kisah nabi khidir dan jin
kisah nabi khidir dan jin

Kisah Nabi Khidir dan Jin yang Sangat Perlu Dipahami Umat Islam

664 View

Kisah Nabi Khidir As memang menjadi salah satu kisah yang memiliki banyak teladan dan hikmah. Salah satu yang sangat terkenal tentu cerita mengenai perjalanan Nabi Khidir dan Nabi Musa. Cerita lain yang juga banyak diperbincangkan adalah kebenaran tentang kisah Nabi Khidir dan jin. Kisah satu ini sempat merebak dan tersebar dengan berbagai versi dalam dunia maya maupun secara lisan. Kebenaran dari kisan ini pun sebenarnya masih dipertanyakan benar atau tidaknya. Lalu, bagaimana dan benarkah kisah tersebut pernah terjadi? Simak ulasannya berikut ini: 

Benarkah Nabi Khidir Masih Hidup? 

Sebelum masuk ke dalam kisah nabi khidir dan jin secara keseluruhan, sebaiknya ketahui dulu tentang siapa Nabi Khidir itu. Nabi Khidir dikisahkan sebagai Nabi pengembara yang sering menemani perjalanan para Nabi yang lain, salah satu cerita terkemuka tentu saja kisah perjalanan Nabi Khidir dan Nabi Musa. Beberapa bahkan menganggap bahwa Nabi Khidir Masih hidup sebagai Nabi Pengembara. Namun, dalam QS. Al-Anbiya’ ayat 34 menyebutkan bahwa tidak ada manusia yang kekal bahkan termasuk Nabi Muhammad SAW. 

Hal ini pun diperkuat dengan pendapat para ulama yang juga masih mempertanyakan kebenaran dari berbagai cerita pertemuan manusia dengan Nabi Khidir. Diriwayatkan bahwa sebenarnya kisah pertemuan dengan Nabi Khidir hanya terjadi pada zaman sahabat Nabi. Hal ini tentunya akan menjadi pertanyaan bila tiba-tiba ada yang mengaku pernah bertemu Nabi Khidir. 

Kisah Pertemuan dengan Nabi Khidir 

Pertemuan dengan Nabi Khidir tentunya akan menjadi satu perjalanan hidup yang juga luar biasa karena akan banyak hikmah yang didapat. Namun, tentu hal ini menjadi janggal diperdengarkan bila diceritakan oleh manusia biasa. Nah, berikut ini adalah 5 kebenaran tentang pertemuan dengan Nabi Khidir yang perlu dipahami:

1. Bertemu dengan Jin 

Salah satu yang perlu dipahami tentang kisah Nabi Khidir dan Jin adalah adanya pertemuan yang salah diartikan. Menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah bahwasannya manusia yang mengaku bertemu dengan Nabi Khidir bisa saja sebenarnya adalah bertemu dengan jin. Hal ini diyakini karena pada dasarnya para sahabat Nabi yang bertemu dengan Nabi Khidir tidak ada yang mengatakan secara gamblang. Begitu juga dengan sosok Nabi Khidir yang menemui seseorang, tidak akan mengaku bahwa beliau adalah Nabi Khidir. 

2. Jin yang Mengaku Nabi Khidir

Salah satu hal yang sering terjadi sebenarnya dari berbagai cerita tentang pertemuan dengan Nabi Khidir adalah kisah nabi khidir dan jin yang pada saat itu Nabi mendapat kebohongan dari jin. Hal ini banyak diungkapkan oleh beberapa Ulama bahwa sebenarnya yang menemui manusia adalah jin. 

Pernyataan ini bisa diungkapkan karena pada nyatanya banyak sekali orang yang mengaku telah didatangi oleh Nabi Khidir. Padahal Nabi Khidir tidak akan mengatakan siapa beliau begitu saja pada saat menemui seseorang. Hal inilah yang akhirnya ditakutkan oleh para Ulama bahwa sebenarnya yang menemui sebagian besar dalam kisah tersebut adalah jin. 

3. Berhati-hati dengan Siasat Jin 

Pertemuan Nabi Musa dengan Nabi Khidir pun diriwayatkan oleh Syaikhul Islam rahimahullah bahwasannya saat Nabi Khidir sudah wafat saat menemui Nabi Musa. Sedangkan, yang menemui orang-orang di zaman sekarang ini adalah penyerupaan dari jin. Hal inilah yang seharusnya selalu dipahami oleh setiap orang agar selalu berhati-hati dengan siasat dari jin. Bisa saja pengakuan yang dilakukan oleh jin ini nantinya akan menyesatkan manusia. 

Nah, itulah tadi kisah Nabi Khidir dan jin yang perlu sekali untuk dipahami oleh manusia. Jangan asal percaya dengan cerita-cerita orang awam tentang pertemuan dengan Nabi tentu menjadi satu hal yang harus dilakukan. Tentunya selain bisa saja menjadi satu kepercayaan yang salah jalan, hal ini juga bisa saja satu bentuk siasat buruk dari jin untuk menyesatkan. 

BACA JUGA: Kisah Nabi Sulaiman dan Jin yang Penuh dengan Hikmah