Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Menurut Islam
Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Menurut Islam

Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Menurut Islam Paling Sederhana

178 View

Manusia tidak bisa hidup seorang diri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Perihal tersebut menjadikan manusia selalu memiliki kesalahan dengan orang lain, baik itu membicarakan keburukan orang lain, menyinggung perasaan orang lain, dan lainnya. Tentu saja, cara membersihkan hati dan pikiran menurut islam harus dilakukan agar dapat meminimalisir dosa terhadap orang lain.

1. Berdzikir

Berdzikir adalah perbuatan mengingat Allah dengan cara melafadzkan kalimat-kalimat Allah. Tak perlu menunggu setelah sholat terlebih dahulu untuk berdzikir karena dapat dilakukan setiap saat meskipun sedang haid. Banyak sekali lafadz Allah yang dapat diucapkan agar hati dan pikiran menjadi tenang. Lafadz tersebut biasanya disebut dengan al  baqiyatus sholihat.

Melakukan dzikir tidak perlu waktu yang khusus karena bisa dilakukan sembari melakukan aktivitas lain. Segala perkara yang negatif dapat dihalau dengan berdzikir ini karena Allah akan mencegah dan  melindungi hambaNya yang ingin dekat denganNya. Ibadah ini sangat mudah untuk dilakukan sehingga sayang jika ditinggalkan begitu saja.

2. Bersilaturahmi

Bersilaturahmi merupakan kegiatan mengunjungi rumah sanak saudara guna menyambung tali persaudaraan. Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dari silaturahmi yaitu memperpanjang umur, memperbanyak rezeki, dan menjadikan orang tersebut masuk ke dalam surganya Allah SWT.

Melakukan silaturahmi yang paling penting dilakukan adalah dengan mengunjungi orang tua karena merupakan orang yang istimewa di dunia ini. Selanjutnya, mengunjungi keluarga terdekat dan barulah teman-teman. Tentu saja tidak harus menunggu hari raya Idul Fitri untuk melaksanakannya karena dapat dilakukan kapanpun.

3. Bersedekah

Orang yang kaya ataupun miskin dianjurkan untuk bersedekah semampunya. Bersedekah dapat menggunakan uang ataupun yang lainnya, namun umumnya menggunakan uang. Amalan yang satu ini memang sulit untuk dilakukan karena tidak semua orang rela memberikan sesuatu kepada orang lain. Perlu diketahui bahwa bersedekah sebagai cara membersihkan hati dan pikiran menurut islam.

Berapapun uang yang disedekahkan asalkan ikhlas, maka dapat memberikan kebermanfaatan bagi orang yang membutuhkan. Tidak ada peribahasa yang menyatakan bahwa semakin banyak sedekah akan membuat orang menjadi miskin, justru sebaliknya semakin banyak sedekah maka Allah akan melipatgandakan rezekinya.

4. Sabar

Banyak yang beranggapan bahwa sabar tidak ada batasnya, namun jika melihat kondisi di lapangan memang sangat sulit sekali menjadi orang yang sabar. Wajar jika sesekali seseorang marah terhadap sesuatu hal karena itu manusiawi. Orang yang dapat menahan amarah dan memilih untuk bersabar merupakan orang pilihan dan pantas mendapatkan surgaNya Allah.

Hati dan pikiran dapat dibersihkan dengan cara bersabar kepada takdir yang telah digariskan oleh Allah SWT dan tentunya tidak mudah mengeluh. Kesabaran ini dapat dilatih sedikit demi sedikit. Adapun sifat sabar ini bisa didapatkan dari keturunan ataupun pola didik dari orang tua.

5. Membaca Al-Qur’an

Pahala akan didapatkan berlipat ganda jika seseorang tersebut istiqomah membaca Al-Qur’an. Hati dan pikiran pun akan menjadi bersih karena hanya lafadz-lafadz Allah yang dikumandangkan. Al-Qur’an juga dapat dijadikan sebagai teman ketika merasa sendiri dan tidak punya aktivitas lain. Alangkah lebih baik jika membaca Al-Qur’an ini disertai dengan membaca maknanya juga.

Mudah sekali melakukan 5 cara membersihkan hati dan pikiran menurut islam yang telah disajikan di atas. Mulailah aktivitas yang baik tersebut dengan hati yang riang agar mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT. Hati dan pikiran yang bersih akan membuat hidup menjadi tentram. Mulailah fokus pada diri sendiri sehingga tidak mudah mencari kesalahan orang lain.

BACA JUGA: 5 Cara Menghilangkan Trauma Menurut Islam Paling Jitu