arti bersin menurut islam
arti bersin menurut islam

Apa Arti Bersin Menurut Islam? Simak Ulasan Lengkapnya!

225 View

Bersin merupakan suatu reaksi yang dimiliki oleh seorang individu tanpa adanya suatu antisipasi sebelumnya. Biasanya reaksi yang akan menghampiri adalah rasa gatal yang biasa hingga rasa gatal tersebut menghasilkan suatu tekanan dan mengeluarkan sesuatu dari dalam hidung. Bersin memiliki dua arti yaitu arti bersin menurut islam dan medis, namun sebenarnya arti tersebut memiliki makna yang sama. Medis mengatakan bersin menjadi salah satu reaksi terpenting pada tubuh.

Saat seseorang tidak bisa melakukan aktivitas bersin maka harus melakukan tindak lanjut. Bahkan dalam medis pun mengatakan tidak boleh menahan bersin hanya agar tidak mengganggu orang sekitar sebab hal tersebut dapat mengganggu kesehatan seperti gangguan pendengaran. Dilihat dari sisi Islam pun Allah SWT lebih menyukai umatnya untuk bersin ketimbang menguap. Penjelasan lebih lanjut mengenai arti bersin dalam pandangan Islam hingga adabnya akan dibahas tuntas berikut ini.

Arti Bersin Dalam Agama Islam

Berdasarkan penjelasan sebelumnya bahwa Allah SWT lebih menyukai bersin ketimbang menguap bahkan lebih tepatnya membencinya. Hal ini disebabkan, bahwa bersin merupakan suatu kondisi dimana tubuh berada dalam kondisi yang tidak kenyang sehingga tubuh akan lebih enteng dan bersemangat. Maksud bersemangat ini adalah melakukan aktivitas, terutama sholat. Berbeda dengan menguap yang berada dalam kondisi kenyang dan membuat seseorang malas dalam melakukan sesuatu, seperti sholat.

Satu hal yang perlu diketahui dari fakta menakjubkan yang dimiliki bersin yaitu melalui tekanan yang terjadi didalam hidung tersebut membuat keseluruhan partikel keluar. Partikel yang disebutkan itu dapat meliputi racun atau bahkan virus. Bagi agama Islam bersin merupakan sesuatu hal yang berupa nikmat luar biasa yang Allah SWT berikan kepada umatnya. Inilah arti bersin menurut islam secara menyeluruh.

Adab Melakukan Bersin di dalam Agama Islam

Dalam melakukan segala pastinya selalu membutuhkan adab. Begitu pula yang terjadi ketika seseorang akan bersin haruslah menggunakan adab. Berikut beberapa arti bersin menurut Islam yang harus dilakukan:

  • Seseorang Harus Menutup Mulutnya saat Bersin

Umumnya saat bersin orang akan bertindak reflek untuk menahan, menjepit hidung, atau bahkan membuka mulutnya saja. Tentunya hal tersebut sangat tidak baik dari sisi kesehatan ataupun etika bagi orang Indonesia yang menjunjung nilai kesopanan. Sangat dianjurkan bagi seorang muslim untuk melakukan bersin dengan menutup mulutnya dengan tangan saja.

Sejalan dengan dunia medis yang tidak menganjurkan beberapa hal diatas untuk masalah kesehatan sehingga ini adalah solusi yang terbaik. Hal ini pun tertuang pada hadis Rasulullah:

“Jika hendak bersin, Rasulullah SAW. menutupi mulutnya dengan tangan atau baju beliau agar suaranya tidak terlalu keras.” (HR Tirmidzi)

  • Berdoa saat Bersin Terjadi

Saat seseorang mengalami bersin akan lebih baik untuk setidaknya mengucapkan “Alhamdulillah”. Pasalnya hal tersebut seperti mengungkapkan rasa syukur yang luar biasa Allah SWT berikan kepada umat. Seseorang yang mendengarkan bersin itu pula harus mengucapkan “yarhamukallah”.

Jawaban ini bersifat wajib bagi umat muslim yang mendengarkannya. Bagi yang melakukan bersin itu pula harus membalas doa dari orang yang telah mendengarkan bersin dari pemiliknya dengan mengucapkan ”Yahdikumullah wa yuslihu balakum”. Itulah beberapa doa yang harus dilakukan saat bersin maupun yang mendengarkan bersin yang bersangkutan.

Bagaimana sudah pahamkah pembaca betapa pentingnya arti bersin menurut islam. Kondisi ini tidak hanya berhenti dalam sisi agama saja, melainkan kesehatan ikut menyertai. Inilah alasan terbesar jangan meremehkan bersin, terkadang sesuatu yang kecil justru membawa sesuatu yang besar didalamnya.

BACA JUGA: Bagaimana Tanam Benang Wajah Menurut Islam? Baca Penjelasannya