hikmah shalat duha
hikmah shalat duha

5 Hikmah Shalat Duha yang Bisa Mengantarkan ke Surga

215 View

Menunaikan ibadah sholat dhuha memanglah bukan sesuatu yang diwajibkan, akan tetapi banyak hikmah yang didapatkan apabila melaksanakan. Sholat dhuha yang dilaksanakan pada saat matahari sudah terlihat biasanya dilaksanakan dua sampai empat rakaat saja. Penasaran apa saja hikmah shalat duha yang bisa didapatkan bila melakukannya dengan sungguh-sungguh. Simak informasinya berikut ini:

1. Pahalanya Setara dengan Bersedekah kepada Fakir Miskin

Hikmah pertama yang bisa didapatkan muslim dan muslimah ketika menunaikan shalat dhuha adalah mendapatkan pahala. Allah yang maha penyayang memberikan balasan yang sesuai dengan perbuatan manusia. Meskipun perbuatan yang dilakukan hanya sebesar biji sawi Allah akan tetap membalasnya. Melakukan shalat dhuha memanglah perbuatan yang sepele, namun belum tentu semua orang bisa melakukanya.

Menunaikan shalat dhuha dibutuhkan pengorbanan. Bagaimana tidak? Shalat dhuha dilakukan ketika dunia masih menunjukan kesibukan. Misalkan saja pada jam kerja, jarang ada orang yang rela berangkat pagi dan menunaikan shalat dhuha, atau menyempatkan melakukanya saat jeda istirahat. Allah menggantikan waktu berharga yang diberikan dengan memberikan pahala setara dengan bersedekah.

2. Mendapatkan Kemudahan dalam Menggapai Surga

Manusia yang dilahirkan untuk  beribadah kepada Allah memang wajib melaksanakan semua perintah Allah. Ganjaran lainya yang ditawarkan Allah kepada hambanya yang melaksanakan ibadah shalat dhuha adalah mempermudah jalannya menuju surga. Imbalan yang menarik ini bukan hanya iming-iming semata, panutan umat islam Rasulullah Saw telah menyampaikannya pada pengikutnya. Oleh karena itu, banyak umat islam yang tidak meninggalkan sholat dhuha.

Allah SWT menjanjikan cara khusus bagi umat islam yang melaksanakan shalat dhuha, yakni dengan membangunkan pintu khusus menuju surga. Pintu tersebut hanya dapat dilalui oleh orang yang istiqomah terhadap agama Allah. Selain membangunkan pintu khusus, Allah menjanjikan tempat tinggal khusus yang dibangunkan dari emas untuk orang yang menunaikan shalat dhuha.

3. Mendapatkan Kemudahan Menggapai Rezeki

Salah satu hikmah shalat duha lainya adalah mendapatkan rezeki halal yang bisa dimanfaatkan untuk umat islam. Setelah menunaikan shalat dhuha, ibadah yang dilakukan akan menjadi lengkap bila disertai dengan dzikir dan melakukan amalan-amalan lainya. Dengan begitu, Allah SWT tidak akan ragu untuk melipat gandakan nikmat yang diberikan kepada hambanya yang setia.

4. Mendapatkan Kemudahan Diampuni Dosanya oleh Allah

Hikmah yang paling utama yang bisa didapatkan ketika melaksanakan shalat dhuha adalah mendapatkan pengampunan Allah SWT. Sebagai umat islam yang sejati pengampunan allah lebih diutamakan dibandingkan bisa menikmati kekayaan di dunia. Kesejahteraan yang bisa didapatkan di akhirat belum bisa diukur dengan kesejahteraan di dunia. Jadi, semakin banyak orang berlomba-lomba dalam kebaikan.

5. Diberikan Kemudahan dalam Mencapai Hajat

Terkadang tidak sedikit orang melakukan suatu ibadah dikarenakan memiliki hajat. Meskipun hajat yang dimiliki bermaksud baik, tetap saja bila dilakukan karena Allah tentunya akan diberikan kemudahan. Kemudahan yang bisa didapatkan seseorang pun berbeda-beda, misalkan pada orang yang mendaftarkan kuliah ada yang dimudahkan pendaftaran nya ada juga yang dimudahkan keuangan. Sesungguhnya Allah memberikan kemudahan terhadap hambanya tentunya berbeda-beda, tergantung pada takdir yang allah berikan.

Memahami proses yang panjang dalam menggapai kesuksesan dunia dan akhirat, seharusnya membuat manusia semakin giat dalam meraih ridho Allah. Beberapa hikmah shalat duha yang bisa didapatkan ketika melaksanakan dengan sungguh-sungguh. Sebaik-baiknya umat islam adalah orang yang mampu melaksanakan kewajiban terhadap agama, maka dari itu jangan sia-siakan waktu. Perbanyak ibadah dan amalan sunnah agar mendapatkan kebaikan dari Allah SWT.

BACA JUGA: Terbukti Berhasil! Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu Menurut Islam