Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Menurut Islam
Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Menurut Islam

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Menurut Islam yang Bisa Diterapkan Kaum Muslim

168 View

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Otak manusia diciptakan oleh Allah terdiri dari, seratus milyar susunan sel neuron saraf yang saling terhubung. Lalu, membentuk sebuah sistem jaringan otak yang menghasilkan kekuatan yang dahsyat untuk mengingat kurang lebih sebelas juta karakter huruf. Namun, kekuatan otak tersebut, belum mampu dioptimalkan manusia. Mungkin karena banyak orang yang tidak tahu cara meningkatkan kecerdasan otak menurut islam. Lantas, bagaimana caranya? Simak informasi lengkapnya:

1. Melakukan Ibadah Puasa

Melakukan ibadah puasa ternyata selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Hal itu dibuktikan oleh penelitian ilmiah dari Akademi Islam Trinidad yakni Dr. Ebrahim Kazim, yang melakukan penelitian kecerdasan otak dengan teknologi gelomnbang EFG.

Ebrahim Kazim berkesimpulan, bahwa orang yang berpuasa akan memunculkan gelombang yang membuat orang sedang berpuasa merasa nyaman. Oleh sebab itu,puasa mampu membuat kualitas tidur menjadi lebih bagus. Maka, seseorang dapat membuat kerja otak menjadi lebih cepat untuk berpikir.

Penelitian tersebut sejalan dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang intinya, orang yang paling cerdas adalah orang yang bisa menahan hawa nafsunya. Sementara itu, orang yang tidak cerdas adalah orang yang selalu mengikuti hawa nafsunya, tapi tetap berharap pada Allah. Oleh sebab itu,  melaksanakan puasa menjadi terapi efektif untuk meningkatkan kinerja otak.

2. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas otak agar kinerjanya tetap maksimal. alasannya, otak yang kurang tidur akan menyebabkan kelelahan pada otak yang akhirnya, membuat kinerja otak menjadi kurang maksimal. Sementara itu, Rasulullah SAW memberi contoh untuk tidur selama 15-20 menit di siang hari.

Pada waktu sebelum azan Zuhur atau setelah Zuhur. Tujuannya untuk menyegarkan pikiran yang penat ketika beraktivitas di pagi hari. Serta, meningkatkan fokus otak. Sementara itu, Nabi Muhamad berpesan untuk menghindari  tidur di waktu asar karena dapat menyebabkan pusing dan otak menjadi pelupa.

3. Sering-Sering Baca Al Quran

Membaca alquran sudah terbukti sebagai salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak menurut islam. Pasalnya menurut penelitian, membaca al quran dapat menurunkan hormon kortisol atau stres berlebihan. Hal Itu membuat orang yang membaca al quran menjadi lebih tenang.

Selain itu, kegiatan membaca al quran menurut dokter kejiwaan Dr. Al Qadhi menjelaskan menatap  membaca serta, mendengarkan bacaan al quran dapat membuat merangsang otak agar lebih fokus dan mempunyai daya konsentrasi tinggi. Hal itu sesuai dengan firman Allah di surat Al Araf ayat 57, yaitu “Dan apabila dibacakan Al Quran maka dengarkanlah  dan diamlah agar kamu mendapatkan rahmat.”

4. Bersujud dalam Waktu yang Lama

Bersujud dalam waktu lama sangat bermanfaat untuk mengalirkan oksigen ke otak, sehingga membuat peredaran lancar. Akibatnya, dapat membuat pikiran lebih santai. Serta, dapat membantu mengangkut pasokan oksigen, nutrisi serta cairan tubuh ke otak. Hal ini dapat membantu kinerja otak  yang lebih baik.

Selain itu, doa di dalam sujud merupakan doa yang paling mustajab. Alasannya,  karena doa pada saat sujud, tidak ada penghalang antara allah dan hambanya. Maka dari itu, tidak ada ruginya bagi orang yang mempunyai keinginan tertentu, bisa memanfaatkan waktu sujud tersebut. agar mempercepat keinginan orang yang berdoa. Salah satu contohnya yaitu memohon agar diberikan otak cerdas.

5. Menjadi orang Bertakwa

Cara terakhir yang paling ampuh untuk meningkatkan kecerdasan otak adalah nenjadi orang yang bertakwa. Yakni mengengerjakan semua hal yang Allah perintahkan, serta menjauhi kemaksiatan yang dibenci oleh Allah. Jika kedua hal tersebut telah dilakukan, maka Allah akan memberikan ilmunya kepada orang yang dikehendakinya.

Hal tersebut disampaikan Allah di akhir surat Al Baqarah 282 yang artinya, ”Dan bertakwalah kepada Allah, niscaya Allah akan mengajarkan pengetahuan kepadamu. Allah maha mengetahui segala sesuatu”. Ayat tersebut menjelaskan bahwa hanya Allah yang memiliki pengetahuan yang luas. Melampaui ilmu pengetahuan manusia.

Demikianlah, pembahasan mengenai 5 cara meningkatkan kecerdasan otak dalam islam. Semoga dapat menambah khazanah pengetahuan pembaca tentang topik tersebut. sekaligus, menjadi ladang amal bagi penulis,  maupun orang yang mengamalkannya. agar menjadi bekal pulang ke akhirat.

Baca Juga: Berikut 7 Amalan Sunnah Rasulullah Setiap Hari Yang Dapat Diterapkan