Amalan Penghapus Dosa Besar
Amalan Penghapus Dosa Besar

Inilah 6 Amalan Penghapus Dosa Besar yang Mudah Dilakukan

186 View

Amalan Penghapus Dosa Besar

Manusia tentu tidak ada yang sempurna. Setiap hari manusia pasti melakukan kesalahan karena pada dasarnya tidak bisa luput dari suatu kesalahan. Seiring berjalannya waktu maka dosa yang diperbuat tentu akan terus bertambah banyak. Adanya dosa tersebut memberikan keinginan untuk menghapus dan mengurangi dosa. Alhasil banyak orang mencari dan ingin tahu apa saja amalan penghapus dosa besar.

Dosa yang tergolong besar seperti syirik atau menyekutukan Allah SWT. Dari banyaknya perbuatan haram dosa kecil yang dikerjakan oleh manusia tentu akan ada dosa besar. Setidaknya sebagai manusia dapat memberikan suatu usaha untuk mengurangi dosa yang diperbuatnya dengan mengerjakan amalan-amalan penghapus dosa. Simak, berikut adalah amalan penghapus dosa yang dapat dilakukan:

 

Baca: 5 Amalan Penghapus Dosa Zina yang Paling Mudah Dilakukan

1. Mengerjakan Shalat Taubat

Amalan penghapus dosa besar yang pertama adalah mengerjakan shalat taubat dan kemudian berjanji kepada Allah yang Maha Pengampun untuk tidak mengulangi perbuatan dosa-dosa itu kembali. Hal tersebut ternyata dijelaskan dalam Al-Qur’an, di dalamnya menerangkan bahwa setiap muslim yang melakukan perbuatan keji atau dosa maka akan meminta ampunan kepada Allah SWT.

2. Beramal dan Mengerjakan Perbuatan Baik

Mengejarkan suatu perbuatan baik dan menjauhi perbuatan buruk juga dapat menghapus dosa besar. Hal tersebut diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi yang artinya: “Iringilah suatu perbuatan dosa dengan suatu kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapusnya”. Tidak hanya itu di dalam Al-Qur’an juga dijelaskan berbuat baik seperti solat lima waktu itu dapat menghapus dosa.

3. Senantiasa Berdzikir

Amalan penghapus dosa besar yang ketiga ini adalah membaca dzikir. Banyak sekali kalimat penyejuk hati atau dzikir yang telah diketahui oleh sebagian orang muslim. Bahkan terdapat dzikir khusus penghapus dosa besar tersendiri. Contoh dari kalimat dzikir itu seperti tasbih, Hamdallah, takbir dan masih banyak lagi. Dzikir juga dapat dibaca dimana saja dan waktu kapan saja.

4. Berpuasa

Puasa juga menjadi salah satu amalan untuk menghapus dosa-dosa. Tidak hanya itu dengan berpuasa juga dapat menjauhkan diri dari perbuatan haram atau dosa. Yang paling utama dianjurkan adalah melaksanakan puasa ramadhan, apabila dikerjakakan secara ikhlas maka perbuatan dosa yang lalu akan diampuni oleh Allah. Adapun puasa Sunnah lainnya juga dapat dikerjakan.

5. Bersedekah

Sedekah merupakan mengambil sebagian harta kemudian memberikan harta tersebut kepada orang yang membutuhkan atau kaum duafa dengan tujuan untuk membantu. Bersedekah Menjadi salah satu amalan penghapus dosa. Sedekah juga tidak melulu memberi uang, tetapi dapat berupa pertolongan, berdakwah, memerdekakan budak dan lainnya.

6. Senantiasa Sabar Menghadapi Musibah dan Ujian

Musibah banyak sekali jenisnya seperti terkena sakit, kebanjiran, kebakaran ataupun hal lainnya juga termasuk amalan penghapus dosa. Seperti kalimat yang sering didengar Allah selalu menguji hamba-Nya dengan suatu penyakit atau musibah dan akan menggugurkan dosa-dosanya. Untuk itu apabila sedang diuji dengan suatu penyakit atau musibah hendaknya bersabar, ikhlas dan tawakkal kepada Allah.

Manusia memang gudangnya dari kesalahan. Karena kembali lagi di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna selain Nabi Muhammad Saw. Untuk itu, setidaknya manusia berusaha untuk mengurangi dosa-dosa yang telah diperbuat. Itulah amalan penghapus dosa besar yang telah dijelaskan di atas. Namun yang paling utama dalam menghapus dosa adalah melaksanakan sholat tobat. Setelah melaksanakan itu maka akan diikuti pula kebaikan dan perbuatan baik serta amalan penghapus dosa yang turut mengikutinya.

 

Baca Juga: Cara Berhias Menurut Islam yang Baik, namun Sering Diabaikan