Hikmah Surat Al Fatihah
Hikmah Surat Al Fatihah

Hikmah Surat Al Fatihah Baik Dibaca Setiap Hari

342 View

Surat yang dikenal sebagai surah pembuka untuk segala kegiatan yang dilakukan baik dalam bacaan salat, saat akan membaca AL-QUR’AN serta kegiatan lain. Pada penjelasan di dalam ayat AL-QURAN serta hadist juga jelas mengenai hukum serta hikmah surat Al Fatihah bagi umat muslimin. Beberapa hikmah yang akan didapatkan dengan mengamalkan surat Al-Fatihah dalam segala kegiatan keseharian akan dijelaskan dalam ulasan di bawah ini:

1. Kemudahan Saat Sedang Memiliki Hajat

Ada sebuah hadis yang isinya adalah Al-Fatihah lima quriat laba yang memiliki artian jika bacaan dari surat pembuka ini bergantung kepada hal yang diniatkan. Dengan begini dipercayakan apabila membaca Surat ini terlebih dahulu baru kemudian membacakan niat yang ingin dilakukan atau hajat apa yang diinginkan InsyaAllah hajat tersebut akan terkabul.

2. Obat Paling Mujarab

Kutipan surah Al-Isra pada ayat 82 yang menegaskan jika Allah telah menjelaskan bahwasanya ada obat untuk berbagai macam penyakit. Maka dengan membaca surat Al-Fatihah dengan benar pada minuman atau tepatnya air putih sebelum diminum dipercaya akan menyembuhkan dari penyakit. Hal ini juga yang mendasari surah Al-Fatihah juga disebut dengan As-Syifa yang memiliki artian sebagai obat.

3. Syarat Sah Dalam Shalat

Membaca Al Fatihah termasuk kedalam salah satu syarat sah nya sholat. Pada sebuah hadits menyebutkan jika nabi Muhammad SAW bersabda “Barang siapa saat salat tidak membaca ummul Quran di dalamnya maka salatnya adalah khidah sebanyak 3 kali yaitu tidak sempurna”. Surah fatihah ini nantinya akan dibacakan setelah niat serta 

4. Jalan Membuka Pintu Langit

Hal ini dijelaskan pada hadits Abul Anwas Salam Ibnu Salim, Amman Ibnu Zuraiq dan Abdullah Ibnu Abdurrahman Ibnu Abu Laila serta Sa’id Ibnu Jubair. Yang dimana hadist tersebut juga telah diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Pada kitab shahih miliknya serta diriwayatkan pula oleh Imam Nasal pada kitab sunannya. Isinya mengatakan jika Ibnu Abbas berkata “Saat kami sedang bersama rosulullah yang juga sedang bersama malaikat Jibril. Jibril tiba-tiba mendengar gemuruh dari atas lalu berkata jika itu suara pintu langit yang terbuka dan pintu itu belum pernah dibuka sama sekali. Kemudian turun malaikat dan mendatangi nabi” 

Pada hadist yang sama pula juga menceritakan seorang malaikat turun dari langit mendatangi nabi Muhammad dan berkata suatu hal pada nabi. Malaikat tersebut berkata : ” Bergembiralah karena dua cahaya yang telah diberikan kepadamu, tak ada sebelumnya seorang nabi pun yang diberikan keduanya, yaitu Fatihatul kitab serta ayat-ayat terakhir surah Al-Baqarah.

Tidaklah kamu sekali-kali membaca suatu huruf melainkan kamu diberi pahalanya”. Maka sangat jelas kalau dengan membaca surat Al Fatihah beserta surat Al Baqarah maka akan dibukakannya pintu langit untuk mereka.

5. Mempermudah Mendapat Ilmu

Membaca surat Fatihah sebanyak 70 kali setiap harinya saat keadaan masih suci atau sudah berwudhu lalu ditiupkan ke gelas berisi air. Lalu air tersebut diminum berturut-turut selama tujuh hari niscaya Allah SWT memberikan kemudahan dalam mendapatkan ilmu. Selain itu hikmah surat Al Fatihah yang dirasakan lainnya seperti mengontrol hati juga pikiran. 

Kontrol hati serta pikiran dari hal yang mampu merusak diri sangat penting dan diperlukan. Hal ini ditunjukkan agar saat mencari ilmu tidak merasakan stres atau terbebani. Serta lagi saat menuntut ilmu perasaan selalu senang, tenang, tentram setiap harinya juga akan terasa nikmat  menghabiskan waktu memperdalam ilmu.

6. Dijanjikannya Pahala Untuk Setiap Muslim Yang Membacanya

Allah telah menjanjikan pahala bagi umat muslim yang membaca dan mengamalkan surah Fatihah yang terdiri dari 7 ayat tersebut. Pahala. yang didapat dengan membaca surat Al Fatihah setara dengan pahala saat membaca sepertiga dari ayat Al-Qur’an. Umat muslim juga akan mendapatkan hikmah surat Al Fatihah lainnya yaitu seakan-akan memberi sedekah emas dijalan Allah. Pahala lain yang didapat juga diibaratkan seperti pahala yang akan didapat dengan membaca sebanyak 7 kali kitab injil, taurat, zabur, kitab Al Quran, Suhuf Milik Ibrahim AS serta Suhuf dari Idris AS.

Keutamaan dan hikmah surat Al Fatihah selain itu juga masih banyak lagi macamnya. Oleh karena itu sebaiknya sebagai umat muslimin membaca serta mengamalkan surat Al-Fatihah harus lebih diperbanyak lagi. Tujuannya tidak lain agar Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan menjalani segala urusan. Dihindarkan dari godaan setan dan tetap terus bertawakal dijalan Allah SWT.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Menurut Islam Paling Sederhana