kisah nabi sulaiman dan jin
kisah nabi sulaiman dan jin

Kisah Nabi Sulaiman dan Jin yang Penuh dengan Hikmah

251 View

Ada banyak kisah Nabi Sulaiman dan jin. Banyak dari kisah-kisah itu memang sudah menjadi legenda contohnya adalah kisah saat Nabi Sulaiman AS mengumpulkan tentara-tentaranya yang terdiri dari beberapa makhluk. Jin rupanya telah berusaha mengganggu kehidupan manusia sejak dulu, tidak peduli jika itu manusia bijak seperti Nabi Sulaiman. Kisah nabi dan jin ini hendaknya bisa dijadikan pelajaran bagi umat Muslim. Penasaran? Yuk, simak!

1. Jin Tunduk pada Nabi Sulaiman

Kisah Nabi Sulaiman dan jin yang terkenal antara lain saat Nabi Sulaiman AS menminta semua prajuritnya berhimpun di halaman istana. Sulaiman ternyata memiliki prajutit dari kalangan orang, jin, serta binatang yang berupa makhluk bersayap. Prajurit itu berbaris dengan tertib. bahkan pada surat Al Anbiya dikatakan bahwa angin pun tunduk pada nabi yang juga menjadi raja yaitu Sulaiman AS.

2. Sulaiman Marah Ketika Mendapati Kitab Sihir

Ada satu kisah nabi sulaiman dan jin berikutnya yakni, nabi sempat murka sesudah menemui kitab-kitab ilmu sihir yang dimiliki para penyihir atau dukun. Penyihir itu mendapat keterangan yang sebetulnya tak diizinkan dikatakan dari para jin yang menghimpun berita dari malaikat secara tidak resmi. Jin memberi keterangan hasil curian pada para dukun serta penyihir. Dukun dan penyihir itu yang membuat kitab sihir yang tak disukai Nabi Sulaiman.

3. Membawa Singgasana Ratu Bilqis

Suatu ketika Nabi Sulaiman AS berbincang dengan prajuritnya sebagaimana dikisahkan di  An Naml ayat 38 sampai 42. Sulaiman bertanya pada para prajurit “Siapa di antara mereka yang dapat mendatangkan tahta singgasana Ratu Bilqis dihadapannya sebelum Bilqis datang menyerahkah diri?”. Jin Ifrit menjawab tantangan Nabi Sulaiman dan mengatakan bahwa dia kuat dan bisa mendatangkan singgasana Bilqis ke hadapan Nabi Sulaiman sebelum Nabi Sulaiman bangkit dari tempat duduknya. Ahli kitab juga sesumbar akan membawa singgasana Balqis sebelum Nabi Sulaiman berkedik.

Baca: Kisah Nabi Sulaiman dan Jin yang Merebut Cincinnya

Kemudian, tiba-tiba memang singgasana Bilqis sudah berada di hadapan Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman bersyukur. Kemudian Nabi Sulaiman meminta orang mengubah singgasana Bilqis untuk menguji apakah Bilqis mengenalinya singgasananya. Bilqis mengenali singgasananya, kemudian menyerahkan dirinya.

4. Jin Tidak Tahu Kapan Nabi Sulaiman Wafat

Kisah Nabi Sulaiman dan jin berlanjut dimana jin gentar dan takut membantah Nabi Sulaiman. Tak ada satu jin pun yang berani memandangi Nabi Sulaiman sebab jin itu bisa terlingkupi api. Tetapi salah satu jin menembusi dinding di dekat Nabi Sulaiman beberapa kali dan heran mengapa ia tidak terbakar. Kenyataannya tanpa diketahui jin Nabi Sulaiman telah berpulang. Jin kemudian menyaksikan Nabi Sulaiman jatuh dalam keadaan sudah wafat. Jin telah menaruh rayap pada tongkat bersandar Sulaiman guna memperkirakan kapan Sulaiman berpulang. Pertanda bahwa jin tidak maha tahu.

5. Jin Hendak Menunjukkan Harta Sulaiman

Sesudah Nabi Sulaiman wafat, jin menyamar menjadi orang dan menggoda bani Israil bahwa jin akan menunjukkan tempat harta Nabi Sulaiman berada. Bani Israil yang menuruti jin tidak mendapatkan harta karun kecuali buku-buku ilmu sihir.Jin menipu Bani Israil bahwa itu adalah catatan Nabi Sulaiman yang memberdaya bani Israil pakai sihir. Bani Israil telah ditipu oleh jin tersebut.

Demikian lima kisah Nabi Sulaiman dan jin di antara banyak kisah lainnya. Kesimpulan yang bisa diambil adalah jin selalu berupaya memperdaya manusia bahkan jika itu manusia bijak yang dijuluki nabi segala makhluk. Bahkan, sampai sekarang pun sebagai manusia harus berhati-hati karena tidak mustahil jin masih berusaha memperdaya manusia sampai sekarang ini.

BACA JUGA: 5 Manfaat dan Hikmah Aqiqah dan Qurban dalam Agama Islam