Berapa Pahala Membaca Alquran
Berapa Pahala Membaca Alquran

Berapa Pahala Membaca Alquran dan Bagi yang Mendengarkannya? Simak Penjelasannya Berikut Ini

41 View

Pahala Membaca Alquran

Al-Quran adalah kitab umat Islam yang harus terus-menerus dibaca dan dipelajari. Membaca Al-Quran juga termasuk dalam ibadah dan akan mendapat pahala jika melakukannya. Tidak hanya yang membaca, bagi yang mendengarkan juga akan mendapat pahala. Lalu, berapa pahala membaca Al-Quran dan yang mendengarkan?

Tentu pahala yang diberikan akan sangat besar. Selain itu, membaca Al-Quran juga memiliki keutamaan-keutamaan yang akan didapat. Pembahasan kali ini akan menjelaskan secara rinci berapa jumlah pahala itu dan apa keutamaan membaca Al-Quran. Simak penjelasannya dibawah ini:

Berapa Jumlah Pahalanya?

Mengenai jumlah pahala orang yang membaca Al-Quran sudah tertera dalam hadis. Hadis tersebut mengatakan jika satu huruf yang dibaca akan mendapat satu pahala. Kemudian, satu pahala tersebut akan dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Ini artinya, orang yang membaca Al-Quran akan mendapat pahala yang sangat besar.

Lalu, berapa pahala membaca Alquran bagi yang masih terbata-bata? Orang yang mengalami kesulitan dalam pengucapan beberapa huruf karena kekurangan lisan atau fisik juga memiliki pahala besar. Dari sepuluh pahala, setiap huruf akan dikalikan dua sehingga pahalanya lebih besar. Hal ini karena meskipun memiliki kekurangan, tapi masih berusaha untuk membacanya.

Sedangkan untuk orang yang mendengarkan Al-Quran apakah akan mendapat pahala? Tentu saja. Namun, jumlah besaran pahala yang diberikan hanya Allah yang mengetahui. Banyaknya pahala yang diberikan ini tentunya harus menjadi acuan agar terus semangat untuk membaca Al-Quran. Lebih baik lagi jika selalu diamalkan agar pahalanya terus mengalir.

Keutamaan Membaca Al-Quran yang Perlu Diketahui

Selain pahala yang besar, masih ada banyak keutamaan dari membaca Al-Quran yang bisa diraih. Semua keutamaan itu bukanlah sesuatu yang sepele, tapi akan sangat bermanfaat jika didapat. Pembahasan mengenai keutamaan itu akan dikupas secara tuntas dalam pembahasan kali ini. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Hati akan Menjadi Tenang

Jika membaca Al-Quran, maka hati akan menjadi tenang. Hal ini sudah dijelaskan dalam Surah Al-Isra ayat 82 tentang Al-Quran sebagai obat jiwa. Jadi, sangat dianjurkan untuk membaca Al-Quran setiap hari untuk mendulang pahala serta mencari ketenangan hati yang mungkin sulit didapatkan.

Mungkin sebagian orang menyepelekan membaca Al-Quran setiap hari. Padahal jika dilakukan hati akan menjadi tenang dan akan lebih mudah melakukan segala hal. Ketenangan hati akan berpengaruh pada hal lain yang nantinya akan dikerjakan. Bisa menjadi lebih tenang, sabar, dan lebih positif dalam mengerjakan apapun.

2. Mendapat Pertolongan Allah

Selain hati menjadi tenang, keutamaan lain yang bisa dirasakan adalah pertolongan pada hari kiamat. Allah menjanjikan pertolongan bagi siapa pun yang membaca Al-Quran dan yang mengamalkannya di hari kiamat nanti. Tentu ini merupakan manfaat yang sangat besar bagi yang ingin meraihnya.

3. Diangkatnya Derajat yang Dimiliki

Bagi yang ingin mengangkat derajat, maka jangan lupakan untuk terus membaca Al-Quran. Allah juga sudah meyakinkan umatnya mengenai hal ini. Apalagi jika sampai dipahami isi dan arti serta mengamalkannya, maka derajat yang dimiliki akan terus diangkat oleh Allah.

4. Akan Ditempatkan Bersama Malaikat

Orang-orang yang membaca Al-Quran dan mengamalkannya juga akan mendapat keutamaan besar, yaitu akan ditempatkan bersama malaikat. Malaikat yang dimaksud Allah adalah malaikat-malaikat yang selalu patuh dan tunduk kepada Allah. Artinya, jika sudah berada di posisi itu maka termasuk dalam orang-orang yang patuh pula.

Berdasarkan penjelasan di atas, terjawab sudah pertanyaan tentang berapa pahala membaca Al-Quran dan yang mendengarkan. Ternyata, pahala yang diberikan sangat besar dengan segala keutamaannya. Jadi, usahakan rutin membaca Al-Quran mulai dari sekarang dan juga mengamalkan. Maka pahala akan terus didapat saat mengerjakannya.

 

Baca Juga: Ini Penjelasan Ilmu Hikmah dalam Al Qur’an yang Harus Diketahui