Keutamaan dan Pahala Berkurban Ketika Idul Adha
Keutamaan dan Pahala Berkurban Ketika Idul Adha

Apa Saja Keutamaan dan Pahala Berkurban Ketika Idul Adha

123 View

Keutamaan dan Pahala Berkurban

Sejauh yang diketahui bahwa hari raya besar umat Islam ada dua yaitu Idul Fitri identik dengan puasa dan Idul Adha dengan berkurban. Para Muslim tentu mengetahui apa yang menjadi tuntutan pada kedua hari raya tersebut. Mungkin sebagian orang akan bertanya apa saja keutamaan dan pahala berkurban yang dilakukan ketika Idul Adha?

Islam menjanjikan berbagai manfaat, keutamaan, dan pahala yang besar bagi umat Islam yang dapat melaksanakan kurban. Tidak hanya satu atau dua, sebenarnya balasan yang akan diterima sangat banyak sebagai bekal akhirat. Lantas apa saja keutamaan dan pahala bagi orang yang berkurban ketika melaksanakannya? Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Membawa Pahala Untuk Orang Terdekat

Melakukan kurban kambing, domba, atau sapi ternyata dapat menularkan dan membawa pahala bagi keluarga. Apabila dalam satu keluarga hanya dapat berkurban satu ekor kambing, maka dapat dihitung sebagai kebaikan dari keluarga tersebut. Jadi bagi orang yang ingin berkurban tidak perlu ragu karena setiap perbuatan akan disesuaikan dengan niat awal.

2. Meningkatkan Derajat di Sisi Allah

Berkurban dapat meningkatkan derajat di sisi Allah karena patuh dan menjalankan perintah sebagai hamba yang taat. Kenaikan derajat ini juga akan meningkatkan kasih sayang Allah kepada orang tersebut karena kehidupan di dunia tidak sia-sia. Hal ini akan membantu ketika pertimbangan di akhirat atau melewati jembatan shiratal mustaqim sebelum memasuki surga.

3. Tabungan Amal di Akhirat

Tabungan ini maksudnya adalah simpanan-simpanan yang dikumpulkan untuk memberatkan timbangan amal baik ketika masa penimbangan tiba. Kumpulan dari amal baik diperlukan karena apabila amal buruk yang lebih berat akan mempersulit untuk masuk surga. Selain itu, tabungan amal ini juga berkaitan dengan perilaku atau hal-hal yang dilakukan ketika kehidupan di dunia.

4. Diselamatkan dari Bahaya di Dunia dan Akhirat

Setiap kehidupan baik di dunia dan di akhirat tentu mengandung bahaya, namun bentuk bahayanya tentu berbeda-beda. Misal bahaya di dunia seperti ancaman kecelakaan, godaan harta, bencana alam, dan sebagainya sedangkan ancaman neraka di akhirat. Lantas berkurban akan membantu menyelamatkan ketika terdapat bahaya yang mengancam di dunia maupun di akhirat.

5. Pahala yang Terus Mengalir

Keunikan dari berkurban adalah menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada masyarakat sekitar atau yang membutuhkan. Dimulai dengan mencari dan membeli hewan kurban, maka setiap usaha yang dilakukan akan dihitung sebagai kebaikan. Begitu juga dengan menyembelih, membagikan, hingga orang-orang memakannya merupakan bentuk kebaikan yang terus mengalir.

6. Bentuk Syiar Agama

Ketika melakukan kurban pada Idul Adha, pasti telah mengetahui bahwa berkurban adalah perintah Allah disamping mendapat pahala yang besar. Tidak hanya itu, melalui berkurban seseorang telah dianggap memperlihatkan syiar Islam sesuai dengan sunnah yang diajarkan. Hal ini juga dapat berefek ke luar umat Islam karena mencerminkan Islam yang merangkul umat tidak mampu.

7. Malaikat Ikut Mendoakan

Poin terakhir dari apa saja keutamaan dan pahala berkurban ketika Idul Adha, meskipun masih banyak ganjaran lain yang dijanjikan oleh Allah. Kepatuhan menjalankan perintah Allah pasti akan diberikan balasan salah satunya malaikat yang berada dekat dengan Allah. Malaikat yang ikut membantu mendoakan orang yang berkurban merupakan salah satu doa yang luar biasa.

Pertanyaan mengenai apa saja keutamaan dan pahala berkurban tentu telah terjawab, sehingga mungkin timbul keinginan untuk berkurban. Kendati demikian, seseorang harus memastikan dan memantapkan niat agar mendapatkan manfaat yang baik. Pahala, kebaikan, manfaat, dan ganjaran yang dijanjikan akan diperoleh ketika sebagai bekal di akhirat agar memberatkan perhitungan kebaikan.

 

Baca : Manfaat dan Hikmah Aqiqah dan Qurban dalam Agama Islam