Manfaat Amalan Surat Al Waqiah 40 Hari dalam Kehidupan
Manfaat Amalan Surat Al Waqiah 40 Hari

Manfaat Amalan Surat Al Waqiah 40 Hari dalam Kehidupan

131 View

Amalan Surat Al Waqiah 40 Hari

Salah satu surat yang cukup dikenal oleh umat Muslim adalah Al Waqiah. Surat ke 56 ini ada di juz ke 27. Rasulullah SAW telah menjelaskan mengenai manfaat positif dari surat yang memiliki 96 ayat ini. Amalan Surat Al Waqiah 40 hari bermanfaat untuk membawa keberkahan berupa rezeki dan melenyapkan kemiskinan bagi siapa saja yang membacanya. Berikut ini manfaat dari mengamalkan Al Waqiah di kehidupan bermasyarakat:

1. Menjauhkan dari Kemiskinan

Keberkahan yang dimiliki surat Al Waqiah dapat mendatangkan banyak pahala serta dijauhkan dari kesulitan hidup seperti kemiskinan. Umat Muslim perlu rajin membaca dan mengamalkan isi surat ini untuk menimbulkan ketenangan dalam menghadapi kemiskinan, sehingga lebih terbuka pikirannya untuk menemukan jalan keluar memiliki daya juang ketika berhadapan dengan kesulitan. Keberkahannya dapat menjaga umatnya sehingga terhindar dari kehidupan yang miskin.

2. Dikabulkan Hal yang Berkaitan dengan Rezeki

Amalan surat Al Waqiah 40 hari juga memiliki keutamaan terkait dengan rezeki. Membaca surat ini 41 kali pada satu majelis serta diiringi doa yang dilantunkan dengan khusyuk dapat mendekatkan doa seseorang agar dikabulkan, khususnya yang memiliki kaitan dengan rezeki.

Umat muslim juga disarankan membaca surat Al Waqiah ketika sudah selesai shalat fardhu, shalat Maghrib, dan juga shalat Isya’. Memperbanyak sedekah, mengamalkan surat Al Waqiah di pagi dan sore hari, serta rutin membaca Sholawat Nabi dapat mendekatkan seseorang pada kelimpahan rezeki.

3. Mempermudah Sakaratul Maut

Surat Al Waqiah juga dapat membawa ketenangan bagi orang yang hendak meninggal, bukan hanya mengenai rezeki. Membacakan surat ini kepada seseorang yang sedang berada pada fase sakaratul maut dapat memudahkan ruhnya untuk meninggalkan tubuh, sehingga orang tersebut tidak perlu merasakannya terlalu lama.

4. Dihindarkan dari Kefakiran

Menjalankan amalan surat Al Waqiah 40 hari bisa membawa seseorang pada kemudahan rezeki. Selama membaca surat tersebut rezeki dapat mengalir dari berbagai sisi, artinya 40 hari tersebut akan penuh dengan keberkahan.

Rezeki sendiri bukan hanya terkait harta benda namun juga bentuk lain seperti kesehatan, keluarga, dan lain sebagainya. Hadis dari Anas bin Malik menyarankan perempuan untuk sering membaca Al Waqiah serta mengajarkan kepada anaknya, sehingga rezeki keluarga dapat terus terjaga.

5. Dilindungi dari Kejahatan Dunia

Pada kehidupan, hal apa saja bisa terjadi termasuk kejahatan yang tidak terduga. Membaca dengan rutin Al Waqiah dapat menjadi tameng untuk melindungi seseorang dari berbagai hal mudharat di dunia. Banyak perempuan dan juga anak-anak yang dibiasakan untuk membaca surat Al Waqiah setiap harinya. Hadis Rasulullah juga menjelaskan bahwa saat anaknya yakni Abdullah sedang sakit keras, beliau melantunkan Al Waqiah untuk kesembuhan putranya.

6. Diberi Ketenangan Jasmani Maupun Rohani

Bagi umat yang sering melakukan amalan surat Al Waqiah 40 hari akan dikaruniai perasaan tenang baik jasmani maupun rohani, meskipun belum sepenuhnya mengetahui arti suratnya. Hadis dari Tsawabul A’mal menjelaskan bahwa jika membaca Al Waqiah menjelang waktu tidur, akan menjumpai Allah dengan wajah yang serupa bulan purnama.

Salah satu bentuk ketenangan ini adalah Tauhid. Tauhid merupakan sifat percaya kepada Allah dalam berbagai urusan dunia. Artinya memiliki keyakinan bahwa Allah SWT sudah mengatur kehidupan seseorang, termasuk di antaranya rezeki. Memiliki kepercayaan ini dapat menjauhkan dari ekspektasi berlebihan, sehingga tetap melakukan usaha yang terbaik namun juga menyerahkan kembali pada Allah.

Demikian keutamaan melakukan amalan Surat Al Waqiah 40 hari. Meski surat ini dapat mendatangkan rezeki, perlu diingat bahwa kebaikan sebuah rezeki tidak selalu dalam bentuk materi yang berkelimpahan. Benar bahwa uang merupakan salah satu cara mengatasi masalah kehidupan, namun begitu juga dengan keluarga yang solid, fisik yang sehat dan kesehatan mental yang terjaga.

 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bidara dalam Islam Bagi Kesehatan Manusia