Berikut Ini Asal Usul dan Manfaat Air Zam Zam untuk Kesehatan
Asal Usul dan Manfaat Air Zam Zam untuk Kesehatan

Berikut Ini Asal Usul dan 5 Manfaat Air Zam Zam untuk Kesehatan

140 View

Asal Usul dan Manfaat Air Zam Zam

Salah satu oleh-oleh wajib bagi umat muslim yang menunaikan ibadah haji adalah air zam zam. Air zam zam diyakini sebagai suatu mukjizat dari Allah SWT. Apalagi mata air zam zam tidak pernah surut. Namun bagaimana sebenarnya air zam zam muncul dan apa manfaat air zam zam untuk kesehatan? Berikut ulasannya:

1. Sumber Mata Air yang Tidak Pernah Kering

Air yang awalnya merupakan perjuangan Nabi Ibrahim serta Siti Hajar yang merupakan istri beliau untuk sang putra yaitu Nabi Ismail. Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan juga Nabi Ismail yang kala itu masih bayi mendatangi suatu tempat yang begitu gersang. Hingga pada akhirnya Allah SWT menurunkan mukjizat setelah Siti Hajar dari bukit Safa ke bukit Marwah berlari sampai tujuh kali.

Mukjizat tersebut merupakan semburan air zam zam yang keluar dari sela-sela kaki putra Nabi Ibrahim dan Siti Hajar. Dari sumber mata air itulah akhirnya sumur zam zam menjadi salah satu mukjizat yang hingga sekarang masih mengalir. Bahkan sumurnya seakan tidak pernah kering meskipun dalam keadaan yang begitu panas dan gersang.

2. Lokasi Sumur Zam Zam

Sumur yang ini konon belum pernah kering ini berada tepat di Masjidil Haram Kota Mekah. Sumur ini bisa dijumpai sekitar 20 meter dari Ka’bah. Sumur ini selalu menjadi salah satu daya tarik bagi umat muslim yang tengah menjalankan ibadah haji dan umrah. Salah satu penyebab air ini tidak pernah surut karena air yang dipompa oleh sumur ini sangat luar biasa. Hitungan per detiknya sumur ini bisa memompa 11 hingga 18,5 liter.

3. Kandungan dalam Air Zam Zam

Air zam zam tentu memiliki kandungan zat yang baik untuk tubuh makhluk hidup. Hal ini dikarenakan  air zam zam mengandung kalsium dan magnesium mencapai 2.000 miligram per liternya. Sementara pada air biasa magnesium hanya mencapai 260 miligram per liter. Air zam zam juga memiliki kandungan 7, 5 hidrogen serta tidak mengeluarkan bau maupun warna. Dalam air zam zam juga bisa ditemukan alkali.

Salah satu kandungan elemen luar biasa dalam air zam elemen adalah kandungan neutron. Elemen ini bisa membantu dalam meningkatkan energi. Bahkan air zam zam juga mempunyai kandungan fluor. Kandungan fluor ini berfungsi untuk menghentikan atau menghalangi pertumbuhan bakteri. Bila pada sumur mata air biasa akan mengalami proses tumbuhnya lumut maka tidak pada sumur zam zam.

4.  Air Zam Zam adalah Sumber Air Paling Bersih

Berbagai kandungan dan zat baik yang dimiliki oleh air zam zam, tentunya berbagai manfaat juga akan mengikuti kebaikannya. Berbagai penelitian oleh para ahli yang sudah pernah dilakukan pada air zam zam. Maka dapat disimpulkan bahwasanya air zam zam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  Bahkan Air zam zam dinyatakan sebagai sumber air paling bersih karena tidak terdapat bakteri jahat yang tumbuh di dalamnya.

5. Manfaat Air Zam Zam Bagi Kesehatan

Salah satu manfaat air zam zam untuk kesehatan adalah bisa menjadi salah satu pencegah tumbuhnya kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenakan dalam air zam zam mengandung alkali yang bisa menjadi antioksidan anti kanker. Inilah yang pada akhirnya menjadi pelindung DNA dari berbagai radikal bebas penyebab kanker.

Selain sebagai pencegah kanker, manfaat lain dari air zam zam adalah sebagai pencegah Osteoporosis. Hal ini dikarenakan dalam air zam zam memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Air zam zam juga dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.  Bahkan air suci ini juga memiliki khasiat untuk meregenerasi sel kulit mati.

Itulah tadi ulasan tentang asal usul dan juga manfaat air zam zam untuk kesehatan. Sumber mata air yang memiliki berbagai khasiat dan berasal dari mukjizat Allah SWT sebagai tanda kebesaran-Nya. Oleh karena itu, sebagai manusia sudah sewajarnya untuk mentadaburi ke-Esaan Allah.

Baca Juga: Ragu-ragu? Inilah Cara Menghilangkan Keraguan Menurut Islam!