cara sholat khusyu dan benar
cara sholat khusyu dan benar

5 Cara Sholat Khusyu dan Benar Ini Perlu Dipahami Sejak Dini

249 View

Cara Sholat Khusyu dan Benar

Salah satu ibadah yang wajib dikerjakan bagi kaum muslim yaitu sholat lima waktu, yang mana akan lebih baik bila diiringi dengan sholat sunnah. Namun, problema ketika melaksanakan ibadah ini adalah kurangnya fokus sehingga membuat sholat kurang khusyu. Oleh karena itu, cara sholat khusyu dan benar perlu dipahami dan diterapkan sejak dini.

Khusyu merupakan aspek penting yang patut selalu ditanamkan ketika akan beribadah, utamanya ketika sholat. Dalam hal ini, khusyu memiliki makna memfokuskan pikiran hanya kepada Allah SWT dan mengosongkan hati dari hal-hal lainnya. Untuk mencapainya, ada beberapa hal yang harus dipahami dan dilaksanakan.

Berikut 5 cara agar sholat menjadi khusyu dan benar

 

1. Paham Akan Makna dari Bacaan Sholat

Terkadang seseorang perlu memahami dengan seksama arti dari setiap bacaan yang ada pada sholat. Hal ini bertujuan agar dapat menghayati makna dari bacaan sholat, yang mana akan semakin meningkatkan fokus ketika menjalankan ibadah. Adapun untuk memahaminya, tidak perlu dihafalkan secara langsung. Akan tetapi bisa dengan cara membacanya sesering mungkin agar semakin paham.

2. Melaksanakan Sholat dengan Tertib

Salah cara sholat khusyu dan benar adalah melaksanakan dengan tertib sesuai tata cara yang telah diajarkan dalam Islam. Tidak perlu terburu-buru dalam menunaikan sholat, karena bila terlalu cepat bisa jadi bacaan sholat justru kurang jelas. Selain itu diusahakan untuk selalu mengerjakan ibadah dengan ikhlas dan tidak menunda-nunda waktu sholat.

 

Baca: Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah dengan Baik dan Benar

3. Memilih Lingkungan yang Suci dan Bersih

Lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kefokusan ketika mengerjakan ibadah sholat. Lingkungan yang suci dan bersih akan membuat sholat lebih khusyu. Selain itu, usahakan tidak menghadap langsung dengan tulisan atau lukisan yang dapat mengurangi konsentrasi ketika sedang melafalkan bacaan sholat. Disamping masalah kebersihan, suasana lingkungan juga sangat berpengaruh.

Hindari lingkungan yang terlalu ramai dan bising, karena hal ini akan sangat mengganggu ketika sedang menunaikan sholat. Kebisingan dapat membuat hilangnya konsentrasi ketika melafalkan bacaan sholat. Sehingga akan lebih baik bila memiliki tempat sholat yang nyaman dan tidak terlalu bising, agar dapat melaksanakan sholat dengan khusyu.

4. Fokus Ketika Melaksanakan Ibadah

Untuk dapat fokus mengerjakan sesuatu hal memang cukup sulit, terutama ketika mengerjakan ibadah sholat. Apalagi ketika ada banyak pekerjaan yang belum terselesaikan. Sehingga bila ada pekerjaan yang mengganjal, sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu. Agar ketika sudah masuk waktu sholat, adanya pekerjaan tersebut tidak menjadi beban pikiran.

Selain soal pekerjaan, adakalanya hal-hal lain juga mengganggu pikiran. Apabila sulit untuk fokus ketika sholat sendirian di rumah, sebaiknya menyempatkan diri untuk sholat berjamaah di masjid atau musholla. Sholat yang dilakukan berjamaah akan sangat membantu untuk khusyu. Selanjutnya, cobalah tetap tenang ketika melaksanakan sholat dan niatkan untuk bertemu dengan Allah SWT.

5. Meng umpamakan Sedang Melakukan Ibadah Terakhir

Salah satu cara sholat khusyu dan benar yang bisa dilakukan adalah dengan mengumpamakan seolah-olah sedang melaksanakan ibadah yang terakhir. Pada dasarnya, tidak ada siapa pun yang tahu kejadian apa yang akan terjadi di masa yang akan datang selain Allah SWT. Sehingga dengan mengumpamakan sholat terakhir akan membuat seseorang lebih khusyu mengerjakan sholat.

Demikianlah penjelasan dari 5 cara shalat khusyu dan benar yang harus dipahami sedini mungkin. Apabila hal-hal di atas telah dipahami dengan baik, dengan demikian seseorang dapat mengerjakan ibadahnya dengan penuh konsentrasi. Setelah terbiasa untuk fokus ketika sholat, maka pikiran tidak akan mudah kemana-mana ketika mengerjakan sesuatu apapun, termasuk juga dalam hal pekerjaan.

Baca Juga: Manfaat Sholat Hajat