Cara Menghilangkan Trauma Menurut Islam
Cara Menghilangkan Trauma Menurut Islam

5 Cara Menghilangkan Trauma Menurut Islam Paling Jitu

260 View

Tidak sedikit orang yang pernah mengalami trauma. Bahkan, trauma masa lalu akan terus menghantui seseorang jika tidak segera dilakukan penyembuhan. Memang tak mudah untuk menghilangkan trauma yang sudah lama, namun hal tersebut tidak baik jika terus menerus dipelihara. Berikut ini adalah cara menghilangkan trauma menurut islam yang mudah dilakukan:

1. Niat Yang Kuat

Segala sesuatu yang dilakukan manusia dilihat dari niatnya terlebih dahulu. Niat yang baik akan menghasilkan hal yang baik pula. Trauma berasal dari pikiran manusia sehingga harus bisa mensugesti pikiran tersebut agar melupakan kejadian yang tidak menyenangkan di masa lalu.  Sebenarnya yang dapat menghilangkan trauma adalah diri sendiri dengan niat dan tekad yang kuat.

Niat sangat dibutuhkan di awal dan setelahnya harus tetap konsisten pada tujuan awal yaitu menghilangkan trauma. Tentu saja peran dari keluarga dan teman terdekat sangat dibutuhkan untuk mendukung ketika semangat mulai menurun. Percayalah bahwa kesembuhan akan didapatkan jika konsisten.

2. Menghindari Pemicu Trauma

Cara menghilangkan trauma menurut islam yang selanjutnya adalah dengan menghindari segala pemicu yang dapat membuat penderita teringat dengan trauma masa lalu. Sebisa mungkin penderita tidak mengunjungi tempat kecelakaan jika mengalami trauma mengenai hal tersebut atau tidak menonton berita terkait kecelakaan.

Carilah ketenangan batin dengan mendengarkan musik yang membuat penderita merasa tenang ataupun berlibur ke tempat yang sepi untuk menjernihkan pikiran. Trauma sangat erat kaitannya dengan pikiran sehingga cara yang paling ampuh untuk mengatasinya yaitu dengan mengelola pikiran sebaik mungkin.

3. Istiqomah Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang menjadi pedoman umat islam. Membaca Al-Qur’an yang dilakukan berkali-kali akan membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Hal tersebut dapat dijadikan modal utama untuk cara menghilangkan trauma menur yang begitu mengganggu kehidupan. Buatlah target khataman satu bulan sekali agar semakin diberikan jalan oleh Allah SWT.

Mengkhatamkan AL-Qur’an akan membuat penderita menjadi semakin fokus membaca sehingga dapat melupakan kejadian yang tidak mengenakan. Al-Qur’an selain dapat dijadikan sebagai terapi alami, juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi, jangan ragu lagi melakukan cara yang satu ini.

4. Mencoba Ikhlas dan Memaafkan

Ikhlas dan mencoba memaafkan kejadian pahit yang telah dialami memang bukan perkara yang mudah karena membutuhkan usaha yang besar. Terlebih lagi jika peristiwa tersebut sangat menyakitkan, pastilah akan sulit untuk memaafkan. Percayalah bahwa sesuatu yang terjadi pada diri sendiri merupakan takdir Allah dan sebagai manusia harus rela menerimanya.

Pengalaman masa lalu yang pahit dapat dijadikan sebagai pembelajaran agar tidak ceroboh lagi dikemudian hari. Setiap hal yang terjadi pasti ada hikmahnya, untuk itu cara menghilangkan trauma menurut islam cobalah mencari-cari hal positif apa yang didapatkan dari kejadian tersebut. Perlahan, trauma itu akan memudar dan akan berubah menjadi sebuah kebahagiaan ketika mengingat kejadiannya.

5. Berkonsultasi Dengan Ahli

Banyak sekali para ahli yang siap untuk memberikan terapi agar dapat menghilangkan trauma. Pergilah ke psikolog terpercaya agar penderita dapat menyampaikan masalah yang membuat trauma dan mendapatkan solusi yang terbaik. Terapi semacam ini harus dilakukan secara rutin agar traumanya tidak lagi membekas.

Kelima cara menghilangkan trauma menurut islam tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif yang paling ampuh. Cobalah jalani cara tersebut satu persatu untuk dapat menyembuhkan trauma. Berdoalah agar cepat diberi kesembuhan dan jangan lupa juga meminta do’a dari orang tua. Tetaplah bersemangat dan isi kegiatan sehari-hari dengan hal yang positif.

BACA JUGA: Ini Meditasi Menurut Islam yang Tidak Banyak Diketahui