Jauhilah Sifat Sombong
Jauhilah Sifat Sombong

Jauhilah Sifat Sombong

220 View

Jauhi sifat Sombong

Sahabat sekalian,

Dianjurkan bagi kita untuk belajar bersikap tawadhu (rendah hati) dan menjauhi sifat sombong.

Guru kita Ustad Hakim Bawazier pernah berpesan agar merendah seperti tanah, walau itu tidaklah mudah.

Karena pada hakikatnya kita akan kembali ke tanah.

Langkah pertama sahabat sekalian adalah memahami bahwa tidak ada yang bisa disombongkan dalam diri kita.Karena sekali lagi hakikatnya semua “milik” kita hanyalah titipan dari Allah.

Sebagaimana nasihat di bawah ini yang dikutip dari Habib Alwi shahab

  1. Janganlah kalian menjadi sombong karena kalian adalah penduduk suatu kota yang hebat (Tarim, atau Madinah, atau Makkah). Ingatlah Adam as, dulu penduduk surga lalu diturunkan ke bumi karena maksiat.
  2. Janganlah kalian menjadi sombong karena ilmu. Ingatlah Bal’am bin ‘Aura (murid didikan Nabi Musa sehingga menjadi ulama,  namun murtad karena tawaran dunia), ilmunya tak memberikan manfaat bagi dirinya.
  3. Jangan kalian menjadi sombong karena nasab yang mulia. Ingatlah anak Nabi Nuh termasuk orang yang celaka, padahal ia anak seorang nabi.
  4. Janganlah kalian menjadi sombong karena pernah bertemu dengan melihat orang-orang sholeh. Ingatlah Abu Jahal dan Abu Lahab bertemu dan melihat Nabi Muhammad ﷺ,  tetapi pertemuan itu tak bermanfaat bagi mereka.
  5. Janganlah kalian menjadi sombong karena ibadah kalian. Ingatlah Iblis yang telah sujud beribadah di setiap jengkal tanah di bumi ini, tetapi semua itu tak bermanfaat baginya.

Demikian sedikit nasehat untuk para sahabat, semoga bermanfaat..

Baca Juga: Cara Bahagia Menurut Islam untuk Mencapai Ketenangan Dunia dan Akhirat

sumber: Tim divisi dakwah Syiar Dalam Gelap