amalan sebelum tidur aisyah
amalan sebelum tidur aisyah

6 Amalan Sebelum Tidur Aisyah Wasiat Dari Rasulullah

105 View

Amalan Sebelum Tidur Aisyah

Tidur merupakan sebuah nikmat yang diberikan oleh Allah S.W.T kepada semua hamba-Nya untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas.  Nabi Muhamad SAW mencontohkan kebiasaan yang dilakukan sebelum beliau tidur kepada umat islam tak terkecuali  Aisyah.  Amalan sebelum tidur aisyah merupakan wasiat dari Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah amalan sebelum tidur aisyah yang bisa dijadikan sebuah contoh.

1. Membaca Surah Al – Ikhlas

Nabi Muhammad SAW memberikan wasiat kepada Aisyah mengenai amalan amalan sebelum tidur. Yang pertama adalah membaca surah Al – Ikhlas sebanyak 3 kali. Membaca Surah ini sebanyak tiga kali mendapatkan pahala yang sama seperti mengkhatamkan Al – Qur’an. Pada hal ini yang dimaksudkan adalah satu surat penuh bukan potongan ayat. Sebagai seorang muslim pastinya mudah untuk membaca surah ini, apalagi surah ini pasti dihafal. Jika ingin mencontohi Nabi Muhammad SAW bisa melakukan amalan yang pertama sebelum tidur.

2. Membaca Sholawat Nabi

Amalan sebelum tidur aisyah yang kedua adalah membaca sholawat Nabi Muhammad. Sholawat Nabi merupakan sebuah pengakuan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Nabi utusan Allah SWT. Membaca sholawat Nabi akan mendapatkan keutamaan dihadapkan Allah SWT. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari membaca sholawat Nabi ini. Bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga insyaallah mendapatkan syafaat Nabi di padang mahsyar. Amalan kedua ini mudah sekali untuk diucapkan namun kaya akan manfaat.

3. Beristighfar

Setiap manusia memiliki dosa, walaupun itu dosa besar atau kecil. Dan pastinya ingin mendapatkan pengampunan dari Allah SWT agar bisa masuk surga dan terhindar dari siksa api neraka. Menggunakan cara berupa membaca istighfar maka dosa – dosa akan dihapuskan. Mengucapkan istighfar sebelum tidur, mudah sekali dilakukan namun ada hal yang luar biasa dibaliknya. Setelah melakukan amalan yang pertama dan kedua, bisa dilanjutkan dengan amalan yang ketiga ini. Mengucapkan istigfar ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali ucapan.

4. Memperbanyak Dzikir

Berzikir adalah amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Berdasarkan wasiat Nabi Muhammad yang disampaikan kepada Aisyah berdzikir sebelum tidur seakan – akan seperti sedang melaksanakan ibadah haji. Bukankah semua umat muslim juga menginginkan untuk memenuhi rukun islam yang sangat mulia ini.

Ada beberapa bacaan zikir yang bisa di ucapkan ketika sebelum tidur, seperti bertahmid, takbir dan tahlil. Amalan sebelum tidur aisyah yang keempat ini juga mudah sekali untuk diterapkan, namun terkadang seseorang lupa. Ini dikarenakan banyak yang berfikir jika berzikir hanya dilakukan ketika setelah sholat.

5. Membersihkan Tempat Tidur

Setelah 4 amalan yang diwasiatkan dari Nabi Muhammad SAW kepada aisyah, aisyah juga selalu membersihkan tempat tidurnya. Karena Nabi Muhammad adalah seseorang yang suka akan kebersihan dan juga dengan tujuan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang ada.  Ini juga sangat baik dalam dunia kesehatan. Saat membersihkannya pun bisa juga membaca basmallah. Ini bertujuan untuk selalu meminta perlindungan dari Allah SWT. Sebab sebagai manusia, pasti tidak tahu apa yang terjadi sebelumnya di kasur apalagi itu adalah hal yang tidak terlihat.

6. Membaca Doa Sebelum Tidur

Amalan yang terakhir ini merupakan hal yang sudah diajarkan sejak dini. Aisyah selalu membaca doa sebelum tidur agar mendapatkan perlindungan dari Allah Swt.  Pasalnya, ketika berdoa seseorang juga sudah menyerahkan segalanya kepada Allah SWT, dan meminta perlindungan ketika tidak sadar atau tidur.

Itulah beberapa amalan sebelum tidur aisyah yang bisa dijadikan sebuah tauladan. Ketika tidur seseorang tidak tahu apa yang akan terjadi atau bahkan tidak tahu akan hidup kembali atau tidak. Oleh sebab itu lakukan amalan – amalan yang baik agar selalu dalam perlindungan Allah SWT  Serta untuk mendapatkan keridhoan Tuhan.

Baca: 5 Cara Sholat Khusyu & Benar