cara mengeluarkan jin dari tubuh manusia menurut islam
cara mengeluarkan jin dari tubuh manusia menurut islam

5 Cara Mengeluarkan Jin dari Tubuh Manusia Menurut Islam ini untuk Mengusirnya

608 View

Jin pada dasarnya merupakan makhluk yang memiliki kehidupan yang sama dengan manusia. Meski begitu, ada saja manusia yang bersekutu dan meminta bantuan jin untuk mencelakai manusia lain dengan cara merasuki manusia tersebut. Untuk itu, perlunya diketahui cara mengeluarkan jin dari tubuh manusia menurut islam agar cara tersebut mendapat ridha Allah dan prosesnya berjalan lancar.

Jin dan manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang hidup berdampingan dengan perbedaan manusia adalah makhluk yang terlihat sementara jin adalah makhluk ghaib. Jin yang nakal seringkali menggoda bahkan hingga mencelakai manusia dengan masuk ke dalam tubuhnya. Godaan jin terhadap manusia ini banyak dibahas di Al Qur’an begitupun cara menghadapi dan mengusirnya dari tubuh manusia:

1. Yakinkanlah dalam Hati Bahwa Allah yang Akan Menyembuhkan

Pada dasarnya segala penyakit dan segala kesusahan hanya Allah lah yang dapat menghilangkannya. Meski begitu manusia diharuskan berikhtiar untuk mendapatkan pertolongan Allah tersebut. Sebanyak apapun ikhtiar yang dilakukan, harus diiringi dengan tawakal dan berserah diri kepada Allah karena tiada hal yang dapat menimpa manusia selain atas izin Allah SWT.

2. Membaca Surat Al Qur’an Sebagai Jalan Pertolongan Allah

Mukjizat Nabi Muhammad SAW ini merupakan pedoman hidup manusia dari zaman nabi hingga saat ini. Baik itu dari segi hukum maupun pegangan hidup, semuanya dapat ditemukan dalam Al Qur’an. Apalagi sebagai cara mengeluarkan jin dari tubuh manusia menurut islam, bacaan Al Qur’anlah sebagai salah satu perantara pertolongan Allah.

Beberapa surat dalam Al Qur’an yang bisa dibaca untuk mengusir jin diantaranya surat Shaad ayat 41 yang berbunyi “Robbi a’uudzubika min Hamazaatisy syayaathiini wa a’udzubika robbi ayyahdhuruun” kemudian dibacakan surat Al Mu’minun ayat 97-98 dan surat As Shaffat ayat 7. Baca ayat tersebut secara berurutan agar jin segera pergi.

3. Cari Benda yang Disinyalir Sebagai Jimat untuk Dimusnahkan

Masyarakat modern masih ada yang mempercayai jimat sebagai penolong dan dapat memberikan kesejahteraan. Nyatanya, jimat yang didapat entah dari dukun atau orang pintar bisa saja disematkan jin di dalamnya hingga jin tersebut dapat hinggap di tubuh manusia. Ketika jin sudah merasa betah dalam tubuh seseorang, akan sulit bagi orang tersebut untuk terlepas dari jin itu.

Jika merasa memiliki benda serupa jimat, maka hendaknya jimat tersebut segera dimusnahkan dengan cara dibakar. Pemusnahan benda ini harus diiringi bacaan Al Qur’an yakni surat Al Fatihah, Surat Al Kafirun, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas yang masing-masing dibaca tiga kali serta membaca ayat kursi dan dua ayat terakhir dalam surat Al Baqarah. Cara mengeluarkan jin dari tubuh manusia menurut islam ini memang bisa membantu.

4. Menjauhkan Gambar Bernyawa yang dapat Ditinggali Jin

Jin adalah makhluk yang senang tinggal pada tempat sepi dan barang-barang yang menyerupai makhluk bernyawa. Entah itu patung, lukisan, hingga furnitur kecil yang menyerupai manusia atau hewan. Meski terlihat indah dan memiliki nilai artistik yang tinggi, nyatanya barang tersebut memancing jin untuk tinggal sehingga meski dihindari.

5. Rutin Melakukan Ruqyah

Salah satu cara mengeluarkan jin dari tubuh manusia menurut islam hingga mendeteksi jin dari tubuh adalah dengan melakukan ruqyah. Metode ruqyah diisikan oleh kegiatan berisi bacaan-bacaan dan praktik untuk mengusir jin berdasarkan ajaran islam. Ketika seseorang tubuhnya dimasuki jin yang amat mengganggu hingga menyebabkan penyakit, hendaknya segera melakukan ruqyah.

Praktik ruqyah dapat dilakukan oleh seorang ahli maupun pemuka agama. Ada pula peruqyah yang sering mengadakan ruqyah massal di masjid-masjid untuk mendeteksi adakah jamaah yang terkena gangguan jin. Ruqyah pun bisa dilakukan sendiri di rumah jika keluhan tidak parah dengan membaca bismillah sebanyak 21 kali sebelum tidur untuk mencegah gangguan jin.


Salah satu contoh proses ruqiyah bisa dilihat melalui youtube di acara Ruqiyah oleh Abah Ustadz Hakim Bawazier di stasiun televisi Net TV. Atau, Sahabat bisa kunjungi channel youtube beliau: Syiar Dalam Gelap untuk mendapatkan pencerahan, menambah ilmu dan mempertebal keimanannya. 

Itulah cara mengeluarkan jin dari tubuh manusia menurut Islam dan berdasarkan syariat yang diajarkan. Pada zaman nabi pun sihir yang dikirimkan untuk mencelakai manusia pernah ada sehingga apa yang dilakukan nabi dapat ditiru dan dijadikan pelajaran bagi umat manusia setelahnya.

Semoga Bermanfaat…

BACA JUGA: Larangan bagi ibu hamil menurut islam