bayi rewel malam hari menurut islam
bayi rewel malam hari menurut islam

Inilah 5 Penyebab Bayi Rewel Malam Hari Menurut Islam

171 View

Sebagai seorang ibu tentunya harus mengetahui penyebab perubahan perilaku si anak. Termasuk memahami penyebab bayi rewel malam hari menurut Islam, supaya penanganannya tidak salah. Terkait dengan hal tersebut, maka pada artikel berikut ini akan dijelaskan tentang penyebab bayi rewel malam hari. Sebenarnya, sebagian besar sudah dijabarkan oleh ahli kesehatan muslim. Inilah penyebab-penyebab tersebut:

1. Waktu Tidur yang Terlalu Dini

Ada beberapa waktu yang sejatinya tidak bagus jika manusia tidur di dalamnya. Orang dewasa saja tidak dianjurkan apalagi yang masih berusia belum genap satu tahun atau yang masih usia bayi. Waktu yang terlalu dini untuk tidur tersebut adalah sore hari hingga sebelum sholat isya’. Jika bayi tidur di waktu ini, tentu dirinya akan terbangun tengah malam dan akan menangis terus menerus atau rewel. Kalau ini sudah terjadi, sang ibu harus siap-siap untuk begadang.

2. Akibat Proses Penyapihan yang Terlalu Cepat

Apapun alasannya, seorang ibu harus menyapih bayinya ketika sudah tiba pada usia yang dianjurkan di dalam Islam. Jika terlalu cepat, si bayi yang akan menjadi korbannya karena akan terus menangis di malam hari. Hal ini tidak lain akibat fitrah seorang bayi yang harus mendapatkan ASI pada saat terbangun di malam hari. Jika asupan ini tidak didapatkan tentu wajar kalau si kecil menangis sampai meraung-raung.

3. Rewel karena Sakit

Penyebab bayi rewel malam hari menurut Islam yang juga sejalan dengan pandangan dokter anak ialah rewel karena sedang sakit. Umumnya, sakit yang sampai menimbulkan kecenderungan si kecil menangis dan sulit didiamkan adalah demam atau meriang.

Gangguan tubuh bayi semacam ini harus diatasi secepatnya. Ciri-cirinya adalah tubuh si kecil hangat dan mengeluarkan keringat dingin di malam hari. Kalau bisa segera periksakan ke dokter sesegera mungkin, karena dikhawatirkan demamnya semakin tinggi bahkan step atau kejang.

4. Suhu Kamar yang Terlalu Dingin atau Panas

Jika memiliki seorang bayi maka pastikan suhu kamarnya harus diatur secermat mungkin. Suhu kamar terlalu dingin apalagi terlalu panas, ini juga bisa mengganggu tidur si kecil di malam hari. Sebagian besar masalah yang muncul ialah anak terbangun di malam hari dan rewel sebab kamarnya terlalu panas. Oleh sebab itu, boleh orang tua mempersiapkan kipas angin namun letakkan agak jauh serta atur kecepatannya supaya si kecil tidak kedinginan dan tidak mengalami gangguan dengan pernafasannya.

5. Bayi Terbangun secara Mendadak

Seorang bayi sejatinya sudah memiliki titik saraf otak yang lengkap. Wajar kalau si kecil terbangun mendadak di malam hari jika dalam kondisi itu, titik saraf otaknya sedang aktif. Salah satu pemicu adalah anak mimpi buruk atau melihat sesuatu yang menakutkannya dalam tidur. Efek dari rasa takut tersebut tentu sama dengan orang dewasa yaitu terkejut bahkan menangis. Kalau orang tua tidak menenangkannya, tentu tangisannya akan semakin menjadi-jadi.

6. Mendapatkan Gangguan dari Jin

Nabi dalam hadist-nya sudah menyampaikan kalau senja hari, tutup semua pintu dan jangan biarkan ada anak-anak di luar rumah. Risalah ini juga berlaku pada orang tua yang sedang menggendong bayi, yaitu harus segera masuk rumah ketika sudah senja.

Waktu senja adalah waktu yang hening. Sedangkan di saat itu, jin berlarian untuk menjauh dari adzan magrib. Bukan tidak mungkin jin-jin ini akan melakukan gangguan pada bayi yang sedang berada di luar rumah. Jika ini sudah terjadi, salah satu efeknya adalah si kecil akan rewel di malam hari karena gangguan terus berlanjut.

Demikianlah penyebab bayi rewel malam hari menurut Islam yang perlu diketahui oleh para orang tua Muslim. Dengan menghindari kebiasaan yang membuat bayi rewel, tentunya bayi akan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Sebisa mungkin cegah penyebab-penyebab di atas atau istirahat orang tua akan ikut terganggu.

BACA JUGA: 5 Cara Melunasi Hutang Menurut Islam yang Aman