cara menghilangkan keraguan menurut islam
cara menghilangkan keraguan menurut islam

Ragu-ragu? Inilah Cara Menghilangkan Keraguan Menurut Islam!

311 View

Cara Menghilangkan Keraguan Menurut Islam

Kehidupan manusia tidak akan lepas dari masalah dan pilihan. Tidak sedikit di antara manusia yang ragu dalam mengambil keputusan. Lalu, bagaimana untuk menghilangkan keraguan tersebut. Terdapat beberapa cara menghilangkan keraguan menurut Islam yang bisa dicoba. Pada dasarnya, setiap keputusan yang diambil bergantung pada kebutuhan masing-masing individu. Jadi, setiap pilihan sama-sama memiliki kebaikan, yang membedakan hanyalah kebutuhan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan keraguan tersebut? Yuk simak informasinya!

1. Sertai dengan Niat yang Kuat

Cara menghilangkan keraguan menurut Islam yang pertama yakni dengan niat yang kuat. Pastikan keputusan yang diambil disertai niat dan tekad kuat. Ketika, niatnya sudah tulus, maka keraguan pun dapat terhindarkan. Keputusan yang diambil pun dapat dilaksanakan lebih cepat. Penyertaan niat dalam melakukan sesuatu amat dianjurkan dalam Islam. Hal ini sebagai salah satu tanda keseriusan terhadap tindakan yang dilakukan. Ketika dilakukan dengan niat serius, maka keraguan pun dapat dihindari.

2. Lakukan Istikharah

Situasi ketika dihadapkan dalam suatu pilihan, tentu amat membingungkan dan dapat memicu keraguan. Islam mengajarkan untuk senantiasa melaksanakan shalat Istikharah guna mendapatkan petunjuk untuk memilih pilihan yang tepat. Shalat Istikharah dianjurkan untuk dilakukan setelah shalat Isya. Melakukan shalat Istikharah sebagai salah satu bentuk ikhtiar dalam mendapatkan pilihan yang tepat. Melalui Istikharah, seseorang bisa mendapatkan pencerahan terhadap keputusan yang diambil. Selain itu, tidak akan ada keraguan lagi yang menghadang pikiran.

3. Ikuti Kata Hati

Jangan lupa untuk bertanya pada diri sendiri terkait apa yang benar-benar dibutuhkan. Jika ada keganjilan dalam hati, maka jangan memaksakan kehendak. Selain itu, ditambah dengan keraguan yang menyelimuti hendaknya dihiraukan. Pilihlah tindakan yang paling membuat hati tenang, dan mantapkan dengan tekad yang kuat. Hal ini akan membantu menghilangkan keraguan dalam diri.

Kata hati adalah salah satu hal yang tidak bisa dibohongi. Senantiasa peka terhadap segala hal yang menimpa diri. Selain itu, perasaan dalam hati akan menjadi penentu tindakan yang dilakukan. Hal ini sebagai bukti, sedalam-dalamnya menyimpan rasa sakit di hati, tetap saja akan tampak, baik dalam tutur kata, tindakan, dan sebagainya.

4. Hindari Penyesalan

Kegagalan yang menerpa bukan berarti disebabkan pilihan yang diambil salah. Melainkan ada langkah lainnya yang mesti dihadapi untuk mencapai kesuksesan yang hakiki. Untuk menghilangkan keraguan, cobalah hindari sebuah penyesalan yang biasanya membuat sebagian orang ragu untuk kembali mengambil keputusan. Menyesali yang terjadi sama halnya tidak menerima takdir yang Allah SWT gariskan. Maka dari itu, penting sekali menghindari sebuah penyesalan. Hal ini akan membantu dalam menetapkan keputusan tanpa keraguan.

5. Melakukan Konsultasi

Terjebak dalam keraguan, cobalah untuk melakukan konsultasi. Cari tahu pendapat orang lain terhadap keputusan yang ingin dipilih. Menurut ajaran Islam, seseorang wajib untuk mengikuti jejak para alim ulama. Berkonsultasilah dengan ulama terdekat, ceritakan setiap hal yang meragukan. Segenap wawasan serta pengetahuan yang dimiliki para ulama akan membantu memecahkan masalah yang menimpa. Setidaknya dengan berkonsultasi, keraguan dapat dihilangkan. Selain itu, akan lebih tercerahkan terkait keputusan yang dipilih.

6. Hiraukan yang Meragukan

Cara menghilangkan keraguan menurut Islam lainnya yakni dengan menghiraukannya. Islam mengajarkan untuk senantiasa tidak ragu-ragu terutama ketika melakukan ibadah atau pun amalan baik. Sebagai contoh, keraguan yang muncul ketika ingin bersedekah hendaknya dihiraukan. Pada dasarnya keraguan tersebut merupakan bisikan syaitan. Alih-alih tenggelam dalam keraguan, lakukan ibadah dan amalan baik dengan ketulusan. Situasi ini kerap menyerang banyak manusia. Lantas, cukup hiraukan saja keraguan yang menghadang. Sebaliknya, lakukan ibadah dengan penuh khusyu’.

Demikianlah ulasan singkat terkait cara menghilangkan keraguan menurut Islam. Tidak perlu tenggelam dalam keraguan. Pada dasarnya keraguan akan terkalahkan dengan keyakinan yang amat mendalam. Jadi, senantiasa meyakini apapun keputusan yang diambil merupakan pilihan yang paling tepat.

Baca Juga: Cara Sholat Khusyu Yang Perlu Dipahami Sejak Dini