cara menenangkan bayi menangis dalam islam
cara menenangkan bayi menangis dalam islam

Ternyata Ini Cara Menenangkan Bayi Menangis Dalam Islam

104 View

Cara Menenangkan Bayi Menangis Dalam Islam

Islam adalah agama yang komplit dan menyeluruh. Di risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw ini cara menenangkan bayi juga dijelaskan secara detail. Bagi umat muslim diwajibkan menerapkan cara menenangkan bayi menangis dalam Islam tersebut yang list-nya akan dijelaskan berikut. Menunjukkan sikap marah dan tidak suka pada bayi yang sedang menangis, bukan cara yang benar. Justru perilaku semacam ini akan membuat tangis bayi semakin keras yang berpotensi menimbulkan gangguan pada kesehatannya. Silahkan disimak beberapa teknik menenangkan bayi menangis berikut sebagai bahan informasi penting:

1. Disenandungkan Sholawat Nabi

Teknik atau cara menenangkan bayi menangis dalam Islam yang pertama ialah disenandungkan sholawat nabi. Lantunan iramanya yang syahdu akan membuat si bayi tenang dan nyaman. Agar efeknya maksimal, silahkan melantunkan sholawat dengan suara semerdu mungkin. Orang dewasa saja, ketika diperdengarkan sholawat pasti muncul ketenangan di dalam jiwa. Jika lantunan tersebut diperdengarkan pada seorang bayi yang masih suci tentu efeknya lebih luar biasa.

2. Bacakan Ayat Suci Al Quran

Jika bayi menangis lalu di perdengarkan ayat suci Al Quran, berarti orang tua telah pasrahkan kepada Allah agar mendiamkan dan menenangkan si bayi tersebut. Tentunya, tidak membutuhkan waktu lama, tangis si bayi akan reda. Jangan lupa, ketika sudah memperdengarkan ayat suci Al Quran, segera tiupkan ke tangan lalu usapkan ke dada dan punggung si bayi dengan lembut. Lakukan dengan bibir tidak berhenti menyebut asma Allah dan berdzikir.

3. Berikan pada Sang Ibu agar Bayi Disusui

Bayi menangis terkadang disebabkan oleh rasa lapar dan haus. Cara menenangkan bayi menangis dalam Islam terkait hal di atas yang juga bisa dicoba ialah memberikan si bayi pada si ibu agar segera disusui. Pada ilmu medis, solusi ini juga diakui sangat manjur. Bahkan ada perintah untuk mempercepat menyusui si bayi sebelum tangisannya semakin keras. Jika terlambat sedikit saja, maka sekalipun sudah diberikan ASI, si bayi tetap sulit untuk ditenangkan.

4. Segera Berikan Pelukan Hangat

Menurut Islam, seorang bayi memiliki kedekatan jiwa dengan sang ibu dibandingkan dengan si ayah. Jika si bayi sedang menangis maka silahkan ibu menenangkan  dirinya dengan cara memberikan pelukan hangat. Lakukan teknik ini dengan diiringi usapan pada daerah punggung. Kalau ingin lebih maksimal, jangan lupa di setiap usapan disertai dengan membaca sholawat nabi. Silakan baca sholawat jenis apapun yang dihafal.

5. Gendong dan Ajak Jalan-Jalan

Terkadang bayi menangis disebabkan oleh rasa bosan. Jika ini yang terjadi segera ambil dan gendong sambil mengajaknya jalan-jalan. Silahkan perkenalkan si bayi dengan suasana yang baru. Apalagi jika tempat yang dipilih memang indah dan udaranya sejuk seperti membawa jalan-jalan ke taman belakang rumah dan semacamnya.

6. Ajak Si Bayi Bermain agar Terhibur

Solusi yang terakhir adalah mengajak si bayi bermain agar terhibur. Silahkan tunjukkan alat permainan yang penuh warna agar fokus si bayi lebih terarah dan sejenak bisa meredakan tangisannya. Jika setelah itu, si bayi kembali menangis, maka ganti dengan alat permainan yang lain. Ini juga tergolong cara menenangkan bayi menangis secara islami yang diperbolehkan digunakan oleh orang tua.

Adanya cara menenangkan bayi menangis dalam Islam yang dijelaskan di atas, maka tidak ada alasan orang tua marah-marah hanya karena menenangkan si bayi. Lebih baik pakai cara ini saja dan lakukan dengan perasaan ikhlas dan rasa sayang yang besar. Apalagi cara ini akan membawa kebaikan saat bayi sudah dewasa kelak.

Baca juga: Manfaat Sholat Hajat