Cara Mengusir Tokek di Rumah Menurut Islam
Cara Mengusir Tokek di Rumah Menurut Islam

6 Cara Mengusir Tokek di Rumah Menurut Islam dengan Benar

357 View

Cara Mengusir Tokek di Rumah Menurut Islam

Menurut Islam nyatanya tokek mempunyai peran yang sama ataupun hampir mirip dengan cicak. Tokek pula diharamkan sehingga sehingga tiap berjumpa tokek hendaknya dibunuh ataupun diusir. Tetapi hewan satu itu memanglah sangat susah buat diusir. Jadi pasti tidak aman bila tokek telah masuk ke kawasan dalam rumah. Maka dari itu, inilah metode menyuruh pergi tokek di rumah menurut Islam dengan.

1. Pasang Lampu Rumah yang Terang

Metode menyuruh pergi tokek di rumah menurut islam memanglah sedikit mirip dengan metode membasmi cicak. Tetapi ketidaksamaannya dalam mengusir tokek ini adalah dengan metode yang halus. Perihal ini lantaran tokek memang diharamkan dalam Islam.

Metode ini dapat dicoba dengan memasang lampu yang cerah. Hewan tersebut umumnya cenderung menempel di langit-langit rumah paling utama tempat yang cenderung redup. Sebab itu pasang saja lampu yang cerah supaya tokek hilang dari rumah. Bila masih saja berbunyi gunakan senter buat menyorot tokek.

2. Membuat Asap

Tokek memanglah menggemari tempat yang remang-remang atau tidak cerah. Ternyata tokek dapat diusir memakai asap dari daun kering yang terbakar. Caranya yakni dengan menyiapkan beberapa daun kering seperti daun sereh dengan aroma yang cukup tajam. Kemudian, masukkan daun yang telah kering ke dalam kaleng besi sehingga nyaman untuk dibakar.

Daun tersebut bisa dibakar di zona yang asapnya dapat menjangkau tokek. Proses pembakaran ini jangan terlalu lama  supaya rumah tidak penuh dengan asap. Serta bukalah jendela, pintu serta ventilasi sehingga rumah menjadi tidak pengap. Selain dapat mengusir tokek, metode ini pun dapat mengusir kelelawar di atap rumah.

3. Menggunakan Bawang Putih

Caranya sangatlah gampang yakni memakai bawang putih. Perlu diketahui bahwa bawang putih memiliki bahan glukosinates sehingga mampu menciptakan aroma bawang putih yang sangat menyengat. Tumbuklah ataupun potong tipis bawang putih, setelah itu masukkan ke dalam kain kasa. Sehabis itu gantungkan ataupun letakkan di mana tokek kerap timbul. Dengan aroma bawang putih yang menyengat itu tokek tidak akan lagi berani ke rumah.

4. Membuat Jebakan Getah nangka

Getah nangka umumnya dimanfaatkan untuk membasmi nyamuk, caranya dengan membakar nangka muda. Tetapi nyatanya getah nangka ini pula dapat dipakai buat mengusir tokek, terlebih dapat menangkap tokek. Pastikan ketika mencoba cara ini wajib dengan sangat hati-hati karena tokek umumnya cenderung melawan dengan menggigit.

Mulut tokek bagian dalam mampu menghasilkan zat yang beracun serta sangat beresiko. Cara membuat jebakan ini yakni dengan menggunakan kayu atau bambu yang sudah diolesi oleh  getah nangka. Setelah itu ketika tokek muncul, julurkan ujung kayu tersebut ke tubuh tokek. Bila tokek dapat menempel, umumnya tokek akan susah untuk bergerak lagi. Kemudian buang tokek ke tempat yang jauh dari rumah supaya tidak kembali ke rumah.

5. Membuat Jebakan dari Lada dan Bawang Merah

Bila malas mencari getah nangka muda, bisa juga dengan membuat jebakan dari lada dan bawang merah. Caranya dengan menumbuk lada dan bawang merah. Setelah itu tambahkan air dan aduk hingga tercampur merata.

Sehabis itu masukkan racikan itu ke dalam botol semprot serta semprotkan ke bagian tembok atau area yang kerap didekati tokek. Lantaran aroma yang sangat tajam ini hingga umumnya tokek tidak ingin kembali ke rumah lagi. Tidak hanya itu faktor kebersihan rumah dan banyaknya nyamuk di ruangan pula dapat mengundang tokek.

6. Remasan Kulit Jeruk

Keadaan rumah yang kotor dan berantakan umumnya sering didatangi tokek juga. Perihal ini pun tidak disukai dalam Islam lantaran dalam Islam kebersihan itu sebagian dari iman. Maka, selain senantiasa menjaga kebersihan rumah, dapat pula mengusir tokek dengan kulit jeruk.

Cara ini dilakukan dengan cara meremas kulit jeruk yang memiliki aroma sangat menyengat. Setelah itu sebar di tempat yang kerap digunakan tinggal oleh tokek. Umumnya ketika menghirup aroma yang menyengat dari kulit jeruk, tokek akan pergi sendiri. Gampang bukan?

Cobalah cara-cara mengusir tokek di rumah menurut Islam tersebut. Tetapi poin pentingnya, ketika tokek telah berhasil diusir, tetap menjaga kebersihan rumah dan pakailah pengharum ruangan.

 

Baca Juga: Cara Mengusir Jin Perusak Rumah Tangga Menurut Islam