Daun Bidara dalam Islam Bagi Kesehatan Manusia

59 View

Manfaat Daun Bidara dalam Islam

Pohon Bidara merupakan salah satu tanaman yang disebutkan di dalam Al Quran. Salah satu penyebutannya ada pada Surat Al Waqiah pada ayat 27-31. Disebutkannya tanaman satu ini dalam Al Quran sepertinya bukan tanpa alasan. Karena manfaat daun bidara dalam islam ini memang sangatlah banyak terutama bagi kesehatan manusia.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana ini telah banyak diteliti dan dimanfaatkan sebagai obat herbal. Berbagai manfaat daun bidara ini telah ditemukan dan dikembangkan. Maka kemudian artikel ini akan membahas 5 manfaat daun bidara yang telah ditemukan bagi kesehatan manusia.

Baca: Manfaat Amalan Surat Al Waqiah 40 Hari dalam Kehidupan

1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Sebuah studi yang dilakukan oleh Pakistan Journal of Nutrition menunjukan manfaat ekstrak daun bidara untuk menurunkan kadar kolesterol. Penelitian ini dilakukan pada 2009 dan membuktikan bahwa ekstrak daun bidara dapat mencegah dan mengobati hati yang berlemak.

Daun bidara juga memiliki fungsi aterosklerosis, dan membantu penyakit yang berhubungan dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Berdasarkan penelitian yang lebih lanjut, mungkin saja daun bidara menjadi alternatif baru untuk pengobatan penyakit kolesterol. Selain itu, pemanfaatan daun bidara sebagai obat akan lebih minim efek samping dibandingkan obat kimiawi.

2. Membantu Mengatasi Sariawan

Manfaat daun bidara dalam islam yang kedua bagi kesehatan manusia adalah membantu mengatasi sariawan. Daun bidara bisa membantu menyembuhkan sariawan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab sariawan yang ada dalam mulut. Tidak hanya sariawan, daun bidara juga bisa membantu menyembuhkan berbagai masalah mulut lain seperti bibir pecah-pecah.

Daun bidara memang memiliki sifat antibakteri yang tinggi. Hal ini karena daun bidara mengandung sejumlah besar kandungan fenolik dan flavonoid. Manfaat kandungan ini bisa didapatkan jika daun bidara telah diekstrak.

 3.Sebagai Perawatan Rambut

Daun bidara memiliki kandungan yang dipercaya dapat mencegah kerontokan rambut dan juga merangsang pertumbuhan rambut baru. Karena itu daun bidara seringkali digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah, air rebusan daun bidara bisa langsung dijadikan sebagai hair tonic yang digunakan setelah mandi.

4. Memiliki Sifat Antibakteri dan Antikanker.

Daun bidara memiliki potensi yang besar sebagai alternatif pengobatan kanker dan tumor jika dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian awal yang dilakukan pada daun bidara ini dilakukan pada tahun 2015. Pada penelitian ini ditemukan kandungan dengan aktivitas antibakteri dan antikanker serta antitumor yang sangat kuat. Karena daun bidara memiliki kandungan fenolik yang menunjukan aktivitas tersebut.

5. Sebagai Perawatan Kulit

Tidak hanya rambut, daun bidara juga seringkali digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Daun bidara memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Dua kandungan ini merupakan bahan ampuh untuk melawan efek penuaan. Vitamin C memiliki fungsi untuk melawan jerawat dan mengembalikan kilau alami kulit. Sedangkan antioksidan memiliki fungsi melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel kulit yang membuat kulit kusam.

Itulah 5 manfaat daun bidara dalam islam bagi kesehatan manusia. Daun bidara memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Hal ini karena adanya kandungan seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak atsiri dalam daun bidara. Tidak hanya daunnya saja, buah dan biji dari daun bidara ini memiliki banyak kandungan yang memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Sehingga setiap bagian dari pohon yang disebutkan dalam Al Quran ini dapat memberikan kebaikan.

 

Baca Juga: Apakah Pengobatan Lintah Menurut Islam Diperbolehkan?