Keistimewaan dan Manfaat Puasa Sunah Senin Kamis
Keistimewaan dan Manfaat Puasa Sunah Senin Kamis

6 Keistimewaan dan Manfaat Puasa Sunah Senin Kamis Penting Diketahui

95 View

Keistimewaan dan Manfaat Puasa Sunah Senin Kamis

Puasa dianggap sebagai amalan yang sangat bermanfaat bagi semua umat yang menjalankannya. Salah satu puasa yang dianjurkan adalah puasa sunah Senin Kamis. Nabi Muhammad SAW yang menjadi panutan setiap umat Islam, telah memberikan contoh dengan menjalankan puasa sunah ini. Kenapa hari Senin dan Kamis sangat istimewa? Berikut alasannya:

1. Hari Kelahiran Nabi

Rasulullah SAW dilahirkan pada hari Kamis tanggal 12 Rabiul Awal. Dikutip dari Hadits, Abu Hurairah RA mengisahkan bahwa Nabi SAW mengatakan bahwa beliau berpuasa di hari Senin karena itu adalah hari kelahiran beliau. Tentunya, bagi umat muslim hari ini juga lebih istimewa, karena kelahiran Rasulullah merupakan kebahagiaan paling besar. Bagi siapa yang merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW akan mendapat syafaat di akhirat.

Baca: Penting Diketahui, Inilah 7 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

2. Hari Saat Muhammad Menjadi Rasul

Hari Senin istimewa karena hari inilah Allah menitahkan Muhammad SAW sebagai Nabi terakhir. Allah menakdirkannya sebagai manusia yang ummi dan menjauhkannya dari dosa sejak beliau masih kecil. Allah sudah membersihkan hati Muhammad sejak kecil, sehingga Rasulullah sudah memiliki sikap bijaksana, ksatria, santun, dan jujur.  Beliau menjadi panutan yang tiada duanya bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.

3. Wahyu Pertama Turun

Pada hari Senin, wahyu pertama diturunkan melalui Malaikat Jibril. Betapa istimewanya hari ini karena Al-Quran pertama kali turun dan Muhammad menerima perintah untuk mendakwahkan agama Islam dengan Al Quran sebagai petunjuk dan pedoman bagi seluruh umat Islam. Peristiwa yang sangat penting ini turun di hari Senin yang menandakan keistimewaan hari ini.

4. Pintu Surga Dibuka

Mengutip dari Hadits, Abu Hurairah RA menyebut bahwa Rasulullah bersabda bahwa hari Senin dan Kamis saatnya pintu surga dibuka. Setiap orang yang beriman tentunya mendambakan bisa masuk surga. Tempat dimana segala kenikmatan yang tidak terbayangkan berada. Maka dengan menjalankan puasa di hari istimewa ini diharapkan kelak bisa berada di sana.

Sebenarnya, selain dibukakannya pintu surga kepada orang yang melakukan puasa sunah Senin Kamis ada manfaat lain pula yang bisa dirasakan. Apakah itu? yakni dipermudah segala urusannya di dunia. Untuk bisa merasakan hal ini, maka puasa Senin Kamis harus dilakukan secara istiqomah dan semata-mata memohon pertolongan Allah swt.

5. Saatnya Dosa Umat Diampuni

Pada saat ini pula Allah SWT memberikan kemurahannya dengan mengampuni dosa pada umatnya, terkecuali bagi dua saudara yang berseteru, sebelum keduanya berbaikan tidak akan ada pengampunan dosa. Sebagai manusia tidak akan pernah luput dari dosa, baik sengaja maupun tidak. Pengampunan dosa merupakan berkah yang sangat besar yang diharapkan setiap umat.

6. Hari Pelaporan Amalan

Pada hari yang istimewa ini semua amalan umat dilaporkan kepada Allah SWT, sehingga Nabi SAW menjalankan puasa di hari ini agar amalan puasa beliau di catat di hadapan Allah. Jika Rasulullah yang merupakan hamba Allah paling mulia, masih berusaha untuk mengumpulkan catatan amalan baiknya, apalagi kita seharusnya lebih banyak lagi melakukan usaha dalam mengumpulkan amalan.

Berabad – abad yang lalu Rasulullah SAW mengajarkan kebaikan dalam berpuasa, yang mana di era modern ini ilmu pengetahuan membuktikan manfaat baik dari menjalankan puasa. Berpuasa kini juga telah menjadi bagian dari gaya hidup, yang dalam bahasa kerennya disebut intermittent fasting.

Kebiasaan berpuasa memberikan manfaat kesehatan yang baik diantaranya termasuk penurunan berat badan, mengontrol gula darah, baik untuk kesehatan jantung, fungsi otak, dan pencegahan kanker. Selain mendapatkan pahala dari amalan yang dijalankan, menjalankan puasa sunah Senin Kamis juga membawa manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

 

Baca Juga: Hukum Puasa Belum Mandi Wajib dan Tata Caranya