cara sukses menurut islam
cara sukses menurut islam

Berikut Ini 8 Cara Sukses Menurut Islam

181 View

8 Cara Sukses Menurut Islam

Meraih kesuksesan tentunya adalah impian bagi semua orang, dimana kesuksesan itu sendiri juga memiliki arti yang berbeda bagi setiap individu. Kesuksesan juga menjadi alasan dalam melakukan usaha yang begitu keras demi meraih mimpi. Sebagaimana dalam Islam pun sukses juga memiliki makna tersendiri.  Tapi bagaimana sebenarnya cara sukses menurut Islam? Berikut ulasannya.

1. Belajar

Belajar adalah suatu keharusan sebagai jalan menuju kesuksesan dan meraih impian, dimana bukan hanya pelajaran secara formal namun juga nonformal. Hal ini karena belajar juga bisa di dapat dari pengalaman saat bertemu orang lain. Pasalnya, pada dasarnya menuntut ilmu juga wajib hukumnya dalam islam.

2. Tidak Mudah Putus Asa

Merasa putus asa bisa menjadi penghalang seseorang meraih kesuksesan. Hal ini dikarenakan seseorang yang gampang putus asa akan cenderung untuk menyalahkan dirinya dan keadaan sekitar. Hal ini akhirnya membuat seseorang merasa terpuruk, sebab itu Islam menganjurkan tidak berputus asa, karena sama saja tidak percaya pada rahmat dan kebesaran Allah SWT.

3. Bertakwa Kepada Allah SWT

Cara sukses menurut Islam adalah Bertaqwa kepada Allah SWT. Mengapa? Karena dengan bertaqwa Allah akan membukakan pintu rezeki bahkan dari tempat dan waktu yang tidak disangka. Selain itu dengan Bertaqwa, maka Allah SWT juga akan menolong hambanya yang tengah dalam kesulitan dan membutuhkan pertolongan, dimana pertolongan itu datang hanya dari Allah.

4. Melaksanakan Shalat Tepat Waktu

‘Sholat adalah tiang Agama’ kalimat satu ini sering kali menjadi kalimat yang selalu diperdengarkan kepada anak-anak. Tidak hanya itu, bahkan juga orang dewasa. Pada dasarnya Sholat bukan hanya merupakan kewajiban. Namun juga sudah seharusnya menjadi kebutuhan yang seharusnya dilakukan umat Islam tanpa pamrih.

5. Melakukan Taubat Kepada Allah SWT

Perbuatan dosa senantiasa mengikuti kemanapun seseorang akan melangkah dan melakukan segala bentuk aktivitas. Pada dasarnya seseorang memang tidak luput dari dosa dan kesalahan. Padahal dosa juga bisa menjadi salah satu penghambat seseorang dalam meraih kesuksesan.

Oleh sebab itu, melakukan taubat juga dianjurkan dalam Islam, karena selain untuk menghapuskan dosa. Bertaubat juga bisa membantu seseorang dalam meraih kesuksesan atas kehendak Allah. Melakukan taubat dan berjanji serta meyakinkan diri supaya tidak kembali terjerumus pada dosa yang sama. Bisa juga  dosa lain yang menjadi larangan Allah SWT.

6. Silaturahmi

Pada poin keenam cara sukses menurut Islam adalah silaturahmi yang menyambung terus dan tanpa putus. Silaturahmi kepada saudara maupun teman adalah salah satu kunci sukses. Selain itu bagi seseorang yang melakukan silaturahmi tanpa henti juga dijanjikan umur panjang oleh Allah SWT, serta akan dijauhkan dari kematian buruk yang mengikuti.

7. Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu jalan kesuksesan bagi setiap orang yang mana sedekah merupakan suatu tabungan surga bagi setiap umat beragama yang senantiasa bertaqwa kepada Allah. Karena hakikatnya harta seseorang seharusnya dibagikan 2,5 persen, hal ini ditujukan untuk membersihkan harta yang dimiliki serta berbagi dengan sesama yang membutuhkan serta empati orang lain.

8. Selalu Sabar

Bagi setiap orang tentunya ada saatnya dimana seseorang berusaha begitu keras meraih kesuksesan yang diimpi-imikan dalam hidup, hal ini juga berlaku dalam anjuran Agama Islam. Dimana seseorang haruslah terus berusaha dan bertaqwa kepada Allah serta bersabar dalam berjuang meraih kesuksesan dengan cara percaya bahwa Allah akan memberikan jalan kepada hambanya.

Itulah tadi 8 cara sukses menurut islam yang seharusnya diterapkan secara ikhlas, dibarengi usaha demi mendapatkan kesuksesan dunia akhirat yang selalu menjadi impian setiap orang. Karena meraih mimpi dan kesuksesan tentu  memiliki rintangan dan membutuhkan perjuangan serta ketaqwaan kepada Allah SWT, yang mana proses ini nanti akan mengantarkan menuju kesuksesan.

Baca: Etika Perang Dalam Islam Yang Perlu Dipahami