Hikmah Cobaan Kesempitan Rezeki
Hikmah Cobaan Kesempitan Rezeki

5 Hikmah Cobaan Kesempitan Rezeki yang Jarang Diketahui

588 View

Setiap orang pastinya selalu mengalami keluasan rezeki dan kesempitan rezeki. Setiap keluasan rezeki memiliki makna yang begitu besarnya, begitu pula dengan hikmah cobaan kesempitan rezeki yang sama besarnya. Tidak akan pernah ada seseorang yang selalu berada diatas atau seseorang yang selalu berada dibawah. Roda selalu berputar sebagaimana hakikatnya yang terjalani.

Artikel kali ini tidak akan membahas mengenai keluasan rezeki tetapi hikmah cobaan dari sempitnya rezeki. Seseorang akan berkembang ketika ia berada di saat terendah dalam hidupnya dan buka disaat tertinggi hidupnya. Inilah beberapa hikmah yang bisa diambil oleh setiap orang ketika mendapatkan kesempitan rezeki:

1. Menjadi Seseorang yang Lebih Sabar

Saat mendapatkan cobaan beberapa orang cenderung akan mengalami kesedihan yang luar biasa. Kesedihan ini akan berujung pada keterpurukan dan ketidakstabilan mental. Pada saat kondisi ini terjadi orang-orang akan cenderung hilang arah dan tujuan. Saat hal itu terjadi orang akan mulai mengoreksi kesalahan yang dilaluinya sebelum itu.

Sering dengan perbaikan diri itulah yang membuatnya dan melatihnya menjadi orang yang lebih sabar. Mulai memahami keadaan dan mengambil hikmah cobaan kesempitan rezeki. Ketika telah memahami semuanya dan berserah diri pada Allah SWT yakin dan percayalah bahwa Allah SWT akan memberikan rezeki tersebut di waktu dan kondisi yang tepat dan tidak terduga oleh satu orang pun.

2. Peningkatan Iman dan Taqwa

Tidak jauh seperti penjelasan yang sebelumnya bahwa saat seseorang mengalami cobaan kesempitan rezeki akan membuat orang tersebut hilang arah dan tujuan. Saat hilang kedua hal tersebut maka keterpurukan yang akan dialami. Kedua hal tersebut saling berkorelasi yang mana terjadi dulu akan berujung hal yang sama. Biasanya saat kondisi ini menimpa seseorang maka orang tersebut akan mudah untuk mengingat Allah SWT.

Tentunya akan mencari, mengeluh, mengadu kepada Allah SWT karena Allah SWT lah yang dapat membantunya keluar dari situasi tersebut. Tidak akan putus-putus doa dipanjatkan kepada Allah SWT, mencurahkan seluruh isi hatinya. Hanya Allah SWT yang menjadi tempat curhat terbaik di seluruh dunia maupun alam semesta ini. Tentunya pula tidak putus-putus untuk sholat ketika dulunya sering melewatkan, sekarang menjadi seseorang yang tidak melewatkan atau menunda shalat.

3. Selalu Bersyukur atas Rezeki yang Allah Berikan

Orang yang mendapatkan cobaan akan kesempitan rezeki mengetahui rasanya seakan tidak ada lagi rezeki yang menghampiri. Ketika satu rezeki menghampiri layak sebuah harta karun yang harus dijaga dan tak boleh menghilang. Kondisi ini membuat orang memahami bahwa rezeki yang Allah berikan harus selalu disyukuri dan memanfaatkan sebaiknya. Tentunya, jangan pernah menganggap enteng suatu rezeki seakan akan rezeki akan menghampiri selamanya.

4. Selalu Berpikir Optimis dan Sangat Percaya atas Keputusan Allah SWT

Seseorang yang telah mengalami cobaan akan membuatnya lebih berpikir positif dan bahkan selalu mempercayai seluruh keputusan yang Allah SWT berikan. Saat itu terjadi bahwa orang tersebut telah bangkit dari kesedihannya setiap hari dan menemukan hidayah dan mukjizat bahwa Allah SWT tak pernah meninggalkan umatnya. Tidak seperti umatnya yang dapat meninggalkan Allah SWT atau manusia yang dapat meninggalkan manusia lainnya. Allah Maha Pemaaf dan Maha Pemberi Rezeki, yakin dan percayalah rezeki akan datang diwaktu dan kondisi yang sangat tepat.

5. Pandai dalam Pengaturan Keuangan

Saat mengalami cobaan kesempitan rezeki maka pastinya seseorang mengalami kemunduran ekonomi. Begitu banyak kebutuhan yang perlu untuk dipenuhi namun uang yang dimiliki sangat lah sedikit. Berbeda saat rezeki datang menghampiri seakan tidak perlu untuk menghitung barang yang dimiliki. Seseorang dapat berjuang dalam cobaan atas kesempitan rezeki ini cenderung akan mulai mengatur keuangan dengan ketat. Hal ini membuat orang tersebut berakhir dengan begitu pandai dalam mengatur keuangan.

Hikmah cobaan kesempitan rezeki yang diberikan pada artikel kali ini hanyalah sebagian kecil dari hikmah-hikmah yang didapatkan lainnya. Bagi yang saat ini mengalami kesempitan, percayalah ini bukanlah akhir segalanya. Allah SWT sedang meningkatkan keimanan dan membuat diri menjadi seseorang yang lebih dari sebelumnya.

BACA JUGA: 5 Cara Mengusir Jin Perusak Rumah Tangga Menurut Islam