Apa Itu Sunah Rosul
Apa Itu Sunah Rosul

Mengetahui Makna Tentang Apa Itu Sunah Rosul dan Amalan yang Mulai Ditinggalkan

74 View

Apa Itu Sunah Rosul?

Sunah Rosul menjadi satu hal yang bersumber dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dimaksudkan supaya dijadikan contoh bagi umat Muslim. Namun, semakin berkembangnya zaman ternyata Sunah Rosul seakan dilupakan dan bahkan mungkin mulai ditinggalkan. Lalu sebenarnya apa itu Sunah Rosul dan apa saja amalannya? Simak penjelasannya di bawah ini :

Apa Itu Sunah Rosul? Ini Penjelasannya

Memahami arti Sunah Rosul sebenarnya adalah salah satu hal penting yang seharusnya tidak dilewatkan oleh umat Muslim. Hal ini tentunya berkenaan dengan perbuatan atau ucapan baik yang bisa ditiru dan dilakukan supaya mendapatkan Syafaat Allah SWT. Sunah Rosul sendiri bila diartikan memiliki makna sebagai suatu anjuran Rasulullah yang ada pada Al-Qur’an dan juga Hadits. Anjuran ini pun dapat berupa ucapan maupun perbuatan yang bila dilakukan akan mendapat pahala namun, bila ditinggalkan tidak berdosa.

Satu hal yang harus diingat adalah bahwa Sunah Rosul selalu tertulis dalam Al-qur’an dan ada dalam Hadist sebagai panduan dan anjuran konkret yang dapat dibuktikan. Hal inilah yang akhirnya menjadi panduan umat Muslim untuk melaksanakan Sunah Rosul sesuai dengan syariat menurut Sabda Rasulullah dalam Al-Qur’an dan Hadist.

Hal ini tentunya bertentangan dengan Bid’ah yang diartikan sebagai suatu perkara yang tiada namun diadakan. Dibuat seolah-olah menjadi satu keharusan yang dilakukan padahal hal ini menyesatkan. Hal inilah yang akhirnya membuat Sunnah menjadi suatu anjuran yang bisa dilakukan untuk menghindari perkara Bid’ah.

Ini Amalan Sunah Rosul yang Mulai Ditinggalkan

Memahami apa itu Sunah Rosul merupakan satu hal penting yang seharusnya harus diketahui oleh umat Islam. Namun, melihat perkembangan zaman yang semakin modern ternyata, membuat pergeseran suatu budaya bahkan kepercayaan juga dikesampingkan. Hal ini ternyata juga berlaku pada amalan-amalan Sunah rosul yang memiliki banyak kemuliaan bila dilaksanakan. Lalu apa sajakah amalan tersebut? berikut ini adalah 5 diantaranya :

1. Tidak Duduk Sambil Memeluk Lutut

Jangan duduk sambil memeluk lutut saat menunggu Adzan di Masjid atau mendengarkan Khutbah setelah melaksanakan Shalat Jum’at. Hal ini merupakan salah satu Sunah Rosul yang dianjurkan. Selain ditakutkan bisa membatalkan Wudhu karena buang angin, memeluk lutut saat duduk juga bisa menyebabkan rasa kantuk datang tanpa disengaja.

2. Berangkat ke Masjid

Sunah ini sebenarnya masih berlaku di kebanyakan perkampungan namun, banyak ditinggalkan di perkotaan. Padahal menyegerakan datang ke Masjid saat akan melaksanakan Shalat adalah satu bentuk Sunah Rosul yang memiliki banyak pahala dari Allah SWT. Hanya saja, sekarang ini orang Muslim hanya datang ke masjid di waktu-waktu tertentu saja. Padahal, dalam sunah Nabi diterangkan agar umat Muslim memperbanyak diri melakukan kegiatan di masjid.

3. Perbanyak Dzikir Setelah Shalat

Menjadi seorang pekerja dengan jam super sibuk juga seringkali jadi alasan melewatkan melakukan Zikir selepas menunaikan ibadah Shalat. Sedangkan Zikir sendiri tentunya menjadi satu amalan luar biasa yang memberikan banyak Syafaat bagi yang mengamalkannya dengan khusyuk. Untuk itu, demi menjunjung tinggi sunah Nabi, alangkah baiknya menyisihkan waktu sedikit selepas shalat untuk berdzikir, paling tidak 5 menit saja.

4. Melakukan Sunah Tahnik

Sunah Rosul ini merupakan suatu anjuran yang bisa dilakukan kepada bayi. Memberikan sapuan lembut pada rongga mulut bayi yang masih suci dengan buah kurma adalah satu anjuran baik bagi bayi yang baru lahir. Sayangnya, orang tua jaman sekarang tidak lagi percaya terhadap hal semacam itu sebab dianggap menjijikkan. Padahal, tahnik ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi nantinya.

5. Membiarkan Sejenak Tubuh Terkena Air Hujan

Air hujan merupakan salah satu berkah yang dilimpahkan Allah kepada Hamba-Nya. Karenanya dalam riwayatnya Anas bin Malik menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW senantiasa membiarkan sebagian tubuh Beliau terkena air hujan. Sayangnya, sekarang ini masyarakat Muslim tidak lagi menghiraukan sunah Rosul yang satu ini. Padahal, manfaatnya sungguh sangat besar bagi kesehatan.

Mengetahui apa itu Sunah Rosul pada hakikatnya adalah penting bagi umat Muslim yang taat. Apalagi bila mampu menjunjung tinggi kembali semua sunah yang sudah mulai ditinggalkan. Niscaya Allah swt akan memudahkan jalan menuju surga dan kelak di akhirat mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

 

Baca Juga: Apa Saja Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah yang Bisa Dilakukan? Yuk, Simak!