Ternyata, Inilah Amalan yang Paling Disukai Allah, Jangan Sampai Diabaikan!
Amalan yang Paling Disukai Allah

Ternyata, Inilah Amalan yang Paling Disukai Allah, Jangan Sampai Diabaikan!

65 View

Amalan yang Paling Disukai Allah

Setiap manusia yang dilahirkan di dunia ini, memiliki tugas masing-masing untuk beribadah kepada Allah. Banyak dari manusia yang seharusnya berlomba- lomba mencari ridho Allah dan beribadah dengan sebaik-baiknya dengan memuji dan menjalankan perintah serta menjauhi larangan-Nya. Ternyata, Allah sudah membocorkan beberapa amalan yang dicintai-Nya agar umat manusia mengamalkannya dengan harapan meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Penasaran dengan amalan yang paling disukai Allah? Simak pembahasan berikut ini:

1. Amalan yang Sedikit Namun Sering

Amalan pertama yang merupakan amalan yang paling disukai Allah adalah amalan yang sedikit namun sering dilakukan. Perihal ini sudah dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Amalan ini tidak dikhususkan pada shalat, puasa atau amalan lainnya, namun Allah membebaskan semua amalan sunah asalkan meskipun sedikit namun dilakukan secara rutin dan sering. Allah menghendaki amalan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing asalkan dilakukan rutin. Hal ini lantaran Allah mengetahui jika kapasitas setiap manusia berbeda-beda.

 

Baca: Apa Saja Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah yang Bisa Dilakukan? Yuk, Simak!

2. Shalat Fardhu dengan Tepat Waktu

Amalan berikutnya adalah menjalankan shalat dengan tepat pada waktunya. Umat Islam pastilah mengerti jika shalat merupakan ibadah yang dihisab pertama kalinya saat di akhirat nanti. Shalat fardhu akan menentukan amalan lainnya. Allah secara terang-terangan mengungkapkan jika Allah menyukai orang-orang yang shalat tepat pada waktunya. Hal ini sesuai dengan surat An- Nisa ayat 30. Jadi, sudahkah shalat fardhu dengan tepat waktu?

3. Berbakti Kepada Orang Tua

Tidak dapat dipungkiri jika Allah sangat menekankan kepada manusia untuk menghormati dan berbakti kepada orang tuanya. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa ayat Al-Quran yang mewajibkan umat manusia untuk berbakti kepada orang tuanya sebab, sampai kapanpun seorang anak tidak akan mampu membalas jasa orang tuanya.

Misalnya saja dalam surat Al Ahqaf ayat 15, di mana Allah berfirman dan memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada ibu bapaknya. Bahkan Rasulullah pernah mengatakan jika ridho Allah terletak pada ridho orang tua. Sehingga amalan berbakti kepada orang tua merupakan amalan yang sangat disukai oleh Allah.

4. Berjihad di Jalan Allah

Amalan selanjutnya yang merupakan amalan yang paling disukai Allah adalah berjihad di jalan Allah. Sesuai dengan firman Allah dalam surat An-Nisa ayat 95 yang intinya adalah Allah akan menyediakan surga bagi orang yang berjihad dan memberikannya pahala yang besar. Namun terdapat perbedaan jenis jihad di zaman nabi dengan era sekarang. Jika di zaman nabi identik dengan peperangan dan melawan musuh dengan senjata, maka era sekarang jihad bisa saja dengan menuntut ilmu. Karena menuntut ilmu merupakan bagian dari berjihad.

5. Bermanfaat Bagi Manusia Lain

Islam tidak hanya sangat memperhatikan hubungan manusia dengan Allah, tetapi juga hubungan antara manusia lainnya. Karena hal inilah Allah sangat menyukai manusia yang dapat bermanfaat bagi manusia lainnya. Jika saja semua orang berkeinginan untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain, maka dunia akan tentram dan damai. Karena itulah Allah sangat menganjurkan agar manusia mampu menyeimbangkan Hablum Minallah (hubungan dengan Allah) dan Hablum Minannas (hubungan dengan manusia). Jadi, sudahkah menjadi bermanfaat bagi orang lain?

Itulah beberapa amalan yang paling disukai Allah. Sebagai manusia hendaknya semakin hari menjadi semakin baik amalnya agar kebahagiaan di dunia dan akhirat dapat di dapat. Jika ingin menjadi manusia yang disenangi Allah, maka lakukanlah amalan-amalan di atas diimbangi dengan ibadah wajib yang harus dijalankan. Lakukanlah semaksimal mungkin sesuai dengan kapasitas diri yang dimiliki. Semoga Allah menerima semua amalan-amalan baik dan memberikan ridho- Nya hingga di akhirat kelak.

 

Baca Juga: Amalan Pembuka Pintu Rezeki dan Kekayaan yang Bisa Dilakukan di Kehidupan Sehari-hari