Amalan Penghapus Dosa Zina
Amalan Penghapus Dosa Zina

5 Amalan Penghapus Dosa Zina yang Paling Mudah Dilakukan

99 View

Amalan Penghapus Dosa Zina

Zina merupakan perbuatan keji yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Namun, dewasa ini pergaulan bebas semakin merajalela. Ditambah lagi dengan arus teknologi yang semakin canggih sehingga memudahkan siapapun untuk berbuat zina. Ada banyak sekali amalan penghapus dosa zina yang dapat dilakukan jika memang sudah terlanjur melakukan zina. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Melakukan Sholat Taubat

Ingatlah Allah maha pengampun bagi hamba-hambaNya yang bersungguh-sungguh ingin bertaubat. Syaratnya jika ingin bertaubat adalah tidak ada niatan untuk mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Mulailah taubat dengan melakukan sholat sunah taubat yang dikerjakan malam hari setelah melakukan sholat isya.

Sholat sunah taubat dapat dilakukan 2 sampai 6 rakaat dengan melakukan salam setiap melakukan 2 rakaat. Tentu saja selain sholat taubat, harus melakukan sholat wajib terlebih dahulu yaitu sholat 5 waktu agar dosa-dosa dapat dilebur oleh Allah SWT. Ketahuilah bahwa Allah menyukai orang yang merasa bahwa dirinya bersalah dan tidak segan-segan untuk meminta ampun.

 

Baca: 5 Dosa yang Membuat Rezeki Seret dan Harus Dihindari

2. Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi orang islam yang dijadikan pedoman dalam menjalankan kehidupan. Setiap ayat yang terkandung di dalam Al-Qur’an memiliki makna yang sangat dalam. Sebagai umat islam yang baik tentu harus memuliakan Al-Qur’an dan juga mengamalkan setiap ayat yang terkandung di dalamnya.

Apabila membaca kitab suci ini, maka akan menjadikan pikiran dan hati menjadi tenang. Selain itu, dapat juga dijadikan sebagai amalan penghapus dosa zina. Syaratnya adalah istiqomah membacanya dan jangan lupa untuk mengamalkannya. Nyatanya membaca Al-Qur’an bukanlah perkara yang sulit karena dari kecil memang sudah belajar membacanya.

3. Dzikir dan Istighfar

Dzikir adalah amalan yang dilakukan agar manusia selalu mengingat Allah sebagai Tuhan semesta alam. Sedangkan istighfar adalah ucapan yang bertujuan untuk meminta ampun kepada Allah SWT. Memperbanyak dzikir dan istighfar merupakan amalan yang sangat baik sekali untuk dilakukan sebagai penggugur dosa baik kecil maupun besar.

Sebagai seorang hamba tidak perlu merasa hina jika melakukan kesalahan karena manusia memang tempatnya salah dan khilaf. Hal yang paling penting adalah mengakui kesalahan dan bersungguh-sungguh meminta ampun kepada Allah SWT. Dengan begitu, insyaallah akan diampuni oleh sang pencipta alam ini.

Baca: 5 Contoh Amalan Agar Rezeki Lancar, Yuk Segera Praktiikan Sekarang!

4. Puasa

Puasa merupakan amalan yang sulit dilakukan karena memerlukan usaha untuk menahan lapar dan haus selama kurang lebih 17 jam lamanya. Selain itu, berpuasa merupakan ajang untuk menahan kesabaran. Jika dilakukan secara sungguh-sungguh, puasa ini dapat menggugurkan dosa-dosa yang pernah diperbuat meskipun dosa zina sekalipun.

Puasa yang wajib dilakukan adalah puasa ramadhan dan jika mengalami haid selama ramadhan pun wajib untuk menggantinya di hari lain. Puasa yang dilakukan agar diampuni segala dosa-dosanya adalah puasa sunah asyura dan juga puasa arafah di bulan dzulhijjah.

5. Melakukan Kebaikan Kepada Sesama

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Adapun yang membedakannya adalah kesalahan tersebut kecil atau besar. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar setiap dosa diampuni oleh Allah SWT. Salah satunya adalah dengan berbuat baik terhadap sesama. Contoh dari berbuat baik tersebut adalah dengan bersedekah, menyantuni anak yatim, dan lain-lain.

Apapun bentuk kebaikan yang dilakukan pastinya akan bermanfaat untuk orang lain dan dari keikhlasan hati tersebut Allah akan mengampuni hambaNya. Tidak hanya itu saja, orang yang diberi bantuan juga pastinya akan mendoakan orang yang memberi bantuan sehingga hidup pun jadi semakin berkah.

Apapun kesalahan yang pernah dilakukan, ingatlah bahwa Allah tidak pernah tidur dan akan selalu mendengar suara minta ampun dari hambaNya. Informasi mengenai amalan penghapus dosa zina tersebut dapat dijadikan renungan dan juga sebagai bahan untuk intropeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

Baca Juga: Inilah 6 Amalan Penghapus Dosa Besar yang Mudah Dilakukan