Hikmah Kebaikan Dalam Ujian Yang di Berikan Allah
Hikmah Kebaikan Dalam Ujian Yang di Berikan Allah

Hikmah Kebaikan Dalam Ujian Yang di Berikan Allah

148 View

Hikmah Kebaikan Dalam Ujian

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Sahabat semua yang di rahmati Allah SWT, Kita sebagai manusia tidak pernah luput dari dosa dan pasti akan diberi cobaan oleh Allah SWT. cobaan tersebut akan di sesuaikan dengan porsi kemampuan masing-masing individu. cobaan diberikan oleh Allah kepada kita karena suatu alasan dan Allah sangat mencintai kita.

Sebagai contoh, kita sebagai orang tua, apabila kita mencintai anak kita dan sangat perhatian, pasti kita goda anak tersebut, terkadang anak tersebut sampai menangis, hal tersebut karena sayangnya kita kepada anak tersebut. demikian hal nya dengan Allah, yang selalu memberikan kita cobaan. agar kita selalu mengingat NYA.

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (من يُرد الله به خيرًا، يُصبه منه) رواه البخاري

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa dikehendaki oleh Allah (mendapat) kebaikan, maka ia akan di uji (HR Bukhari).

Hadits ini berbicara tentang masalah kesabaran dari ujian yang Allah SWT berikan kepada kita (mudah-mudahan kita semua menjadi orang yang sabar amiinnn), karna orang yang sabar senantiasa dilimpahi pahala oleh Allah SWT sampai ia meninggal dunia.

Mengapa Baginda Rasulullah SAW mengatakan kalimat “Allah akan memberikan kebaikan”?

 

Berikut ini 3 kebaikan dalam ujian :

1.       Orang yang terkena musibah / terkena ujian dan cobaan didalam kehidupannya ia mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT, semakin bertambah ujian maka semakin bersih ia dari dosa (aamiin)

2.       Orang yang terkena musibah / cobaan biasanya akan teringat kepada Allah SWT (gara-gara ujian ia menjadi orang yang rajin sholat, gara-gara ujian ia menjadi rajin sholat tahajjud, gara-gara ujian dan cobaan ia selalu baca Al Qur’an, ia selalu beramal sholeh) semua itu karna ujian dari Allah SWT.

3.       Orang yang terkena ujian ia akan mendapatkan kebaikan dari Allah SWT, Allah mengangkat derajatnya.

Demikian tulisan singkat ini, semoga kita selalu dilindungi dan mendapat ampunan serta pertolongan dari Allah Subhanalahu Wa Ta’ala..  Amin Ya Robbal Alamin..

 

Baca Juga: Amalan Penghapus Dosa Besar yang Mudah Dilakukan